Bimbingan Teknis Pembuatan Game Edukatif sebagai Media Pembelajaran di Tingkat PAUD

Reski P, Sigit Ruswinarsih

Abstract


Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan pemahaman Kepala Sekolah PAUD dalam pembuatan media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Tema pengabdian yang dipilih adalah game edukatif sebagai media pembelajaran. Dari beberapa metode pengabdian maka dipilih metode pengabdian partisipatif. Kegiatan pengabdian berupa pembelajaran dilakukan pada tanggal 9 November 2019 dengan jumlah keseluruhan peserta 34 orang. Kegiatan pengabdian berupa pembelajaran dilakukan oleh tim pelaksana bersama dengan para Kepala Sekolah PAUD yang tergabung di Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3 PAUD) di Alalak Kabupaten Barito Kuala. Kegiatan dilakukan dengan tahapan dimulai dari tahap persiapan, dan tahap pelaksanaan yang mencakup pemaparan materi dan pembuatan game edukatif. Hasil yang diperoleh adalah bahwa pelaksanan Bimbingan Teknis berlangsung lancar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh tim pelaksana telah berhasil mencapai tujuan yaitu para peserta bimbingan teknik di Alalak Kabupaten Barito Kuala tersebut mengalami peningkatan pengetahuan dan keterampilan tentang pembuatan game edukatif sebagai media pembelajaran yang menarik bagi anak-anak PAUD. Para peserta Bimbingan Teknis terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan pembuatan game edukatif dengan mampu membuat game edukatif mengenal buah dan angka.


This service aims to increase the understanding of the Principal of PAUD in making learning media interesting for students. The chosen theme of service is educational games as learning media. Of the several methods of service, the method of participatory service chosen. Community service activities took place on November 9, 2019, with a total of 34 participants. Service activities in the form of learning are carried out by the implementing team and the Principals of PAUD Schools. They are members of the School Principal Work Group (K3 PAUD) in Alalak, Barito Kuala Regency. The activity is carried out with stages starting from the preparation stage and the implementation stage, including the presentation of material and making educational games. The results obtained are that the implementation of Technical Guidance takes place smoothly. This activity has succeeded in achieving the goal that the technical guidance participants in Alalak Barito Kuala Regency have increased knowledge and skills about making educational games as an exciting learning medium for PAUD children. The Technical Guidance participants seemed enthusiastic in participating in the activities of creating educational games by being able to make educational games to recognize fruit and numbers.

 

Keywords


Bimbingan teknis; media pembelajaran; game edukatif

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, F. . (2018). Media literasi sekolah. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Darmadi. (2018). Asyiknya belajar sambil bermain (menelisik nilai-nilai permainan edukatif dan manfaatnya dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan). Bogor: Guapedia.

Haeruddin. (2016). Membangun media presentasi & game quis berbasis flash. Sleman: Deepublish.

Hartini, S., Misbah, M., Dewantara, D., Oktovian, R. A., & Aisyah, N. (2017). Developing learning media using online prezi into materials about optical equipments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 313–317.

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan media pembelajaran anak usia dini. Malang: Anggota IKAPI.

Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran. An-Nida’, 37(1), 27–34.

Mahyuddin, R. S., Wati, M., & Misbah, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Zoomable Presentation Berbantuan Software Prezi pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 229–240.

Maimunah, M., An’nur, S., & Misbah, M. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Yang Menggunakan Media Slide Dan Vieo Edukasi Pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis Di SMP Negeri 10 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 82–91.

Muis, A. (2019). Konsep dan strategi pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Yogyakarta: Laksana.

NA, R. A. (2014). Game edukasi pengenalan warna sebagai media-pembelajaran anak usia prasekolah berbasis android. Jurnal Teknik Elektro, 6(1), 30.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. SMISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist Yari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Rahman, R. A., & Tresnawati, D. (2016). Pengembangan game edukasi pengenalan nama hewan dan habitatnya dalam 3 bahasa sebagai media pembelajaran berbasis multimedia. Jurnal Algoritma, 13(1), 184–190.

Rohman, N., & Mulyanto, B. (2010). Membangun aplikasi game edukatif sebagai media belajar anak-anak. Jurnal Computech & Bisnis, 4(1), 53–58.

Susanto, A. (2016). Konsep strategi dan implementasi: Manajemen peningkatan kinerja guru. Depok: Prenada Media Group.

Suyidno, S., Zainuddin, Z., Misbah, M., Salam, A., Mastuang, M., Sasmita, F. D., & Ramadhan, R. (2019). Pelatihan media berbasis e-learning menggunakan kahoot! untuk guru fisika. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 9–14.

Vitianingsih, A. V. (2017). Game edukasi sebagai media pembelajaran pendidikan anak usia dini. Inform: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(1).

Wati, M., Zainuddin, Z., Misbah, M., Salam, A., Hartini, S., & Dewantara, D. (2019). Pelatihan pembuatan media interaktif white board animation untuk guru fisika. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 21–28.

Zainuddin, Z., Hasanah, A. R., Salam, M. A., Misbah, M., & Mahtari, S. (2019). Developing the interactive multimedia in physics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1171(1).




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v2i1.1796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats