Pelatihan Pengintegrasian Google Suite for Education untuk Learning Management System bagi Guru SMP
Abstract
Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah melakukan pelatihan pengintegrasian GSE-LMS bagi guru SMP Kabupaten Banjar. Metode pelaksanaan PkM ini terdiri dari persiapan, pelaksanaan kegiatan dan pendampingan, serta evaluasi kegiatan. tim PkM mempersiapkan modul praktikum GSE-LMS untuk dibagikan kepada peserta saat kegiatan Pelatihan. Kegiatan PkM ini dilaksanakan selama 2 kali pertemuan secara tatap muka pada bulan Juni 2023. Pelaksanaan kegiatan PkM ini di laboratorium komputer SMPN 2 Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar. Peserta yang hadir sebanyak 20 guru SMPN 2 Kertak Hanyar. Instrumen evaluasi kegiatan yang digunakan untuk pengumpulan data berupa angket yang diisi oleh peserta melalui Google Form. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa peserta sangat setuju bahwa kegiatan PkM sangat bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan mitra di lapangan untuk mendukung inovasi pembelajaran berbantuan teknologi. Selain itu, peserta begitu bersemangat mengikuti kegiatan pelatihan dan meminta kegiatan pelatihan TIK dilakukan secara kontinu ke depan untuk peningkatan kompetensi guru mengimplementasikan TIK dalam pembelajaran. Temuan yang menarik bahwa sebanyak 56,5% peserta menganggap penggunaan fitur-fitur pada Google Classroom sebagai LMS mudah dipahami dan mudah digunakan dibandingkan dengan aplikasi Google lainnya yang telah diberikan saat pelatihan. Selanjutnya, sebagai bahan masukan bagi tim PkM bahwa perlu ada pelatihan lanjutan terkait aplikasi Google lainnya yang dianggap sulit bagi guru-guru sebagai peserta.
This Community Service (CS) activity aimed to conduct GSE-LMS integration training for Banjar Regency Middle School teachers. The CS implementation method consists of preparation, implementation of activities, mentoring, and evaluation of activities. The CS team prepared the GSE-LMS practicum module to be distributed to participants during training activities. This CS activity was carried out during two face-to-face meetings in June 2023. This CS activity was carried out in the computer laboratory of SMPN 2 Kertak Hanyar, Banjar Regency. Participants who attended were 20 teachers at SMPN 2 Kertak Hanyar. The activity evaluation instrument used for data collection was a questionnaire filled out by participants via Google Forms. The evaluation results showed that participants strongly agree that CS activities were very useful and by the needs of partners in the field to support technology-assisted learning innovation. Apart from that, participants were very enthusiastic about participating in training activities and asked that ICT training activities be carried out continuously to increase teacher competence in implementing ICT in learning. An interesting finding was that 56.5% of participants considered using the features in Google Classroom as an LMS easy to understand and use compared to other Google applications provided during training. Furthermore, as input for the CS team, there needs to be further training regarding other Google applications, which are considered difficult for the teachers as participants.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darmawati, D., Cahyadi, A., & Yaqin, H. (2023). Integrasi dan manfaat tik dalam dunia pendidikan. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3), 980–998.
Golu, A. A., Yuliatin, D., Inna, M., & Khery, Y. (2014). Respon mahasiswa pendidikan kimia terhadap pembelajaran kimia berbasis kearifan lokal dan kepariwisataan melalui pemanfaatan teknologi mobile. Ilmiah IKIP Mataram, 6(2), 86–89.
Hermanto, S. R., Polonia, B. S. E., Ravi, A., & ... (2023). Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan penulisan buku ajar bagi mgmp ipa smp. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 794–800.
Hidayah, N. (2020). Tantangan kebijakan pembelajaran jarak jauh di era pandemi covid-19. Jurnal Pencerahan, 14(2), 133–151.
Kemendikbudristek. (2022). guru memiliki email belajar.id. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.
Mardiana, T., & Wiyat Purnanto, A. (2017). Google form sebagai alternatif pembuatan latihan soal evaluasi. The 6th University Research Colloquium 2017 Universitas Muhammadiyah Magelang, 2, 1–6.
Marwanto, A. (2021). Pembelajaran pada anak sekolah dasar di masa pandemi covid 19. Jurnal Basicedu, 5(4), 2097–2105.
Parnabhakti, L., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Persepsi peserta didik pada media powerpoint dalam google classroom. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 18–25.
Purnamasari, E. S., & Kamal, M. C. (2021). Inovasi learning management system (lms) menggunakan google suite for education (gse) dalam pembelajaran jarak jauh bidang studi matematika siswa kelas ix di smp negeri 6 pekalongan. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 257.
Rivalina, R. (2015). Kompetensi teknologi informasi dan komunikasi guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Jurnal Teknodik, 4, 165–176.
Rivardi, G. S., & Aziz, R. Z. A. (2017). Media promosi pada pt. kereta api indonesia berbasis android. Semnas Iib Darmajaya, 178–186.
Rudi, H., & Fitria, S. (2021). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. AoEJ: Academy of Education Journal, 12(2), 254–261.
Sari, D. P., Sukmawati, R. A., Purba, H. S., Muhammad, D. M., & Azis, S. H. (2020). Pelatihan penggunaan google classroom untuk mengoptimalkan proses pembelajaran. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 56.
Sari, D. P., Sukmawati, R. A., Wiranda, N., Purba, H. S., & Rosyadi, I. (2021). Pelatihan penggunaan learning management system (lms) untuk peningkatan kompetensi pengajar dalam pengelolaan kelas online saat pandemi covid-19. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 205–210.
Sebastian, D., Chrismanto, A., & Saputra, L. (2022). Pemanfaatan g suite for education untuk meningkatkan efektivitas belajar mengajar dan kapasitas guru sma antonius rachmat laurentius kuncoro probo saputra. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada
Masyarakat, November, 100–105.
Talib, A., Suaedi, S., & Ilyas, M. (2021). Pembelajaran matematika berbasis google suite for education untuk meningkatkan kecakapan kolaboratif siswa. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 34.
Utami, R. (2019). Analisis respon mahasiswa terhadap penggunaan google classroom pada mata kuliah psikologi pembelajaran matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 498–502.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v6i1.10183
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |