MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR KONSEP SISTEM SARAF DAN ENDOKRIN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PETA KONSEP PADA SISWA KELAS XI IPA C SMA NEGERI 5 BANJARMASIN

Titien Nusair, St. Wahidah Arsyad, Noor Ichsan H

Abstract


 Peta konsep dapat membantu siswa belajar mengorganisasi sesuatu mulai dari informasi, fakta, dan konsep ke dalam suatu konteks pemahaman, sehingga terbentuk pemahaman yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar konsep sistem saraf dan endokrin dengan menggunakan strategi peta konsep pada siswa Kelas XI IPA C SMA Negeri 5 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA C SMA Negeri 5 Banjarmasin tahun ajaran 2012/ 2013. Hasil penelitian berupa data kuantitatif diperoleh dari hasil nilai ketuntasan belajar siswa (meliputi pretest dan postest) dan data observasi terhadap aktivitas siswa. Sementara data kualitatif berupa hasil selama proses pembelajaran (meliputi jumlah skor yang didapatkan dari peta konsep yang dibuat siswa secara berkelompok), aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran, hasil penilaian kinerja proses, kinerja psikmotor, perilaku berkarakter dan keterampilan sosial serta respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran.Analisis data hasil penelitian yang tergolong data kuantitatif dilakukan secara deskriptif, Data kuantitatif diperoleh dari hasil ketuntasan belajar berupa nilai pretest dan postestserta hasil penilaian aktivitas siswa, Analisis data hasil penelitian yang tergolong data kualitatif dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Proses belajar dan  hasil belajar siswa kelas XI IPA C SMA Negeri 5 Banjarmasin terjadi peningkatan, Respon siswa  siswa kelas XI IPA C SMA Negeri 5 Banjarmasin terhadap pembelajaran dengan menggunakan strategi peta konsep menujukkan respon positif.

Kata Kunci : Proses, hasil belajar,konsep sistem saraf,endokrin, strategi peta konsep


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara: Jakarta

Holil, Anwar. 2008. Peta Konsep untuk Mempermudah Konsep Sulit dalam Pembelajaran.http://pkab.wordpress.com/2008/04/23/mempermudahkonsep-sulit-dalam-pembelajaran/. Diakses padaJanuari 2013

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Rajawali Press: Jakarta

Lestari, Ayu. 2012 . Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas X A Sma Negeri 5 Banjarmasin Pada Konsep Protista Melalui Penggunaan Peta Konsep

Dalam Pembelajaran Kooperatif. Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung

Mangkurat Banjarmasin. Tidak dipublikasikan

Munthe, Bermawi. 2009. Desain pembelajaran. Insan Madani: Yogyakarta

Normalianti. 2012. Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XIIIPA

SMA PGRI 1 Banjarmasin Pada Konsep Metabolisme Melalui Penggunaan Peta Konsep. Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat

Banjarmasin. Tidak dipublikasikan

Nurbidayah. 2012. Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IX HSMP Negeri 9

Banjarmasin Pada Konsep Cara Reproduksi Berbagai Organisme Menggunakan Peta Konsep.Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tidak dipublikasikan

Purwanto, M. Ngalim. 2012. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung

Ridwan. 2010. Naskah Akademik Biologi SMA/MA. Kementrian Pendidikan Nasional: Jakarta

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruinya. Rineka Cipta: Jakarta


Article Metrics

Abstract view : 7 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.