Penyuluhan dan Edukasi Jurnalisme Sekolah: Eksistensi dan Promosi bagi Penyandang Disabilitas di SLB Negeri 1 Denpasar

Ni Ketut Ari Kesuma Dewi, Putu Putri Prawitasari, Anak Agung Ayu Intan Puspadewi, I Made Bhasudewa Krisna Narotama Pande

Abstract


SLB N 1 Denpasar memberikan ruang bagi guru dan peserta didiknya untuk mengekspresikan dirinya melalui majalah sekolah Lentera Kita. Karya jurnalistik tersebut masih perlu dibenahi dalam bentuk pengelolaan manajemen media massa agar hasilnya koheren antara tubuh berita, visualisasi, dan pengemasan. Tujuan pelatihan Penyuluhan dan Edukasi Jurnalisme Sekolah di SLBN 1 Denpasar antara lain 1) agar pemahaman mengenai keterampilan menulis, khususnya dasar jurnalistik, dapat dikuasai oleh peserta didik; 2) dengan dikuasainya keterampilan menulis dasar jurnalistik, peserta didik mampu mengembangkan majalah sekolah sebagai media promosi; 3) sebagai wadah menunjukkan eksistensi peserta didik penyandang disabilitas. Acara tersebut berlangsung selama satu hari di SLB N 1 Denpasar secara luring pada Jumat, 9 Desember 2022. Penyuluhan dilakukan dengan metode paparan dan evaluasi melalui kuesioner. Berdasarkan hasil evaluasi, diketahui bahwa terdapat peningkatan pemahaman yang signifikan terkait jenis-jenis kegiatan jurnalistik, jenis media jurnalistik, serta rubrik yang tersedia dalam media jurnalistik. Di samping itu, minat peserta untuk terlibat dalam kegiatan jurnalistik juga meningkat dari sebelumnya sejumlah 57% menjadi 78%.

SLB N 1 Denpasar allows teachers and their students to express themselves through the Lentera Kita school magazine. This journalistic work still needs to be improved in its mass media management to align the outputs between the news body, visualization, and packaging. The objectives of the School Journalism training at SLBN 1 Denpasar are 1) so that students can understand writing skills, especially basic journalism; 2) by mastering basic journalistic writing skills, students are able to develop the school magazine as promotional media; 3) as a forum to exhibit the existences of students with disabilities. The event occurred for one day at SLB N 1 Denpasar on Friday, 9 December 2022. The training was carried out by giving explanations and conducting evaluations through questionnaires. Based on the questionnaire's results, there is a significant increase in understanding regarding the types of journalistic activities, types of journalistic media, and the rubrics space in journalistic media. Furthermore, the participants' interest in journalistic activities also increased from 57% to 78%.

 


Keywords


Disabilitas; Editorial; Jurnalistik, Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Aryanto, A. S., Darmayudha, I. K., & Yuhari, M. R. A. T. W. (2022). Ensemble combo band for the visually impaired person at slb negeri 1 dauh puri klod, denpasar barat. Jurnal Seni Musik, 11(1), 39–47.

Fakhrurozi, J., Adrian, Q. J., Mulaynto, A., & Samanik, S. (2022). Pelatihan penulisan jurnalistik dan naskah video bagi siswa smk widya yahya gading rejo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(5), 503–509.

Galura, R. (2014). Layout majalah sebagai sebuah cerminan identitas pembaca studi kasus layout majalah cosmopolitan dan aneka yes. Lontar Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(3), 50–57.

Garnida, D. (2015). Pengantar pendidikan inklusif (D. Sumayyah, Ed.).

Kristiansen, K., & Vehmas, S. (2009). Arguing about Disability: Philosophical Perspectives (T. Shakespeare, Ed.). Taylor & Francis.

Lestari, E. Y., Sumarto, S., & Isdaryanto, N. (2017). Pemenuhan hak bagi penyandang disabilitas di kabupaten semarang melalui implementasi convention on the rights of persons with disabilities (cprd) dalam bidang pendidikan. Integralistik, 28(1), 1–9.

Lipsky, D. K., & Gartner, A. (1996). Inclusion, school restructuring, and the remaking of american society. Harvard Educational Review, 66(4), 762–797.

Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis penggunaan teknik pre-test dan post-test pada mata pelajaran matematika dalam keberhasilan evaluasi pembelajaran di sdn bojong 04. Nusantara: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165.

Nanda, A. R., & Herawati, R. (2021). Kendala dan solusi bagi penyandang disabilitas kota semarang dalam mengakses pekerjaan. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 3(3), 325–336.

Putriani, N. I. D., & Hirzi, A. T. (2022). Aktivitas jurnalis penyandang disabilitas di media online. Prosiding Jurnalistik, 6(1), 27–30.

Rahmah, H., Febriana, K. A., & Syafiie, S. S. L. (2023). Peningkatan literasi jurnalistik melalui pelatihan penulisan berita pada siswa ekstrakurikuler jurnalistik sma muhammadiyah 01 semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 273.

Refika, A., & Hikmat, M. M. (2018). Jurnalistik: Literary journalism. Prenada Media Group.

Rosita, F. Y. (2021). Pelatihan jurnalistik pada redaktur majalah sekolah serambi al-muayyad. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 32–40.

Setyawati, N. M. Y., Adnyani, L. D. S., & Piscayanti, K. S. (2018). The Analysis of efl learning strategy of the visually impaired junior high school students in slb negeri 1 denpasar. PRASI, 13(2), 23.

Sodiqin, A. (2021). Ambiguitas perlindungan hukum penyandang disabilitas dalam perundang-undangan di indonesia. Jurnal Legislasi Indonesia, 18(1), 31.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i4.10123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats