Bimbingan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Publikasi Hasil Penelitian Guru Matematika Kabupaten Banjar

Noor Fajriah, Sumartono Sumartono, Indah Budiarti, Muhammad Riza

Abstract


Guru sebagai seorang profesional dituntut beberapa kompetensi yang harus dikuasai, salah satunya melakukan penelitian. Hasil penelitian kebanyakan fokus pada proses pembelajaran, seperti penggunaan pendekatan atau model pembelajaran. Hal tersebut sangat menarik diketahui oleh guru secara luas untuk menambah pengetahuan pedagogik. Akan tetapi,  hasil penelitian digunakan untuk naik pangkat, disimpan di perpustakaan sekolah atau diseminarkan dalam kegiatan MGMP. Agar hasil penelitian tersebut tersebar luas maka tim pengabdian masyarakat melakukan bimbingan memperkenalkan artikel ilmiah untuk publikasi penelitian. Bimbingan ini bertujuan memberikan keterampilan bagi guru dalam mempublikasikan hasil penelitiannya. Guru yang diberikan bimbingan adalah guru MGMP SMP Kabupaten Banjar yang berjumlah 43 orang. Metode yang dilakukan dengan ceramah dan diskusi-informasi setelah itu dilakukan bimbingan secara virtual sebagai tindak lanjutnya. Respon guru terkait kegiatan pengabdian yaitu 95 % setuju materi yang diberikan memadai, 77% guru paham cara membuat artikel ilmiah yang baik, 77% guru paham pentingnya melakukan publikasi ilmiah dan 79% pengetahuan/keterampilan guru tersegarkan. Guru-guru yakin dapat mengimplementasikan keterampilan/pengetahuan yang didapat 70%, guru yang ragu-ragu untuk mengimplementasikan 14% dan guru yang tidak yakin dapat mengimplementasikan 16%. Keragu-raguan dan ketidakyakinan guru terjadi karena kekhawatiran tersitanya waktu karena mengerjakan tugas-tugas administratif lainnya. Sebagian besar peserta tertarik dan bersemangat dikarenakan materi yang diperoleh akan bermanfaat dalam mempublikasikan penelitian menjadi artikel ilmiah yang selanjutnya dapat dimasukkan ke dalam jurnal untuk mendukung kenaikan pangkat.

  

Teachers as professionals are required by several competencies to be mastered, one of which is conducting research. Most of the research results focus on the learning process, such as the use of learning approaches or models. It is exciting to be known by teachers widely to increase pedagogical knowledge. However, research results are used to be promoted, stored in school libraries, or held in a seminar in MGMP activities. So that the results of the research are widespread, the community service team guides to introduce scientific articles for research publications. This guidance aim is given teachers' skills to publicize the results of their research. The teacher who was given guidance was 43 teachers from the MGMP Junior High School of Banjar Regency. The method carried out with lectures and information-discussion after that is done virtually as follow-up guidance. Teacher responses related to devotion activities namely 95% agreed the material provided was adequate, 77% of teachers understood how to make good scientific articles, 77% of teachers understood the importance of conducting scientific publications and 79% of teacher's knowledge/skills were refreshed. Teachers believe they can implement the skills/knowledge gained 70%, teachers who are hesitant to implement 14% and teachers who are not sure they can implement 16%. Teachers' doubts and uncertainties occur because of fears of time wasting due to other administrative tasks. Most participants were interested and excited because the material obtained would be useful in publishing research into scientific articles, which could then be put in journals to support the promotion.


Keywords


artikel ilmiah; publikasi penelitian guru

Full Text:

PDF

References


Aina, M., Bambang, H., Retni, S. B., Afreni, H., & Sadikin, A. (2015). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru-guru SMA 8 Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 30(3), 29–32.

Denim, S. (2009). Profesionalisasi dan etika profesi guru. Bandung: Alfabeta.

Mustofa, M. (2007). Upaya pengembangan profesionalisme guru di indonesia. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 4(1), 76–88.

Nani, K. L., Hairun, H., & Hamid, I. (2017). Profil dan kompetensi guru matematika kota ternate dalam penulisan karya ilmiah. Jurnal Penelitian Humano, 8(2), 168–184.

Siswono, S. (2008). Program sertifikasi guru (antara tuntutan kesejahteraan dan kualitas. Tadris Jurnal Pendidikan, 2(2), 211–221.

Suganda, T. (2014). Teknik menulis artikel ilmiah dari laporan skripsi, laporan penelitian dan disertasi. Dari. Retrieved from http://www.researchgate.net/publication/262561789.

Suhadi, I. (2011). Isi dan format jurnal ilmiah. materi pelatihan nasional penulisan artikel ilmiah. Malang: JIP Malang.

Sukarno, S. (2017). Kendala dan upaya pengembangan keprofesian guru sekolah dasar melalui kegiatan penulisan karya ilmiah. Prosiding. Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 601–610.

Sumardjoko, B. (2017). Pemetaan kemampuan guru dalam penulisan karya ilmiah. Proceeding The 5 Th Urecol. UAD. Yogyakarta, 191–198.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v1i2.1790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats