Pelatihan Retorika untuk Guru Sekolah Dasar Menggunakan Strategi Podcast

Ika Rahmawati, Hendrik Pandu Paksi, Farida Istianah, Ricky Setiawan

Abstract


Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terhadap beberapa guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banyuwangi diperoleh data masih banyak guru yang mengeluh kesulitan dalam menyampaikan materi karena kurangnya keterampilan menjelaskan materi. Kebanyakan siswa generasi alpha mudah bosan apabila guru terlalu banyak ceramah. Dari analisis situasi yang dilakukan, permasalahan utama terdapat pada kurangnya kemampuan guru dalam beretorika sehingga apa yang disampaikan terkesan monoton dan menjenuhkan. Maka dari itu, Tim Pelaksana PKM Unesa tergerak untuk ikut memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut dengan memberikan Pelatihan Retorika untuk Guru SD menggunakan Strategi Podcast. Podcast dalam arti yang sederhana adalah rekaman audio. Dengan podcast seorang guru dapat merekam terlebih dahulu penjelasan materi pelajaran dan kemudian bisa disajikan dalam berbagai platform yang dapat diakses siswa secara langsung dan tidak langsung. Seiring perkembangan teknologi digital, podcast berkembang dari yang dulu hanya sekedar rekaman audio menjadi audio visual dan bisa dilakukan secara live atau realtime. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2023 tepatnya pada hari Sabtu di Kabupaten Banyuwangi dan berlokasi di SDN 4 Wringinpitu Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, praktik terbimbing dan bimbingan pasca pelatihan. Pelatihan ini menghasilkan output utamanya berupa peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam beretorika menggunakan strategi podcast dalam pembelajaran.

 According to the findings of observations and interviews with various elementary school teachers in Banyuwangi Regency, many teachers still complain about challenges in delivering the curriculum due to a lack of ability to explain the information. Most alpha-generation pupils become easily bored if the teacher teaches too much. According to the situation analysis, the fundamental issue is the teacher's lack of rhetorical talent, which causes what is given to appear monotonous and dull. As a result, we felt compelled to help solve this problem by providing Rhetoric Training for Elementary School Teachers through the Podcast Strategy. In the most basic sense, podcasts are audio recordings. A teacher can use podcasts to first record an explanation of the lesson topic before presenting it on multiple platforms that students can access directly or indirectly. Podcasts have evolved from only audio recordings to audiovisuals that may be done in life or real-time as digital technology has advanced. This training was held on Saturday, July 22, 2023, in Banyuwangi Regency and is located in SDN 4 Wringinpitu Tegaldlimo Banyuwangi Regency. The lecture method, question and answer, guided practice, and post-training guidance are used. The main output of this program is an increase in teachers' knowledge and skills in rhetoric through podcast tactics in learning.

 


Keywords


guru sekolah dasar; podcast; retorika

Full Text:

PDF

References


Damanik, R., Sagala, R. W., & Rezeki, T. I. (2021). Ketrampilan dasar mengajar guru (1st ed.). Medan: UMSU Press.

Ermawati, D., Anisa, R. N., Saputro, R. W., Ummah, N., & Azura, F. N. (2023). Pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas iv sd 1 dersalem. Jurnal Guruan, Sosial Dan Humaniora, 3(2), 82–92.

Hidayat, T. (2021). Tips menguasai seni bicara (Guepedia (ed.)).

Madjid, A. (2019). Kompetensi profesional guru: ketrampilan dasar mengajar. Peqguruang: Conference Series, 1(September), 1–8.

Maharbid, D. A., Amelia, D., Maulidah, N., & Pratiwi, D. (2023). Analisis pemahaman konsep dan implementasi keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru sd. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 873–889. https://doi.org/10. 31949/jee.v6i2.5545

Mawardi. (2019). Optimalisasi kompetensi guru dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran. Jurnal Ilmiah Didaktika, 20(1), 69–82.

Nayum, Nursaly, B. R., & Padlurrahman. (2022). Teacher’s rhethoric in learning reviewed from variety of speech in mts muallimat nwdi. Jurnal Guruan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 24–33.

Norhayati, & Jayanti, S. (2020). Pemanfaatan teknologi untuk mendukung kegiatan belajar secara mandiri (studi kasus penggunaan podcast oleh maha¬siswa di kota palangkaraya). Jurnal Humaniora Teknologi, 6(1), 29–36.

Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan pembelajaran kuriku¬lum 2013 di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191–1197.

Rahman, S. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. prosiding seminar nasional guruan dasar “merdeka belajar dalam menyambut era masyarakat 5.0,” November, 289–302.

Rahman, Y. A. (2021). Pendekatan dan metode pembelajaran dalam islam. PESAT: Jurnal Guruan, Sosial Dan Agama, 7(2), 95–100.

Ramadhani, J. S., Firmansyah, M. B., & Wilujeng, I. T. (2023).

Pemanfaatan podcast spotify sebagai media pembelajaran bahasa indonesia. Jurnal Ilmu Guruan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 14(2), 135–143.

Rosni, R. (2021). Kompetensi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Guruan Indonesia), 7(2), 113–124.

Sundari, F. (2017). Peran guru sebagai pembelajar dalam memotivasi siswa usia sd. Prosiding Diskusi Panel Guruan “Menjadi Guru Pembelajar,” April, 144–146.

Suprapto, Kurniawan, R., & Sihaloho, H. (2020). Metode sugestopedia sebagai alternatif pembelajaran retorika di perguruan tinggi. Prosiding Seminar Darinf Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 167–172.

Wahyulestari, M. R. D. (2018). Ketrampilan dasar mengajar di sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Guruan Era Revolusi, 199–210.

Yulia, P., & Dewi, A. (2019). Hubungan gaya komunikasi guru terhadap tingkat keefektifan proses pembelajaran. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 3(2), 71–78.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v6i1.10046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats