HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR SISWA SMA NEGERI 2 BANJARBARU PADA KONSEP JENIS DAN DAUR ULANG LIMBAH MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH(PROBLEM SOLVING)

Rini Novia Nita, H. Muhammad Zaini, Bunda Halang

Abstract


Pembelajaran pemecahan masalah dapat diterapkan padakonsep jenis dan daur ulang limbah melalui kerja ilmiah yaitu pengamatan dan eksperimen. Kerja ilmiah dapat dilakukan dengan penyelidikan dan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Pembelajaran pemecahan masalah di SMA Negeri 2 Banjarbaru belum pernah dilakukan di kelas X Tahun Ajaran 2012/ 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pembelajaran pemecahan

masalahterhadap hasil belajar kognitif produk dan hasil belajar kognitif  proses, serta mengetahui keterampilan berpikir siswa pada konsep jenis dan daur ulang limbah. Metode penelitian dirancang dengan rancangan kuasi eksperimenuntuk mengetahui hasil belajar, dan penelitian deskriptif untuk mengetahui keterampilan berpikir, perilaku berkarakter dan keterampilan sosial serta psikomotor siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-6 dan kelas X-7 yang berjumlah 54 orang sebagai kelas perlakuan dan kelas X-1 dan X-4 yang berjumlah 52 orang sebagai kelas kontrol. Sampel ditetapkan secara purposive. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kovarian (Anacova) untuk hasil tes belajar dan taraf untuk mengetahui keterampilan berpikir. Hasil penelitian menunjukkan 1) Hasil belajar kognitif produk menunjukkan perbedaan signifikan antara siswa kelas perlakuan dan siswa kelas kontrol. 2) Hasil belajar kognitif proses menunjukkan perbedaan signifikan antara siswa kelas perlakuan dan siswa kelas kontrol. 3) Hasil keseluruhan pembelajaran terlihat bahwa keterampilan berpikir siswa tergolong kategori sangat baik.

Kata kunci:Pembelajaran Pemecahan Masalah, Hasil Belajar Kognitif, Keterampilan Berpikir, Konsep Jenis dan Daur Ulang Limbah


Full Text:

PDF

References


Arrahmah. 2012. Penggunaan Pendekatan Problem Solving dalam Pembelajaran Konsep Jenis dan Daur Ulang Limbah dan

Pengaruhnya terhadap HasilBelajar Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Banjarbaru. Skripsi Sarjana. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Tidak dipublikasikan..

Djajadisastra, Jusuf. 1982. Metode-Metode Mengajar. Angkasa, Bandung.

Juhrian, 2012. Keterampilan Berpikir dan Hasil Belajar melalui Penerapan

Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Studenst TeamsAchievement Divisions (STAD) dengan Pendekatan Lingkungan Konsep Keanekaragaman Hayati di SMA Islam Sabilal Muhtadin. Tesis Magister. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Tidak dipublikasikan.

Kuswana, W. S. 2011. Taksonomi Berpikir. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Nasution, S. 2009. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. PT Bumi Aksara, Jakarta.

Nurjannah, Umi. 2012. Pengaruh Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Diintegrasikan dengan Student Team Achivement Division (STAD) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Keterampilan Sosial. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Surakarta.

Diakses melalui

http://biologi.fkip.uns.ac.id/wpcontent/uploads/2012/02/skripsi_uminurjannah_k4308122.pdf. pada tanggal 28 Mei 2013.

Nur, Mohammad dan Wikandari, P.R. 2000. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA, Surabaya.

Nur, Mohammad. 2011. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA, Surabaya.

Nur, Mohammad. 2013. Pendidikan dan Latihan Pembelajaran Inovatif dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bermuatan

Keterampilan Berpikir dan Perilaku Berkarakter. Kerjasama Program Studi Magister Pendidikan Biologi Unlam dengan Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA, Surabaya.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta, Jakarta.

Slavin, R. 2010. Cooperative Learning (Teori, Riset, dan Praktik). Nusa Media, Bandung.

Sulistiana, Devita. 2008. Keefektifan Model Pembelajaran Paduan Problem Solving dan Kooperatif tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA. Tesis Magister. Universitas Negeri Malang, Malang. Tidak dipublikasikan.

Uno, Hamzah & Nurdin Mohamad. 2012. Belajar dengan Pendekatan Pailkem: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Menarik. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Yulinda, Ratna. 2011. Hasil Belajar, Kinerja, dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA pada Pembelajaran Konsep Jenis dan Daur Ulang Limbahmelalui Proses-Proses Problem Solving. Tesis Magister. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Tidak dipublikasikan.

Zaini, Muhammad; AkhmadNaparin, Sumartono; Sri Amintarti, Aulia Ajizah; Karim. 2008. Studi Pendahuluan Pendidikan Lingkungan di Sekolah Dasar. Kerjasama Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan dengan Lembaga Penelitian Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Zuchdi, Darmiyati. 2008. Humanisasi Pendidikan. PT. Bumi Aksara, Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 21 times
PDF - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.