Pembuatan Instrumen Supervisi di Kelompok Kerja Kepala Sekolah PAUD (K3PAUD) Alalak di TK Anak Beruntung

Chresty Anggreani, Novitawati Novitawati

Abstract


Salah satu upaya peningkatan kualitas pembelajaran guru di kelas dilakukan melalui sebuah supervisi. Salah tugas kepala sekolah yaitu sebagai supervisor. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepala sekolah dalam membuat instrumen supervisi dan menganalisis hasil supervisi. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 29 November 2019 yang diikuti sebanyak 34 orang peserta. Untuk mencapai tujuan tersebut maka metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, praktek langsung. Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui dua tahapan yaitu: tahap pertama berupa pembekalan peserta secara teoritis mengenai konsep supervisi dan tahap kedua  berupa praktik membuat instrumen supervisi. Produk yang dihasilkan dari pengabdian ini berupa instrumen supervisi pembelajaran. Hasil dari kegiatan ini menujukan adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman berdasarkan hasil pretest dan posttest yang menunjukan rata-rata skor peserta sebesar 49,4 dan 82,3 dengan persentase peningkatan sebesar 65%. Hal ini menunjukan bahwa bimbingan teknis pembuatan instrumen supervisi untuk kepala sekolah PAUD yang diberikan memberikan manfaat bagi peningkatan pengetahuan dan pemahaman kepala sekolah di kelompok kerja kepala sekolah (K3 PAUD) di Kecamatan Alalak, Barito Kuala tentang cara-cara membuat instrumen supervisi dalam pembelajaran di PAUD.

 

One effort to improve the quality of teacher learning in class made through supervision. One of the headmaster tasks is as a supervisor. Community service aims to increase the headmaster's knowledge and understanding in making supervision instruments and analyzing the supervision results. To achieve these objectives, the methods used are lectures, questions, and answers, direct practice. This dedication activity carried out through two stages: the first stage is in the form of briefing participants theoretically about the concept of supervision, and the second stage is the practice of making supervision instruments. The products produced from community service implemented in the form of learning supervision instruments. The community service results aimed at increasing knowledge and understanding based on the results of the pretest and posttest, which showed an average score of participants of 49.4 and 82.3 with a percentage increase of 65%. This indicates that the technical guidance of making supervision instruments for kindergarten principals provided benefits for increasing the knowledge and understanding of principals in kindergarten headmaster's association in Alalak Barito Kuala about ways to make supervision instruments in learning in Kindergarten.


Keywords


Supervisi; instrument; PAUD

Full Text:

PDF

References


Budi, B. (2018). Peningkatan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran melalui supervisi KBM. Jurnal Pena EdukasI, 5(1), 9-16.

Daryanto & Rachmawati, T. (2015). Supervisi pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Hartono, H. (2019). Supervisi berkala dalam upaya meningkatkan pengelolaan lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) se Kecamatan Driyorejo Tahun 2018. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 19(1).

Jasmani, A., & Mustofa, S. (2013). Supervisi Pendidikan terobosan baru dalam peningkatan kinerja pengawas sekolah dan guru. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Kristiawan, M., Yuniarsih, Y., Fitria, H., & Refika, N. (2019). Supervisi pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Kurniawan, D., Dwikurnaningsih, Y., & Sulasmono, B. S. (2018). Evaluasi program supervisi akademik di PAUD swasta. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 107-123.

Maralih, M. (2017). Peranan supervisi dalam peningkatan kualitas pendidikan. Qathruna, 1(01), 179–192.

Marmoah, S. (2016). Administrasi dan supervisi pendidikan teori dan praktek. Deepublish.

Mashudi, F. (2018). Panduan evaluasi & supervisi bimbingan dan konseling.

Modjo, U. (2018). Model supervisi pembelajaran molitâ€tm o PAUD. Jurnal Ilmiah Visi, 13(1), 61–66.

Mulyasana, D. (2011). Pendidikan bermutu dan berdaya saing. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saputra, Y. M. (2012). Supervisi pembelajaran untuk meningkatkan kinerja guru pendidikan jasmani. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(5).




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v2i1.1800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats