PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MODEL INKUIRI PADA KONSEP SISTEM SIRKULASI KELAS XI MADRASAH ALIYAH

hairiani hairiani, Kaspul Kaspul, Muhammad Zaini

Abstract


Berdasarkan hasil supervisi klinis di lapangan bahwa lembar kerja siswa (LKS) konsep sistem sirkulasi yang digunakan masih belum optimal mengarah pada keterampilan berpikir serta siswa mengalami kesulitan dalam mempelajarinya karena tidak konkret atau tidak dapat terlihat langsung. Penelitian pengembangan bertujuan menghasilkan lembar kerja siswa hasil pengembangan konsep sistem sirkulasi yang valid, praktis dan efektif.Penelitian pengembangan menggunakan model Tessmer. Subjek pakar berasal dari dosen pendidikan biologi FKIP Unlam Banjarmasin. Subyek siswa perorangan kelas XI MIA 2, subyek kelompok kecil siswa kelas XI MIA 4, subyek uji lapangan siswa kelas XI MIA 3. Penelitian dilaksanakan di MAN 2 Model Banjarmasin pada Agustus-Desember 2015. Jenis data kevalidan LKS diperoleh dari hasil validasi pakar dan saran dari uji keterbacaan, kepraktisan berupa keterampilan proses dan keterampilan kinerja dari uji kecil, keefektifan berupa keterampilan proses dan keterampilan kinerja dari uji lapangan. Teknik pengumpulan data kevalidan adalah rata-rata penilaian validator, kepraktisan diperoleh dari uji kecil terhadap LKS, keefektifan meliputi a) keterampilan proses diperoleh dari kemampuan mengerjakan LKS, b) keterampilan kinerja diperoleh dari hasil pengamatan ketika mengerjakan LKS. Analisis data secara keseluruhan dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian diperoleh LKS tergolong valid (80,5%), praktis pada keterampilan proses berkisar 76,7-95,3% (kategori baik) dan keterampilan kinerja berkisar 83,3-100% (kategori baik) serta efektif berdasarkan keterampilan proses (70,5-84,4%), dan kinerja siswa ketika mengerjakan LKS (83,3-100%).

 Kata kunci:Penelitian Pengembangan, kualitas LKS, Sistem Sirkulasi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.