Pelatihan Media Berbasis E-learning Menggunakan Kahoot! untuk Guru Fisika
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di beberapa sekolah di Banjarmasin, diketahui bahwa proses pembelajaran fisika jarang dikaitkan dengan penggunaan teknologi, seperti penggunaan media berbasis e-learning dalam pembelajaran. Oleh karena itu perlu pembekalan kepada guru fisika SMP/ SMA/sederajat tentang penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran, salah satunya penggunaan media berbasis e-learning menggunakan kahoot!. Tim pengabdian masyarakat melaksanakan kegiatan pelatihan dengan tujuan melatih penggunaan media berbasis e-learning menggunakan kahoot! dalam pembelajaran fisika. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan melalui metode demonstrasi dan praktik secara langsung membuat media pembelajaran menggunakan kahoot! . Kegiatan ini dihadiri oleh 17 orang guru fisika. Hasil akhir kegiatan pengabdian ini ialah dihasilkannya media berbasis e-learning menggunakan kahoot! dalam pembelajaran fisika. Media ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan minat peserta didik dalam belajar fisika.
Based on observation result in schools in Banjarmasin, physics learning seldom to utilize technology, such as e-learning-based media. Therefore, physics teachers in high school need to be supplied with technology utilization in the learning process. In this dedication to society, the supplied e-learning-based media to the teachers is Kahoot!. The team conducted training to exercise utilization of Kahoot! in physics learning. This program intends to produce e-learning-based media using Kahoot! and international in physics learning. Community service activities are carried out through demonstration methods and practices that directly create learning media using Kahoot!. This activity was attended by 17 physics teachers. The final result of this community service activity is the production of e-learning based media using Kahoot! in learning physics. This media can be used as an alternative to increasing students' interest in learning physics.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminoto, T., & Pathoni, H. (2014). Penerapan media e-learning berbasis schoology untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi usaha dan energi di kelas xi sma n 10 kota jambi. Jurnal Sainmatika, 8(1), 13–29.
Andriani, T. (2015). Sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Sosial Budaya: Media Komunikasi Ilmmu-Ilmu Sosial Dan Budaya, 12(1), 127–150.
Chodzirin, M. (2016). Pemanfaatan information and communication technology bagi pengembangan guru madrasah sub urban. DIMAS, 16(2), 309–332.
Dellos, R. (2015). Kahoot!! a digital game resource for learning. Instructional Technology, 49.
Hartini, S., Misbah, M., Dewantara, D., Oktovian, R. A., & Aisyah, N. (2017). Developing learning media using online prezi into materials about optical equipments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 313–317.
Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas penggunaan kahoot! untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(1), 95–104.
Izzati, M., & Kuswanto, H. (2019). Pengaruh model pembelajaran blanded learning berbantuan kahoot terhadap motivasi dan kemandirian siswa. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(2), 68–75.
Johns, K. (2015). Engaging and assessing students with technology: A review of Kahoot!! Delta Kappa Gamma Bulletin, 81(4), 89.
Lestari, I. D. (2018). Peranan guru dalam penggunaan media pembelajaran berbasis information and communication technology (ICT) di SDN RRI cisalak. Jurnal SAP, 3(2), 137–142.
Mahyuddin, R. S., Wati, M., & Misbah, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis zoomable presentation berbantuan software prezi pada pokok bahasan listrik dinamis di sman 1 simpang empat. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 229–240.
Maimunah, M., An’nur, S., & Misbah, M. (2016). Perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan media slide dan video edukasi pada pokok bahasan listrik dinamis di smp negeri 10 banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 82–90.
Ningrum, G. D. K. (2018). Studi penerapan media kuis interaktif berbasis game edukasi kahoot! terhadap hasil belajar mahasiswa. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(1), 22–27.
Plump, C. M., & LaRosa, J. (2017). Using Kahoot!! In the classroom to create engagement and active learning: A game-based technology solution for elearning novices. Management Teaching Review, 2(2), 151–158.
Usmeldi. (2015). Efektifitas penerapan media pembelajaran interaktif dengan software autorun untuk meningkatkan kompetensi fisika siswa SMK negeri padang. In Seminar Nasional Fisika dan Pembelajarannya (pp. 28–35).
Zainuddin, Z., Hasanah, A. R., Salam, M. A., Misbah, M., & Mahtari, S. (2019). Developing the interactive multimedia in physics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1171(1).
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v1i1.1779
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |