Pedagogical Approach for Teaching English in Secondary School: What Counts?
Abstract
Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pelatihan untuk meningkatkan kreativitas guru dalam mengajar mata pelajaran Bahasa inggris di Kabupaten Tabalong. Diharapkan para guru dapat mengenal dan mengaplikasikan teknik mengajar bahasa Inggris yang lebih efektif, menyenangkan, dan modern. Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah guru-guru MGMP SMP mata pelajaran Bahasa Inggris di Kabupaten Tabalong yang berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode kualitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran dan mendeskripsikan kegiatan pelatihan tentang teknik mengajar Bahasa Inggris yang modern. Pada kegiatan Pengabdian ini ditemukan sebagian besar guru belum mengetahui teknik terbaru dalam pengajaran Bahasa Inggris. Jadi, pelaksanaan pelatihan dilakukan melalui penyampaian materi, diskusi, dan praktik. Materi yang disampaikan disesuaikan dengan program-program yang sesuai dengan silabus pada tiap sekolah. Materi tersebut berkaitan dengan perancangan dan teknik pengajaran yang diikuti oleh praktik pengajarannya. Dapat disimpulkan bahwa pelatihan ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas para guru dalam kegiatan belajar mengajar Bahasa Inggris di sekolah, khususnya di tingkat SMP.
This activity aims to deliver a short training to improve the creativity of junior high school teachers for teaching English in Tabalong District. It is expected that teachers can recognize and apply teaching techniques that are more effective, fun, and modern. The subjects of this activity are 30 junior high school teachers of English MGMP in the district of Tabalong. The method used in this community service is a qualitative method that aims to provide an overview and describe training on modern English teaching techniques. In this community service activity, it was found that most of the teachers did not know the latest techniques in teaching English. As a result, the training was carried out through the delivery of material, discussion, and practice. The material presented was adjusted to the programs which fit the syllabus in each school. The material was related to design and teaching techniques, followed by the teaching practice. It can be concluded that this short training is one way to improve teachers' innovation and creativity in teaching and to learn English, especially in junior high school level.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, E. (2019). Upaya meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menerapkan proses pembelajaran berbasis pendekatan saintifik melalui supervisi kunjungan kelas di SMPN 18 Dumai. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran, 3(4), 859–869.
Andriawati, E., & Budi, B. (2013). Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(10).
Balqis, P, Ibrahim, N. U., & Ibrahim, S. (2014). Kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada SMPN 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 2(1).
Eriawati. (2017). Kompetensi pedagogik mahasiswa program studi pendidikan biologi FTK UIN Ar-Raniry. Conference Proceedings – ARICIS I |, 101–108.
Habibullah, A. (2012). Kompetensi pedagogik guru. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 10(3).
Haryono. (2017). Kompetensi Pedagogik guru profesional di Sekolah Dasar Gugus Yudhistira Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri. Surakarta: Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Indarti, N. (2014). Upaya Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui metode pembelajaran discovery pada pembelajaran IPA kelas iv SDN Gawanan 02 Colomadu tahun 2013/2014. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kartika, N. I. (2016). Kompetensi pedagogik guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran di SD Negeri Danaraja 02 Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. Universitas Negeri Semarang.
Purnamawati, W., & Kustiawang, A. (2018). Implementasi kompetensi profesional guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Journal of Management Review, 2(3), 261.
Rusnawati, R. (2015). Kompetensi pedagogik guru dalam memotivasi minat belajar siswa pada SMAN 1 Leupung. Intelektualita, 3(1).
Sadulloh, U. (2011). Pedagogi (Ilmu Mendidik. Bandung: Alfabeta.
Sudarsana, I. K. (2018). Pengaruh model pembeajaran kooperatif. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 20–31.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v2i1.1792
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |