Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kimia Menggunakan Liveworksheet untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka
Abstract
Perlu ditingkatkannya keterampilan guru MGMP Kimia Kabupaten Banjar, dalam menggunakan teknologi dalam penyusunan bahan ajar kimia, maka diadakan pelatihan penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) interaktif di lingkungan lahan basah menggunakan Liveworksheet. Tujuan pelatihan ini meningkatkan pengetahun guru kimia MGMP Kimia dalam membuat LKPD interaktif. Kegiatan ini terdiri dari 3 tahapan yaitu pra pelaksanaan, pelaksanaan dan pasca pelaksanaan. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan sebayak 2x pertemuan secara offline (2 dan 9 Agustus 2023) dan dihadiri oleh peserta sebanyak 21 orang guru MGMP Kimia Kabupaten Banjar. Berdasarkan hasil pelatihan yang diperoleh melalui angket diketahui bahwa terjadi peningkatan pemahaman guru tentang pembuatan LKPD interaktif menggunakan liveworksheet serta respon guru terhadap kegiatan menunjukkan kategori baik. Produk LKPD interaktif yang dihasilkan dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran.
It is necessary to improve the skills of MGMP Chemistry teachers in Banjar Regency in using technology in preparing chemistry teaching materials, so training is held in preparing IT-based Student Worksheets (LKPD) in wetland environments using Liveworksheets. This activity consists of 3 stages: pre-implementation, implementation, and post-implementation. This training activity was carried out in 2 offline meetings (2 and 9 August 2023) and was attended by 21 MGMP Chemistry teachers from Banjar Regency. Based on the training results, it was found that there was an increase in teachers' understanding of making interactive LKPD using live worksheets, and the teacher's response to the activity showed a good category. The resulting interactive LKPD product can be used to assist the learning process.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, I., Roesminingsih, M. V., & Yani, M. T. (2022). Pengembangan lkpd interaktif berbasis liveworksheet untuk meningkatkan hasil belajar ipssekolah dasar. Jurnal Research & Learninginelementary Education, 6(5), 8154–8162.
Atmojo, I. R. (2022). Pemanfaatan lkpd interaktif berbasis liveworksheet untuk meningkatkan hasil belajar kognitif muatan ipa peserta didik kelas v di sd negeri jajar kota surakarta. Jurnal Pengabdian Undikma, 3(2), 241–249.
Fitriani, N., Hidayah, I., & Nurfauziah, P. (2021). Live worksheet realistic mathematics education berbantuan geogebra: meningkatkan abstraksi matematis siswa smp pada materi segiempat. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 37–50.
Fuada, S., & Fajriati, N. F. (2021). Pelatihan pembuatan modul interaktif menggunakan aplikasi liveworksheet bagi guru di sdn wiwitan bandung. Community Empowerment, 6(11).
Hariyati, D. P. (2022). Pengembangan bahan ajar berbasis liveworksheet untuk siswa sekolah dasar kelas v. Jpgsd, 10(7), 1473–1483.
Herawati, E. P., Gulo, F., & Hartono. (2016). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) interaktif untuk pembelajaran konsep mol di kelas x sma. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 3(2), 168–178.
Nirmayani, H. (2022). Kegunaan aplikasi liveworksheet sebagai lkpd interaktif bagi guruguru sd di masa pembelajaran daring pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 9–16.
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 480–492.
Nurdyansyah, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar.Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Prabowo, A. (2021). Penggunaan liveworksheetdengan aplikasi berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(10), 383–388.
Rahmawati, E., Kaspul, K., & Zaini, M. (2022). Pengembangan lkpd elektronik berbasis liveworksheet konsep sistem sirkulasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis sma. Practice Of The Science Of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 1(1), 16–22.
Rohmah, M. (2022). Penggunaan media google classroom berbantu liveworksheets untuk meningkatkan hasil belajar ipa materi kemagnetan siswa smp. Edutech: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), 16–26.
Rosyidah, N. F., Fauziyah, N., & Khikmiyah, F. (2022). Pengembangan lembar kerja peserta didik model problem based learning menggunakan web liveworksheet untuk kelas vii smp. Prosiding Seminar Nasional Mipa Uniba 2022, 138–145.
Wulandari, N. R., Aka, K. A., & Mukmin, B. A. (2023). Pengembangan lkpd berorientasi pendekatan saintifik dengan aplikasi liveworksheet untuk siswa kelas iv sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 20–17.
Zainab, & Kaspul, B. H. (2022). Validitas lkpd elektronik berbasis liveworksheet pada konsep virus untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa jenjang sma. Jurnal Praktisi Pendidikan, 1(1), 36–43.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i4.10085
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |