Pelatihan Kompetensi Literasi dan Numerasi Guru Sebagai Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar

Junaity Soften Sine, Ireni Irnawati Pellokila, Deviana Sibulo, Mariyanti Adu, Dina Rosina Sefi, Evelinda Fransina Nau

Abstract


Pendidikan di Indonesia masih menunjukkan persoalan pada kemampuan literasi dan numerasi para peserta didik. Sebagai respon atas permasalahan ini, pemerintah mencanangkan Kurikulum Merdeka Belajar yang fokusnya pada kamampuan literasi dan numerasi. Dalam penerapan kurikulum baru, para guru dituntut untuk cepat beradaptasi sehingga diperlukan dukungan dan pendampingan bagi mereka dalam proses persiapan penerapan kurikulum baru. Kegiatan PKM ini bertujuan untuk memperlengkapi para guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara khusus terkait kompetensi literasi dan numerasi. Pelatihan ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Semau Selatan dengan jumlah peserta sebanyak 30 (tigapuluh) orang guru. Pelaksanaan kegiatan yang berlangsung pada hari Jumat, 28 Juli 2023 ini dilakukan dalam tiga tahap, yakni pembukaan, kegiatan inti, dan penutupan. Berdasarkan hasil pretest dan posttest, terdapat peningkatan pengetahuan peserta pelatihan dimana rerata nilai pretest naik dari 65 (kategori rendah) menjadi 73 (kategori sedang). Selain itu, evaluasi kegiatan yang dilakukan menunjukkan tingkat kepuasan para guru dalam kategori tinggi, baik terkait penyelenggaraan, narasumber, maupun sarana prasarana. Secara keseluruhan, berdasarkan hasil posttest dan evaluasi dapat disimpulkan bahwa kegiatan PKM ini telah menjawab kebutuhan sekolah.

Literacy and numeracy have been challenges for Indonesian education. To respond to such a problem, the Indonesian government has implemented Kurikulum Merdeka Belajar, focusing on literacy and numeracy competence. In implementing a new curriculum, teachers are forced to quickly adapt to it. Therefore, support and assistance for them are needed. The purpose of this Community Service activity was to equip teachers to face the implementation of Kurikulum Merdeka, especially related to literacy and numeracy competence. The training was conducted at SMA Negeri 1 Semau Selatan and involved as many as 30 (thirty) teachers. The training conducted on Friday, 28th July 2023, covered three phases: opening, training, and closing. Based on the pretest and posttest, the mean score was improved from 65 ( low category) to 73 (average category). Besides, the evaluation showed that the participants expressed satisfaction with the training, trainer, and venue. All in all, based on posttest result and evaluation, it can be concluded that the community service conducted has answered the school’s problem. 


Keywords


kurikulum merdeka belajar; literasi; numerasi

Full Text:

PDF

References


Amaliyawati, A. (2022). Peningkatan kemam¬puan menyusun modul ajar kurikulum merdeka melalui pendampingan dengan metode diskusi kelompok guru sma negeri 14 banda aceh. Serambi Konstruktivis, 4(4), 200–213. https://ojs.serambimekkah.ac.id/Konstruktivis/article/view/5965/4306

Ampa, A. T., & Romba, S. S. (2023). Pelatihan penyusunan perangkat ajar kurikulum merdeka bagi guru-guru paud. Madaniya, 4(1), 121–127. https://madaniya. pustaka.my.id/journals/contents/article/view/354%0Ahttps://madaniya.pustaka.my.id/journals/index.php/contents/article/download/354/239

Anwar, A., Sukino, S., & Erwin, E. (2022). Komparasi penerapan kurikulum merdeka dan k-13 di sma abdussalam. Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(1), 83–96. https://www.bajangjournal. com/index.php/JPDSH/article/view/4101/3043

Fajar, F., Witasari, N., Rini, H. S., Wibowo, L. H., Saidah, R., Asyam, M., Rajagukguk, G. L., & Warningsih, E. K. (2022). Penguatan kesiapan sekolah dalam menghadapi implementasi kurikulum merdeka belajar di sman 8 semarang. Jurnal Puruhita, 4(1), 29–34. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/puruhita

Hudain, M. A., Sutriawan, A., Nurulita, R. F., Hasyim, M. Q., Hasanuddin, M. S., Hasanuddin, M. I., & Adil, A. (2023). Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (untuk sma/ma kurikulum merdeka belajar). 01(02), 79–88. https://books.google.co.id/books?id=uUHBEAAAQBAJ

Irnawati, I., Arsana, I. W., Suhartono, L, B. B., Widyatama, P. R., Ayulusiana, W. E., & Listanto, K. P. (2023). Pelatihan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan bahan ajar berbasis kurikulum merdeka. Manggali Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 56–64.

https://doi.org/https://doi.org/10.31331/manggali.v3i1.2386

Kemdikbud. (2023). Apa itu Literasi dan Numerasi?

https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/apa-itu-literasi-dan-numerasi#

Kusumawardhana, B., Hudah, M., Setiawan, D. F., Widiyatmoko, F. A., & Royana, I. F. (2022). Pendampingan penyusunan modul ajar kurikulum merdeka bagi guru pjok kota semarang. Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat (JPOM), 3(2), 82–88. https://doi.org/10.26877/jpom.v3i2.13926

Lestari, P. (2016). Membangun karakter siswa melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan hidden curriculum di sd budi mulia dua pandeansari yogyakarta. Jurnal Penelitian, 10(1), 71. https://doi.org/10. 21043/jupe.v10i1.1367

Muqorobin. (2023). Tantangan dalam penerapan kurikulum merdeka. Kemdikbud. https://kspstendik.kemdikbud.go.id/read-news/tantangan-dalam-penerapan-kurikulum-merdeka

Putri, R. I. I., Zulkardi, Z., Inderawati, R., Kurniadi, E., Lisnani, L., Rawani, D., Gustiningsi, T., Malalina, M., Herlina, R., Rahayu, C., Sari, A., & Septimiranti, D. (2023). Pelatihan guru profesional ”merdeka belajar” melalui collaborative learning bagi guru sekolah menengah di kota pagaralam. Jurnal Terapan Abdimas, 8(1), 33. https://doi.org/ 10.25273/jta.v8i1.13317

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek penguatan profil pelajar pancasila dalam impelementasi kurikulum prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implemen¬tasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rohman, A. (2022). Literasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis di era disrupsi. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 40. https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1318

Rosha, J. M., Rahayu, A. T., Damayanti, E. D., Ayu, D. P. N., & Ferlianti, S. (2022). Pelatihan dan pendampingan guru fisika sma kcd wilayah xi dan x jawa barat dalam merancang pembelajaran dan asesmen kurikulum merdeka. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 8(4), 28–33.

https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jiaf/article/view/42299

Saputra, I. G. P. E., Sukariasih, L., & Muchlis, N. F. (2022). Penyusunan modul projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) menggunakan flip pdf profesional bagi guru sma negeri 1 tirawuta: persiapan implementasi kurikulum merdeka. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5, 1941–1954. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/view/1165

Suharso, P., Sukidin, S., & Zulianto, M. (2021). Pendampingan massive open online course (mooc) dan meeting online platforms dalam upaya meningkatkan kompetensi guru merdeka belajar di sma negeri suboh. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(3), 216–220. https://doi.org/10.46306/jub.v1i3.40

Susetyarini, E., Rofieq, A., & Latifa, R. (2021). Pendampingan lesson study for learning community sebagai perwujudan merdeka belajar di sma muhammadiyah kepanjen kabupaten malang. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 3(3), 138–148. https://doi.org/10. 36312/sasambo.v3i3.535

Suyono, Zaman, A. Q., Srinarwati, D. R., Suhari, Putri, N. A. F., & Alawiyah, K. (2023). Pelatihan penyusunan lkpd berbasis kurikulum merdeka belajar bagi guru sma pkn se-kota surabaya. Manggali Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 65–73. https://www.e-journal.ivet.ac.id/

index.php/manggali/article/view/2393%0Ahttps://www.e-

journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/download/2393/1748

UNESCO. (2023). What you need to know about literacy. https://www.unesco.org/en/literacy/need-know#:~:text=Literacy is a continuum of,well as job-specific skills.

Usanto, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan pemahaman siswa. Cakrawala Repositori IMWI, 5(2), 495. https://www.cakrawala.imwi. ac.id /index.php/cakrawala/article /view/142

Warsihna, J. (2016). Meningkatkan literasi membaca dan menulis dengan teknologi informasi dan komunikasi (tik). Jurnal Kwangsan, 4(2), 67. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v4i2.84

Warsono, S. (2020). Pengelolaan kelas dalam meningkatkan belajar siswa. Manajer Pendidikan, 10(5), 469–476. https://doi.org/10. 37411/jjem.v1i1.105

Widi, S. (2023). Indeks pembangunan literasi masyarakat indonesia naik pada 2022. https://dataindonesia.id/pendidikan/detail/indeks-pembangunan-literasi-masyarakat-indonesia-naik-pada-2022

Yantoro, & Suratno. (2022). Sosialisasi program merdeka belajar di sma muhammadiyah singkut kabupaten sarolangun. Jurnal Abdi Pendidikan, 03(02), 80–89. https://ejournal.unib.ac.id/jap/article/view/24252




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v6i1.10051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats