Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati Lokal Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah

Dini Ramadhani, Rapita Aprilia, Dini Fitria, Bunga Mulyahati, Inge Ayudia

Abstract


Kurikulum merdeka menjadi jawaban dari tantangan pendidikan karakter saat ini dengan melalui Profil Pelajar Pancasila. Implementasi Kurikulum Merdeka, masih banyak ditemukan tantangan dan kendala di lapangan.  Sebagaimana yang ditemukan di SD Negeri Sungai Pauh Kota Langsa, masih banyaknya guru-guru belum mampu mengembangkan modul ajar yang diperolehnya dari Platform Merdeka Mengajar. Bahkan yang lebih mengkhawatirkan masih banyak guru yang belum mampu mengakses PMM. Setelah ditelaah, modul ajar yang digunakan guru sama sekali tidak relevan dengan karakteristik daerah satuan pendidikan atau sekolah yang berada di daerah pesisir. Padahal di sana memiliki potensi sumber daya alam keanekaragaman hayati yang berpotensi strategis untuk dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran berbasis project bagi peserta didik dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter pada penguatan profil pelajar Pancasila. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam pemanfaatan keanekaragaman hayati lokal sebagai penguatan profil pelajar Pancasila di sekolah pesisir Kota Langsa. Kegiatan dilaksanakan pada bulan Agustus-September, dengan peserta sebanyak 22 orang guru di SD Negeri Sungai Pauh Kota Langsa. Metode pelatihan adalah dengan pemberian bimbingan teknologi, pelatihan, dan pendampingan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah para guru telah mampu menggunakan Platform Merdeka belajar, memiliki wawasan tentang keanekaragaman hayati lokal, dan mampu menghasilkan modul ajar berbasis keanekaragaman hayati pesisir Kota Langsa. Simpulan dari kegiatan ini adalah terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kegiatan penguatan profil pelajar Pancasila.

The independent curriculum answers the current challenges of character education through the Pancasila Student Profile. Implementation of the Independent Curriculum, there are still many challenges and obstacles in the field. As was found at Sungai Pauh Public Elementary School, Langsa City, many teachers still have not been able to develop the teaching modules they obtained from the Merdeka Mengajar Platform. Even more worrying is that many teachers still cannot access PMM. After reviewing it, I found that teachers' teaching modules are completely irrelevant to the regional characteristics of educational units or schools located in coastal areas. There is the potential for biodiversity natural resources to be utilized as a project-based learning resource for students in internalizing character values to strengthen the Pancasila student profile. This service activity aims to increase teachers' abilities to utilize local biodiversity to strengthen the profile of Pancasila students in coastal schools in Langsa City. The activity was carried out in August-September, with 22 teachers participating at Sungai Pauh Public Elementary School, Langsa City. The training method is by providing technology guidance, training, and mentoring. The results of this service activity are that the teachers can use the Merdeka Belajara Platform, gain insight into local biodiversity, and produce teaching modules based on coastal biodiversity in Langsa City. This activity implies that teachers have the knowledge and skills to develop activities to strengthen the profile of Pancasila students from both intracurricular and co-curricular activities. This activity concludes that there is an increase in knowledge and skills in developing activities to strengthen the profile of Pancasila students.


Keywords


keanekaragaman hayati; lokal; profil pelajar pancasila; sekolah

Full Text:

PDF

References


Aritonang, F., Aziz, I. S. A., & Suwandi, S. (2023). Utilization of assessment features in platform merdeka mengajar(pmm) in the assessment of indonesian language learning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 8(2), 134-141. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v8i2.21403

Arnes, A., Muspardi, & Yusmanila. (2023). Analisis pemanfaatan platform merdeka mengajar oleh guru ppkn untuk akselerasi implementasi kurikulum merdeka. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 60–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4647

Budiarti, N. I. (2022). Merdeka mengajar platform as a support for the quality of mathematics learning in east java. Matematika Dan Pembelajaran, 10(1), 13–25. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33477/mp.v10i1.2858

Dewi, M. Y., Ulfah, M., & Matsum, J. (2019). Analisis faktor yang mempengaruhi partisipasi peserta didik dalam pembelajaran akuntansi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(11), 1–9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i11.37531

Iswahyudi, I., Kusmana, C., Hidayat, A., & Noorachmat, B. P. (2020). Environment biophysical of mangrove forest in langsa city, aceh. Journal of Natural Resources and Environmental Management, 10(1), 98–110. https://doi.org/10.29244/jpsl.10.1

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan karakter sebagai upaya wujudkan pelajar pancasila. Prosiding Seminar Nasional …, 257–265. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5621

Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati. (2022). Strategi penguatan profil pelajar pancasila di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170–5175. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139

Mahlianurrahman, M., & Aprilia, R. (2022). Menyusun cerita praktik baik pembelajaran berbasis kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Anugerah, 4(1). https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i1.4283

Partikasari, R., Haryono, M., Imran, R. F., Pebriani, E., & Oktasari, S. (2023). Optimalisasi pemanfaatan platform merdeka mengajar dan penguatan p5 bagi guru di korwil i bengkulu utara. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 2(1), 47–52.

https://doi.org/https://doi.org/10.37676/jdun.v2i1.3542

Putriningtias, A., Faisal, T. M., Komariyah, S., Bahri, S., & Akbar, H. (2019). Keanekaragaman jenis kepiting di ekosistem hutan mangrove kuala langsa, kota langsa, aceh. Jurnal Biologi Tropis, 19(1), 101–107. https://doi.org/10.29303/jbt.v19i1.1074

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek penguatan profil pelajar pancasila dalam impelementasi kurikulum prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Ritonga, M. A., Nurchalidah, S., Karmiati, K., Navia, Z. I., & Suwardi, A. B. (2020). Penelusuran ragam jenis bambu di kota langsa, aceh. Al-Hayat: Journal of Biology and Applied Biology, 3(1), 8. https://doi.org/10.21580/ah.v3i1.6065

Rohimat, S. (2022). Webinar strategi penyelesaian pelatihan mandiri kurikulum merdeka pada platform merdeka mengajar. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 3(2). https://doi.org/10.26874/jakw.v3i2.251

Shahra, F. D., Jayanthi, S., Sentosa, Z. S. G. F., Ayu, M., & Syahputra, M. K. (2023). Keanekaragaman mollusca sebagai indikator kualitas air di kuala langsa, aceh. Jurnal Jeumpa, 10(1), 49–57. https://doi.org/10.33059/jj.v10i1.5726

Sudarmono, Apuanor, & Kurniawati, E. H. (2017). Pengaruh kesadaran diri terhadap kedisiplinan belajar siswa kelasix smpn 9 sampit. Jurnal Paedagogie, 5(2), 79–85.

https://doi.org/https://doi.org/10.46822/paedagogie.v5i2.57

Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi nilai pancasila dalam pembelajaran melalui penerapan profil pelajar pancasila berbantuan platform merdeka mengajar. Jurnal Teknodik. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897

Suwarso, E., Paulus, D. R., & Widanirmala, M. (2019). Kajian database keanekaragaman hayati kota semarang. Jurnal Riptek, 13(1), 79–91. https://doi.org/https://doi.org/10.35475/riptek.v13i1.53




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v6i1.10125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats