Pelatihan Media Interaktif Kimia Berbasis Teknologi di Lingkungan Lahan Basah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka
Abstract
Terbatasnya kemampuan guru dalam menggunakan teknologi dalam membuat media interaktif kimia dapat dilihat berdasarkan kuesioner yang di isi para guru diperoleh bahwa 58,8% guru cukup terampil menggunakan teknologi dalam membuat media interaktif kimia. Hal tersebut yang melatarbelakangi kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan para guru kimia dalam membuat media interaktif kimia dalam implementasi Kurikulum Merdeka menggunakan Anyflip. Pelatihan ini diikuti oleh 12 orang guru MGMP Kimia Kabupaten Barito Kuala yang akan dilaksanakan di SMAN 1 Alalak dengan 3 kali pertemuan secara online (satu kali pertemuan) maupun ofline (dua kali pertemuan). Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2023, 28 Juli 2023, dan 4 Agustus 2023. Kegiatan ini dilaksanakan melalui 4 tahapan antara lain tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan evaluasi terakhir tahap refleksi. Adapun hasil kegiatan ini dilihat dari angket evaluasi peserta paham mengenai pembuatan media interaktif dengan memperoleh nilai sebesar 76,31% yang termasuk kategori paham. Melalui kegiatan pelatihan ini dapat meningkatkan keterampilan dan pemahaman para guru dalam membuat media interaktif dalam pembelajaran kimia.
The limited ability of teachers to use technology in creating chemical interactive media can be seen based on questionnaires filled out by teachers; it was found that 58.8% of teachers were skilled enough to use technology in creating chemical interactive media. This is the background for this Community Service (PkM) activity. This training activity aims to increase the understanding and ability of chemistry teachers to create interactive chemistry media in implementing the Independent Curriculum using Anyflip. This training was attended by 12 MGMP Chemistry teachers from Barito Kuala Regency, which will be held at SMAN 1 Alalak with three meetings online (one meeting) and offline (two meetings). This activity was carried out on 21 July 2023, 28 July 2023, and 4 August 2023. This activity was carried out in 4 stages, including the planning stage, the action stage, the observation stage, the final evaluation stage, and the reflection stage. The results of this activity can be seen from the evaluation questionnaire of participants' understanding of making interactive media, which has a score of 76.31% and is included in the understanding category. Teachers can improve their skills and understanding in creating interactive media in chemistry learning through this training activity.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asmuni, A. (2020). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 dan solusi pemecahannya. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(4).
Belia, E. S., Asrial, A., & Alirmansyah, A. (2022). Pengembangan modul elektronik berbasis kearifan lokal kenduri sko menggunakan aplikasi anyflip di kelas 4 tema 7 sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 8781–8788.
Gusmilarni, Anshori, F. Al, & Yunus, N. M. (2022). Pengembangan bahan ajar berbantukan aplikasi anyflip pada materi sistem koordinasi siswa kelas xi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 224–235.
Gustanu, P., & Setiadi, G. (2023). Pemanfaatan aplikasi quiz-quizizz sebagai media pembelajaran ipas kelas iv dalam implementasi kurikulum merdeka di sdn wonorejo 1 kabupaten kediri. Jurnal
Pendidikan Tambusai, 7(1), 3543–3550.
Hasan, M. F. (2018). Pengembangan e-book interaktif dengan pendekatan saintifik berbasis lcds pada materi sumber daya energi untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Digilib Unila.
Jannah, F., Irtifa’Fathuddin, T., & Azzahra, P. F. (2022). Problematika penerapan kurikulum merdeka belajar 2022. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(2), 55–65.
Nabilah, N., & Wahyuningsih, U. (2021). Pengembangan handout digital anyflip pada materi menganalisis limbah busana sub tema outer origami rabbit zero waste. Jurnal Tata Busana, 10(2), 38–46.
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 480–492.
Oktaria, S. D. (2022). Pelatihan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis audio visual bagi mahasiswa pgsd universitas lampung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 1(2).
Pertiwi, P. D., Novaliyosi, N., Nindiasari, H., & Sukirwan, S. (2023). Analisis kesiapan guru matematika dalam implementasi kurikulum merdeka. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1717–1726.
Putri, E. S., Budiana, S., & Gani, R. A. (2023). Pengembangan bahan ajar menggunakan canva pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 104–108.
Sofyan, D., Rostikawati, R. T., & Suryanti, Y. (2023). Pelatihan penerapan e-modul berbasis anyflip dalam meningkatkan kompetensi literasi digital guru sekolah dasar di kota bogor. Communnity Development Journal, 4(1), 882–887.
Suswandari, M., Budiwan, J., & Sholihah, A. . (2022). The relationship of digital literacy with the help of anyflip.com to the learning motivation of elementary school students. Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama., 14(1), 153–170.
Syahrul, M. (2023). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi articulate storyline. Journal of Pedagogy and Online Learning, 2(1), 44–52.
Tustiyana, W., Sofyan, D., Arifin, M. Z., Didit, A., Netty, H., & Fatwamulya, P. (2023). Pendampingan guru sekolah dasar pelatihan bahan ajar digital berbasis anyflip meningkatkan profesionalisme menuju education for sustainable development. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 703–710.
Ulfa, K. P., Yonisa, K. R., Mustika, D. R., Ni’matush, S., & Purwa, P. H. (2021). Pelatihan penggunaan anyflip untuk penyusunan e-book bagi guru mgmp ekonomi kabupaten bangkalan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 912–917.
Widya, W., Zaturrahmi, Z., Muliani, D. E., Indrawati, E. S., Yusmanila, Y., & Nurpatri, Y. (2021). Pelatihan pembuatan bahan ajar digital menggunakan aplikasi kvsoft flipbook dan web anyflip di smp negeri 41 padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 4(3), 183–189.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i4.10175
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |