Pelatihan Pembelajaran Inovatif yang Bermuatan Lingkungan Lahan Basah di MA Sultan Sulaiman untuk Optimalisasi Kemapuan Pedagogik Guru

Sarah Miriam, Abdul Salam M, Dewi Dewantara, Zainuddin Zainuddin, Bagindar Sianipar, Muhammad Rizky Hidayat, Nova Wardani, Masropah Masropah, Refna Zia

Abstract


Kabupaten Banjar kaya dengan kearifan lokalnya. Madrasah Aliyah (MA) Sultan Sulaiman adalah salah satu sekolah yang terdapat pada kabupaten tersebut. Pengintegrasian kearifan lokal dan lingkungan lahan basah akan membuat pembelajaran lebih bermakna bagi siswa. Pembelajaran tersebut tentunya menerapkan pembelajaran-pembelajaran inovatif, yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa serta menanamkan karakter yang baik sesuai identitas bangsa kita, serta sikap religious. Pelatihan pembelajaran inovatif yang bermuatan lingkungan lahan basah di MA Sultan Sulaiman bertujuan untuk mengoptimalisasi kemampuan pedagogik guru agar dapat memanfaatkan lingkungan sekitar siswa dalam pembelajaran. Kegiatan pengabdian dilaksanakan di MA Sultan Sulaiman dilaksanakan pada bulan Juni-September 2023 yang meliputi proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan penyampaian materi terbagi menjadi tiga pokok bahasan yakni lingkungan lahan basah, pembelajaran inovatif , pembelajaran inovatif terintegrasi lingkungan lahan basah dan kearifan lokal. Kegiatan dilanjutkan dengan pendampingan perencanaan pembelajaran inovatif bermuatan lingkungan lahan basah  serta praktik oleh guru mitra. Kegiatan pelatihan pembelajaran inovatif bermuatan lingkungan lahan basah telah terlaksana sesuai dengan rencana kegiatan yang diajukan. Kegiatan pendampingan bagi para guru mitra  dalam menerapkan pembelajaran inovatif bermuatan lingkungan lahan basah telah membuahkan hasil dimana guru mitra dapat pengintegrasikan lingkungan lahan basah dan kearifan lokal dalam pembelajaran sesuai mata Pelajaran masing-masing melalui praktik.

Banjar Regency is rich in local wisdom. MA Sultan Sulaiman is one of the schools in the district. Integrating local wisdom and the wetland environment will make learning more meaningful for students. This learning certainly applies innovative learning so that it is not only knowledge, but students can hone their skills and instill good character according to the identity of the Akita nation and religious attitudes. Service activities in the form of innovative learning involving wetland environments at MA Sultan Sulaiman were carried out in June-September, which included planning, implementation, and evaluation processes. The material delivery activities are divided into three main topics: Wetland Environment, Innovative Learning, Integrated Innovative Learning Wetland Environment, and local wisdom. The activity continued with planning assistance for Wetland Environment-Loaded Innovative Learning and practice by partner teachers. Wetland Environmentally Loaded Innovative Learning training activities have been carried out following the proposed activity plan. Mentoring activities for partner teachers in implementing Innovative Learning Containing Wetland Environments have produced results where partner teachers can integrate the wetland environment and local wisdom in learning according to their respective subjects.


Keywords


Lingkungan Lahan Basah; Pelatihan; Pembelajaran Inovatif

Full Text:

PDF

References


Annisa, R., Mastuang, M., & Misbah, M. (2020). Efektivitas perangkat pembelajaran fisika bermuatan lingkungan lahan basah untuk melatihkan karakter waja sampai kaputing. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 8(2), 33-39.

Citra, N. F., Suprapto, N., & Admoko, S. (2022). Exploration of physics concepts in milkfish cultivation as an ethnoscience study in sidoarjo. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 10(1), 107-118.

Fajriah, N., Pasani, C. F., Suryaningsih, Y., Eryanto, A. N. E., & Nasrullah, N. (2023). Pendampingan pembuatan bahan ajar berbasis etnomatematika lingkungan lahan basah untuk meningkatkan wawasan kearifan lokal guru matematika. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 313-325.

Fitriah, L. (2019). Efektivitas buku ajar fisika dasar 1 berintegrasi imtak dan kearifan lokal melalui model pengajaran langsung. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 82-96.

Fitriah, L. (2020). Students’ response to the basic physics textbook integrated with faith, piety, and local wisdom. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 23-32.

Fitriah, L. (2021). I-CLORE teaching material based on katupat kandangan local wisdom on the topic of heat and temperature. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 9(1), 28.-38

Fitriah, L., Firdaus, A., Dahlia, D., & Septiana, S. (2023). The development of ecirr learning model containing archipelago local wisdom on mechanics topic. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 193-203.

Hartini, S., Firdausi, S., Misbah, M., & Sulaeman, N. F. (2018). The development of physics teaching materials based on local wisdom to train saraba kawa character. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 130–137.

Hartini, S., Isnanda, M. F., Wati, M., Misbah, M., An’Nur, S., & Mahtari, S. (2018). Developing a physics module based on the local wisdom of Hulu Sungai Tengah regency to train the murakata character. Journal of Physics: Conference Series, 1088.

Hartini, S., Misbah, Helda, & Dewantara, D. (2017). The effectiveness of physics learning material based on South Kalimantan local wisdom. AIP Conference Proceedings, 1868(1), 070006.

Herman, H., Silalahi, D., & Sinaga, Y. (2023). Collaborative teacher and students sebagai realisasi pembelajaran inovatif. Indonesia Berdaya, 4(1), 267–272.

Istyadji, M., & Hafizah, E. (2021). pPelatihan pembuatan dan pengembangan bahan ajar elektronik menggunakan flip pdf professional pada mata pelajaran ipa smp berbasis kearifan lokal lahan basah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 278–285.

Jefriyanto, W., Joni, L., Pakiding, A., & Pawarangan, I. (2022). Identifikasi prinsip fisika pada tiang bangunan rumah adat tongkonan pada suku toraja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 530-538.

Listia, R., Chandra, N. E., & Elyani, E. P. (2020). Bahan ajar berbasis kearifan lokal bagi guru-guru mgmp bahasa inggris tingkat smp kabupaten tanah laut. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 17-23.

Mahmudah, S., M, A. S., & Dewantara, D. (2023). Development of physics teaching materials containing local wisdom to train students critical thinking skills. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 11(1), 28–39.

Mawaddah, S., Budiarti, I., & Aulia, M. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran konteks lingkungan lahan basah berorientasi hots. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 14–24.

Ni’mah, F., Syarpin, A. H., Fatah, A., & Naufal Pasha, D. M. (2023). Pembelajaran kimia berbasis proyek melalui pemanfaatan sumber daya lokal sebagai upaya implementasi kurikulum merdeka bagi guru mgmp kimia kota palangka raya. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 736–743.

Nikmah, F., Suprapto, N., Prahani, K., & Deta, U. A. (2023). Exploration of the process of making batik sendang duwur as a physics teaching material on temperature and heat. Berkala Ilmiah Pendidikan Fiskka, 11(2), 207-217.

Noorhapizah, N., Pratiwi, D. A., & Putri, T. A. S. (2023). Pelatihan pengembangan bahan ajar berbasis muatan lokal dalam implementasi kurikulum merdeka. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 63-72.

Noorhidayati, N., Hardiansyah, H., Mahrudin, M., & Irianti, R. (2021). Bimbingan teknis penyusunan bahan ajar biologi berbasis potensi lokal pada mgmp ipa-biologi kabupaten hulu sungai tengah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 407-414.

Nurianti, T., & Azizah Lubis, N. (2023). Ethnophysics study of the concept of work and energy in the aceh traditional game “taloe yeye” as physics teaching material. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 11(1), 175-184.

Purwitha, D. G. (2020). Model pembelajaran flipped classroom sebagai pembelajaran inovatif abad 21. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 49–55.

Sahara, R., Johan, H., & Medriati, R. (2022). Analisis kebutuhan pengembangan modul berbasis etnosains materi suhu dan kalor kelas xi sman kota bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 661-675.

Saparini, S., Syuhendri, S., & Murniati, M. (2021). Conceptual change textbook based on local wisdom of palembang on heat and temperature. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 9(1), 88-95.

Sari, E. N., Miriam, S., & Suyidno, S. (2023). Developing students’

scientific literacy skills in driving schools through the use of local wisdom-based physics lesson e-module. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 11(1), 9-19.

Syahmani, Hafizah, E., & Sauqina. (2021). Pengaruh pembelajaran dengan pendekatan stem berbasis lahan basah pada literasi sains siswa. Prosiding seminar nasional lingkungan lahan basah, 6(2).

Wati, M., Hartini, S., Lestari, N., An’nur, S., & Misbah, M. (2019). Developing a physics module integrated with the local wisdom of baayun maulid to build wasaka character. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE), 7, 720–724.

Wati, M., Misbah, M., Haryandi, S., & Dewantara, D. (2020). The effectiveness of local wisdom-

based static fluid modules in the wetlands environment. Momentum: Physics Education Journal, 102–108.

Yunita, A. (2019). Pemanfaatan lingkungan lahan basah pada pembelajaran asam basa menggunakan pendekatan ctl terhadap keterampilan berpikir kritis. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 7(2), 19–30.

Yunita, A., Saadi, P., & Kusasi, M. (2018). Pemanfaatan sumber belajar dari lingkungan lahan basah melalui pendekatan ctl terhadap hasil belajar pada pembelajaran larutan asam basa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i4.10081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats