The Design of English Syllabus and Material

Noor Eka Chandra, Rina Listia, Elsa Rosalina

Abstract


Tujuan kegiatan ini ialah meningkatkan kemampuan guru membuat RPP berbasis keterampilan, agar RPP yang dihasilkan menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam menunjang proses pembelajaran di kelas. Sasaran kegiatan ini adalah guru-guru MGMP Bahasa Inggris SMK di kota Banjarbaru yang berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode kualitatif berupa pemaparan teori–teori kemudian dilanjutkan dengan pengaplikasian teori tersebut. Adapun hasil dari pengabdian ini ialah adadanya wawasan baru bagi para guru dalam membuat RPP yang baik, benar, kreatif dan sesuai dengan kurikulum dan silabus SMK. Kegiatan ini juga menjadi sarana meningkatkan kemampuan guru dalam berkreasi membuat dan mendesain perangkat pembelajaran sendiri. Pelatihan ini juga mengajarkan guru–guru cara mendesain materi yang berkaitan dengan dunia nyata sehingga para siswa dapat menerapkan materi ajar yang diperoleh dalam kesehariannya.

 

This activity aims to improve teachers' ability to make skills-based lesson plans so that the resulting lesson plans become more creative and innovative in supporting the learning process in the classroom. This activity target is MGMP English Vocational teachers in the city of Banjarbaru, totaling 30 people. The method used in this service is qualitative in the form of exposure to theories, then proceeding with the theory's application. This dedication is the existence of new insights for teachers in making lesson plans that are good, correct, creative, and following the curriculum and syllabus of SMK. This activity is also a means to improve teachers' ability to be creative in making and designing their learning tools. This training teaches teachers how to create material related to the real world so that students can apply teaching material obtained in their daily lives.

 


Keywords


Penyusunan; rencana pembelajaran; keterampilan

Full Text:

PDF

References


Ahmad, E. (2019). Upaya meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menerapkan proses pembelajaran berbasis pendekatan saintifik melalui supervisi kunjungan kelas di SMPN 18 Dumai. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran, 3(4), 859–869.

Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian rencana pelaksanaan pembelajaran dan proses pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 55–65.

Astawa, I. B. M. (2017). Memahami kewajiban guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP. Media Komunikasi Geografi, 16(1).

Eriawati. (2017). Kompetensi pedagogik mahasiswa program studi pendidikan biologi FTK UIN Ar-Raniry. Conference Proceedings – ARICIS I |, 101–108.

Febrina, F., Hajidin, H., & Mahmud, M. (2016). Kompetensi guru dalam perencanaan pembelajaran di SDN 2 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1).

Hamalik, U. (2011). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryono. (2017). Kompetensi Pedagogik guru profesional di Sekolah Dasar Gugus Yudhistira Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri. Surakarta: Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kunandar. (2011). Guru profesional (Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan dan sukses dalam sertifikasi guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ni’mah, U. (2012). Pengaruh penerapan rencana pelaksanaan pembelajaran terhadap hasil belajar fiqih di madrasah tsanawiyah bahrul ulum kecamatan ukui kabupaten pelalawan. Pekanbaru: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Sa’bani, F. (2017). Peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP melalui kegiatan pelatihan pada MTs Muhammadiyah Wonosari. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(1), 13–22.

Suprihatiningrum, J. (2012). Srategi Pembelajaran. Yogyakarta: A-Ruzz Media.

Wahyuni, S., Ibrahim, A., & S. (2012). Perencanaan pembelajaran bahasa berkarakter. Malang: Refika Aditama.

Wikanengsih, W., Nofiyanti, N., Ismayani, M., & Permana, I. (2015). Analisis rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mata pelajaran bahasa indonesia (Studi terhadap RPP yang disusun guru bahasa indonesia tingkat SMP di Kota Cimahi. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 106–119.

Zendrato, J. (2016). Tingkat penerapan rencana pelaksanaan pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas suatu studi kasus di SMA Dian Harapan Jakarta. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 58.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v2i1.1793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats