Pelatihan Penggunaan Google Classroom untuk Mengoptimalkan Proses Pembelajaran

Delsika Pramata Sari, R Ati Sukmawati, Harja Santana Purba, Dimas Maulana Muhammad, Syahril Hanla Azis

Abstract


Kualitas pendidikan sangat bergantung pada kualitas pembelajaran yang dilaksanakan guru di kelas. Optimalisasi proses pembelajaran dapat dilakukan dengan mengintegrasikan penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran. Oleh karena itu sangat penting melatihkan penggunaan google classroom kepada para guru. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pelatihan penggunaan google classroom untuk mengoptimalkan proses pembelajaran di SMK ISFI Banjarmasin, dan menghasilkan modul google classroom. Sasaran kegiatan ini adalah para guru SMK ISFI Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini, antara lain memberikan pelatihan pengetahuan mendasar mengenai penggunaan google classroom, memberikan gambaran pengalaman bagaimana penggunaan google classroom secara sistematis dalam pembelajaran, serta menghasilkan modul google classroom. Kegiatan ini menghasilkan modul google classroom yang digunakan oleh para guru dalam pelatihan. Selain itu, kegiatan ini berkontribusi meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru dalam penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran. Penggunaan google classroom diharapkan dapat membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan, sehingga berdampak positif terhadap hasil belajar siswa, serta meningkatkan kualitas kinerja guru.

 

The quality of education is very dependent on the quality of learning carried out by teachers in the classroom. The optimization of the learning process can be done by integrating the use of technology as a learning medium. Therefore it is very important to train the use of google classroom to teachers. Community service aims to provide training in using google classroom to optimize the learning process at SMK ISFI Banjarmasin and produce a google classroom module. The target of this activity is Banjarmasin ISFI Vocational School, teachers. The methods used in this activity include providing training in basic knowledge about using google classroom, providing an overview of experiences on how to use google classroom systematically in learning, and producing a google classroom module. This activity produces a google classroom module that is used by teachers in training. In addition, this activity contributes to increasing teacher knowledge and ability in using Google classroom as a learning medium. The use of google classroom is expected to make the learning process enjoyable so that it has a positive impact on student learning outcomes while improving the quality of teacher performance.


Keywords


pelatihan; google classroom

Full Text:

PDF

References


Aris, N., Erawaty, N., Massalesse, J., Sirajang, N., Wahda, K., & Jaya, A. K. (2019). Peningkatan kualitas pembelajaran matematika bagi guru sma melalui media google classroom dan geogebra. Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat, 3(2), 196–200.

Hidayat, W., & Sudibyo, N. A. (2018). Implementasi pembelajaran interaktif elektronika dasar menggunakan adobe flash cs6 pada kelas semu dengan google classroom berbasis framework rad. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 1(2), 17–24.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 119 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak jauh jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Mallon, D., Bersin, J., Howard, C., & O’Leonard, K. (2009). Learning management system 2009. U.S: Bersin & Associates.

Marcial, D. E. (2018). Mobile learning experiences in the philippine education setting using portable moodle. International Journal of Scientific Engineering and Science, 2(6), 1–6.

Sampebua, M. R. (2016). Rancang bangun smart school dengan sistem pembelajaran online studi kasus smp advent abepura papua. Seminar Nasional Matematika Dan Sistem Informasi, 1, 223–230. Uncen Press.

Savitri, D. I. (2019). Penggunaan pembelajaran 4.0 berbantuan aplikasi google classroom dan google form dalam mata kuliah ilmu sosial budaya dasar. Jurnal Borneo Saintek, 2(1), 20–25.

Sulaiman, A., & Dashti, A. (2018). Students’ satisfaction and factors in using mobile learning among college students in kuwait. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(7), 3181–3189.

Sulisworo, D. (2019). Teori dan praktek mobile collaborative learning. Yogyakarta: CV Markumi.

Syukur, I. A. (2014). Profesionalisme guru dalam mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi di kabupaten nganjuk. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(2).




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v1i2.1785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats