UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 6 BANJARMASIN PADA KONSEP EKOSISTEM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH

Umi Hidayah Sahida, Noorhidayati Noorhidayati, Kaspul Kaspul

Abstract


Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas tentang upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X MIA-1 tahun ajaran 2013/2014 di SMA Negeri 6 Banjarmasin pada konsep ekosistem melalui model pembelajaran berdasarkan masalah (PBM). Ketuntasan klasikal siswa pada pembelajaran Biologi tahun 2012/2013 tergolong rendah yaitu sebesar 77,14%. Penelitian dilakukan pada bulan Januari sampai Juni 2014. Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas siswa, aktivitas guru, dan hasil belajar siswa; mengetahui respon siswa dan guru terhadap kegiatan pembelajaran konsep Ekosistem melalui penerapan model PBM. Penelitian ini menggunakan Kurikulum 2013, dirancang dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA-1 SMA Negeri 6 Banjarmasin dengan jumlah 35 siswa, terdiri dari 13 orang laki-laki dan 22 orang perempuan. Data hasil penelitian berupa aktivitas siswa dan guru, hasil belajar siswa, lembar observasi dan angket. Analisis data hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pada aktivitas siswa dari 8 parameter pengamatan, hanya ada 1 parameter yang mengalami penurunan, yaitu waktu siswa untuk berkelompok sesuai arahan guru. Aktivitas guru dalam proses pembelajaran sudah berkurang dominansinya, hanya 1 parameter mengalami penurunan, yaitu memantau siswa dalam menyajikan hasil karya. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I dari 0% (pretes) menjadi 42,86% (postes), dan siklus II dari 10% (pretes) menjadi 87,14% (postes), dan hasil produk PBM (akuarium dan poster) tergolong kategori sangat baik. Penilaian kinerja kelompok, perilaku berkarakter, keterampilan sosial, dan psikomotor siswa selama pembelajaran menunjukkan kategori baik. Penerapan model PBM terlaksana dengan baik. Respon siswa dan guru menunjukkan respon yang positif.

Kata kunci : Aktivitas, hasil belajar, ekosistem, PBM


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan. Aditya Media. Yogyakarta.

Janah, Noor. 2012. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa kelas XI IPA SMA PGRI 6 Banjarmasin Pada Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia Melalui Pembelajaran Berdasarkan Masalah. PMIPA FKIP UNLAM Banjarmasin. (tidak dipublikasikan).

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Ridhana, Muhammad. 2013. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 8 Banjarmasin pada konsep Hereditas melalui Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM). PMIPA FKIP UNLAM Banjarmasin. (tidak dipublikasikan).

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi kedua. Rajagrafindo Persada. Jakarta

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Kencana. Jakarta.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Edisi Revisi Cetakan Ke-Lima. Rineka Cipta. Jakarta.

Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Rosda Karya. Bandung.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Susilo, Herawati, Husnul, Yuyun. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru Dan Calon Guru. Banyumedia Publishing. Malang.

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta


Article Metrics

Abstract view : 45 times
PDF - 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.