Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran IPA Menggunakan Aplikasi Canva bagi Guru MGMP IPA Kabupaten Barito Kuala
Abstract
Saat ini perkembangan teknologi mempengaruhi media pembelajaran, sehingga diperlukan adanya pelatihan pembuatan media berbasis teknologi. Berdasarkan hasil kuesioner yang telah yang diperoleh bahwa 33,33% menyatakan kurang terampil dalam menggunakan teknologi ketika menyusun bahan ajar IPA. Oleh karena itu, tim Program Dosen Wajib Mengabdi (PDWA) berusaha menyelesaikan permasalahan melalui kegiatan pelatihan pembuatan media pembelajaran IPA berbasis teknologi menggunakan aplikasi Canva. Tujuan pelatihan ini untuk menambah wawasan pengetahuan dan keterampilan guru MGMP IPA dalam membuat media pembelajaran IPA berbasis teknologi. Adapun metode yang digunakan pada pelatihan ini mengadopsi penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 antara lain tahap perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, refkleksi. Pelaksanaan pengabdian menggunakan 2 mode yaitu moda daring dan moda luring. Moda daring dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2023 via Zoom Meeting dan moda luring dilaksanakan pada tanggal 29 Juli dan 5 Agustus 2023. Kegiatan moda luring dilaksanakan di SMPN 2 Alalak Kabupaten Barito Kuala dihadiri oleh 19 orang guru IPA. Berdasarkan angket evaulasi pemahaman peserta dapat disimpulkan bahwa guru paham dan bisa membuat media pembelajaran dengan memperoleh nilai 75,08% dan mendapatkan respon baik. Pelatihan ini memberikan pengetahuan dan keterampilan pembuatan media pembelajaran berbasis teknologi dengan kategori baik.
Currently, technological developments influence learning media, so training in creating technology-based media is needed. Based on the results of the questionnaire obtained, 33.33% stated that they were less skilled in using technology when compiling science teaching materials. Therefore, the Compulsory Service Lecturer Program (PDWA) team is trying to solve the problem through training activities in making technology-based science learning media using the Canva application. This training aims to increase the knowledge and skills of MGMP science teachers in creating technology-based science learning media. The method used in this training adopts classroom action research, which consists of 4 stages, including planning, action, observation/evaluation, and reflection stages. Implementation of service uses two modes, namely online mode and offline mode. The online mode was held on 21 July 2023 via Zoom Meeting, and the offline mode was held on 29 July and 5 August 2023. The offline mode activity was conducted at SMPN 2 Alalak, Barito Kuala Regency, attended by 19 science teachers. Based on the participant understanding evaluation questionnaire, it can be concluded that the teacher understands and can create learning media by obtaining a score of 75.08% and getting a good response. This training provides knowledge and skills in making technology-based learning media in the good category.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji, W. N., & Setiyadi, D. B. P. (2020). Aplikasi tik tok sebagai media pembelajaran keterampilan bersastra. Jurnal Metafora, 6(2), 147–157.
Analicia, T., & Yogica, R. (2021). Pengembangan media pembelajaran visual menggunakan canva pada materi sistem gerak untuk peserta didik sma. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2).
Arifin, A. N., Ismail, Daud, F., & Azis, A. (2021). Pelatihan aplikasi canva sebagai strategi untuk meningkatkan technological knowledge guru sekolah menengah di kabupaten gowa. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Universitas Negeri Makassar.
Bakri, N. F., Simaremare, E. S., Lingga, I. S., & Susilowaty, R. A. (2021). Pelatihan pembuatan materi presentasi dan video pembelajaran menggunakan aplikasi canva kepada guru di kota medan dan jayapura secara online. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(1), 1–10.
Elvira, & Delsiana. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 80–81.
Fitriani, Faisol, A., Wamiliana, Notiragayu, & Kurniasari, S. L. C. D. (2022). Pelatihan canva dalam pembuatan media pembelajaran bagi guru-guru smk di bandar. Urnal Pengabdian Kepada Masyarakattabikpun, 3(3), 193–202.
Irsan, I., Pertiwi, A., & Fina, R. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran inovatif menggunakan canva. Jurnal Abdidas, 2(6), 1412–1417.
Mawardi, N., & Sodiq, S. (2022). Pemanfaatan aplikasi canva pada pembelajaran menyusun teks iklan kelas xii dkv 2 smkn 13 surabaya. Bapala, 9(8), 198–207.
Melinda, T., & Saputra, E. R. (2021). Canva sebagai media pembelajaran ipa materi perpindahan kalor di sd. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(2), 96–101.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.
Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan aplikasi canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra indonesia jenjang sma/ma. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 1–18.
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.
Rahmawati, F, & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis media digital video pembelajaran abad 21 menggunakan aplikasi canva pada pembelajaran ipa. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279.
Rahmawati, Farida, & Atmojo, R. I. W. (2021). Analisis media digital video pembelajaran abad 21 menggunakan aplikasi canva pada pembelajaran ipa. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279.
Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa inggris. Bdimas Siliwangi, 4(2), 335–343.
Rizanta, G. A., & Arsanti, M. (2022). Pemanfaatan aplikasi canva sebagai media pembelajaran masa kini. Senada (Seminar Nasional Daring).
Rusdiana, R. Y., Putri, W. K., & Sari, V. K. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan canva bagi guru smpn 1 tegalampel bondowoso. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan Ipa, 4(3), 209–213.
Sari, V. K., Rusdiana, R. Y., & Putri, W. K. (2021). Pelatihan Pembuatan media pembelajaran menggunakan canva bagi guru smpn 1 tegalampel bondowoso. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan Ipa, 4(3).
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronik Dan Informatika, 7(2).
Tenty, A., & Relsas, Y. (2021). Media pembelajaran visual menggunakan canva pada materi sistem gerak. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 260–266.
Tiawan, Musawarman, Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H. (2020). Pelatihan desain grafis menggunakan aplikasi canva tingkat smk di smkn 1 gunung putri bogor. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 476–480.
Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi canva sebagai media pembelajaran ipa mi/sd. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (Jurmia), 2(1), 102–118.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i4.10173
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |