Sosialisasi Penggunaan Handphone dan Media Sosial yang Bijak pada Siswa SMPN 3 Belimbing Baru Kabupaten Banjar

Yusuf Hidayat, Syahlan Mattiro

Abstract


Penggunaan handphone dan media sosial sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Namun, bagi para remaja yang secara emosional masih labil, penggunaan media ini secara tidak bijak dapat berakibat negatif terhadap kehidupan sosialnya. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para remaja tentang dampak positif dan negatif penggunaan handphone dan media sosial. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan tiga bentuk kegiatan yaitu (1) menonton video, (2) ceramah, dan (3) diskusi tentang dampak negatif penggunaan handphone dan media sosial serta pentingnya perilaku bijak dalam penggunaannya. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di sekolah SMPN 13 Belimbing Baru, Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Banjar.  Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa siswa SMPN 13 Belimbing Baru antusias mengikuti kegiatan sosialisasi ini dan ada peningkatan pengetahuan tentang dampak positif dan negatif penggunaan handphone dan media sosial serta memahami tentang pentingnya penggunaan handphone dan media sosial dengan bijak.

 

The use of cell phones and social media is beneficial in everyday life. However, for adolescents who are still emotionally unstable, the use of this media unwise can have a negative impact on their social life. This service activity aims to provide an understanding to teenagers about the positive and negative impacts of using cellphones and social media. This community service activity is carried out in three forms, namely (1) watching videos, (2) lecturing, and (3) discussion about the negative impact of using cellphones and social media and the importance of wise behaviour in their use. This service activity was carried out at the school of SMPN 13 Belimbing Baru, Sungai Pinang District, Banjar Regency. The results of the implementation of the activity showed that students of SMPN 13 Belimbing Baru were enthusiastic about participating in this socialization activity, and there was an increase in knowledge about the positive and negative impacts of using cellphones and social media as well as understanding the importance of using cellphones and social media wisely.

 


Keywords


Anak Remaja; Handphone; Media Sosial; Sosialisasi

Full Text:

PDF

References


Ainiyah, N. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221-236.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di indonesia. Jurnal PUBLICIANA, 9(1), 140-157.

Dalyono, M. (1997). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Danim, S. (2010). Perkembangan peserta didik, Bandung: Alfa Beta

Felita, P., Siahaja, C., Wijaya, V., Melisa, G., Chandra, M., & Dahesihsari, R. (2016). Pemakaian media sosial dan self concept pada remaja. Manasa-Old, 5(1), 30-41.

Fitri, S. (2017). Dampak positif dan negatif sosial media terhadap perubahan sosial anak: dampak positif dan negatif sosial media terhadap perubahan sosial anak. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 118-123.

Hasanah, N., & Kumalasari, D. (2015). Penggunaan handphone dan hubungan teman pada perilaku sosial siswa smp muhammadiyah luwuk sulawesi tengah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 55-70.

Masruri, M. (2011). Negative learning. Solo: Era Adicitra

Santrock, J. W. (2011). Psikologi Pendidikan (Educational Psychology) diterjemahkan oleh Diana Angelica. Jakarta: Salemba Empat

Sembiring, K. D. R. (2017). Hubungan antara kesepian dan kecenderungan narsisistik pada pengguna jejaring sosial media instagram. Jurnal Psikologi, 16(2), 147-154.

Tribun News.com, 19 Juni 2019




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i1.1805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats