Pelatihan Pembuatan Media Interaktif White Board Animation untuk Guru Fisika
Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk membekali guru fisika agar dapat membuat media interaksi menggunakan white board animation dalam pembelajaran fisika. Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh 24 orang guru Fisika yang berasal dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian dilaksanakan dalam bentuk workshop pembuatan media interaktif menggunakan white board animation dengan tahapan diskusi dan praktik secara langsung. Hasil dari pengabdian ini para guru dapat membuat white board animation dalam berbagai materi fisika. Simpulan yang diperoleh yaitu kegiatan pengabdian berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat memotivasi guru dalam membuat media interaktif menggunakan white board animation dan dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Penggunaan media interaktif ini diharapkan membuat proses pembelajaran menjadi menarik sehingga dapat memotivasi siswa dalam belajar fisika.
This service aims to equip physics teachers to be able to create interactive media using white board animation in learning physics. This training activity was attended by 24 Physics teachers from various regions in South Kalimantan and Central Kalimantan. The method of implementing community service activities is carried out in the form of interactive media manufacturing workshops using white board animation with stages of discussion and hands-on practice. The results of this dedication teachers can make white board animation in various physics materials. The conclusion obtained is that service activities run smoothly and following the objectives to be achieved. This community service activity is expected to motivate teachers in making interactive media using white board animation and can be implemented in the learning process. The use of interactive media is expected to make the learning process interesting so that it can motivate students to learn physics.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, R. (2016). Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35–49.
Anindyas, P. G., Sudiarta, P. I. G. P., & Mertasari, N. M. S. (2015). Pengaruh penerapan blended learning berbasis whiteboard animation video terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas v sd lab undiksha. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 3(1).
Arthana, I. K. R., Tirtayani, L. A., Adnyani, K. E. E., & Mahayanti, N. W. S. (2018). Peningkatan kemampuan guru dalam mengembangkan media ajar berbasis videografis sebagai learning object pada sistem garsupati bagi guru sma dan smk kabupaten buleleng. Widya Laksana, 7(1), 31–40.
Bradford, L. E., & Bharadwaj, L. A. (2015). Whiteboard animation for knowledge mobilization: A test case from the slave river and delta, canada. International Journal of Circumpolar Health, 74(1), 28780.
Ceha, R., Prasetyaningsih, E., Bachtiar, I., & Nana, A. (2016). Peningkatan kemampuan guru dalam pemanfaatan teknologi informasi pada kegiatan pembelajaran (Vol. 4, pp. 131–138). Vol. 4, pp. 131–138.
Hartawan, I. G. N. Y., Sudiarta, I. G. P., & Waluyo, D. (2018). Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Whiteboardanimationvideo. Widya Laksana, 7(1), 9–17.
Hartini, S., Misbah, M., Dewantara, D., Oktovian, R. A., & Aisyah, N. (2017). Developing learning media using online prezi into materials about optical equipments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 313–317.
Mahyuddin, R. S., Wati, M., & Misbah, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis zoomable presentation berbantuan software prezi pada pokok bahasan listrik dinamis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2).
Maimunah, M., An’nur, S., & Misbah, M. (2016). Perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan media slide dan video edukasi pada pokok bahasan listrik dinamis di smp negeri 10 banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 82–90.
Minarni, M. (2016). Pemanfaatan media pembelajaran ilmu pengetahuan alam (ipa) berbasis video menggunakan aplikasi video scribe untuk anak kelas 2 sekolah dasar. Jurnal Penelitian Dosen FIKOM (UNDA), 5(1).
Rochmah, B. S. (2017). Penggunaan media videoscribe untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran. Jurnal Administrasi Perkantoran (Jpap, 5(2).
Sadiman, A. S., & dkk. (2008). Media pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudiarta, P. I. G. P., Sugiarta, I. M., & Si, M. (2015). Pengaruh penerapan blended learning berbasis whiteboard animation video terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas iv sd negeri 3 banjar jawa singaraja. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 3(1).
Türkay, S. (2016). The effects of whiteboard animations on retention and subjective experiences when learning advanced physics topics. Computers & Education, 98, 102–114.
Wijayanti, R., Hasan, B., Matematika, P., Pgri Bangkalan, S., & Timur, J. (2018). Efektifitas penggunaan media pembelajaran matematika berbasis whiteboard animation. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 2407–8840.
Yudha, S. F. A., Asrul., & Kamus, Z. (2016). Pembuatan bahan ajar fisika berbasis video menggunakan sparkol videoscribe untuk pembelajaran fisika siswa kelas X SMA. Pillar Of Physics Education, 8, 153–160.
Zainuddin, Z., Hasanah, A. R., Salam, M. A., Misbah, M., & Mahtari, S. (2019). Developing the interactive multimedia in physics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1171(1).
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v1i1.1782
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |