Pelatihan Pembuatan Busy Book Berbahan Flannel pada Guru TK Al-Ghaffar Desa Mulyoagung Kecamatan Dau
Abstract
TK Islam Al-Ghaffar adalah salah satu TK yang berada di Desa Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang Jawa Timur, terbatasnya APE yang ada disekolah menjadikan permasalahan tersendiri dalam proses belajar mengajar, sehingga siswa kerap kali diajarkan dengan menggunakan buku paket yang telah di sediakan oleh sekolah. Hal ini menyebabkan siswa kurang antusias dalam mempelajari hal baru karena dianggap kurang menarik dan menyenangkan. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan wawasan dan pelatihan pembuatan Busy Book sebagai media pembelajaran yang sesuai dengan topik dan usia anak TK. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah: pertama, Pemberian pengetahuan dan wawasan tentang pentingnya media dan penerapannya dalam proses belajar mengajar. Kedua, pengenalan Busy Book sebagai media pembelajaran yang dapat diterapkan dalam kelas, dan yang terakhir workshop pembuatan Busy Book beserta penentuan langkah-langkah pembelajaran dalam kelas. Hasil dari kegiatan ini adalah guru memiliki wawasan tentang pentingnya media pembelajaran bagi siswa sesuai dengan usianya. Kedua, guru juga mampu membuat dan mengembangkan ide mereka menjadi sebuah kegiatan siswa berdasarkan tema dalam Busy Book. Dari hasil evaluasi pada akhir kegiatan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan abdimas berjalan dengan lancar dan sukses, semua peserta mengikuti kegiatan dengan baik sampai kegiatan berakhir.
TK Islam Al-Ghaffar is a school located in Mulyoagung, Dau, Malang, East Java, Indonesia. Limited media is the main problem in the teaching-learning process. Teachers ever use the package book in teaching their students so that the students think that the process of learning was not fun, and they cannot enjoy, were not enthusiastic in learning new things. This community service aimed was to train teachers in making Busy Book as media, and the contents were suited to the topic and the students’ age. The method applied in this community service were; first, introduce the teachers the importance of media in the teaching-learning process. Second, introduce Busy Book as a media in teaching young learners, and the last is a workshop in making Busy Book and the way in teaching. The result of this activity is that the teachers had insight into the importance of learning media based on their age. Besides, teachers were also able to make and develop their ideas into Busy Book or student activities based on a theme. From the results of the evaluation at the end of the activity, it can be concluded that the community service went smoothly and successfully. It can be indicated that all participants followed the whole activity.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amaris, D. U., Rakimahwati, & Marlina, S. (2018). Pengaruh media busy book terhadap kemampuan berhitung anak usia dini di taman kanak-kanak fadhilah amal 3 padang. Jurnal Usia Dini, 4(2), 8–17. https://doi.org/10.21009/jiv.1401.6
Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of clap hand games for optimalize cogtivite aspects in early childhood education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76
Knauer, H. A., Jakiela, P., Ozier, O., Aboud, F., & Fernald, L. C. H. (2020). Enhancing young children’s language acquisition through parent–child book-sharing: A randomized trial in rural Kenya. Early Childhood Research Quarterly, 50, 179–190. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2019.01.002
Lela, N. (2018). Pengembangan media pembelajaran busy book dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini di play group islam bina balita way hhalim bandar lampung tahun ajaran 2017/2018. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Skripsi. https://doi.org/10.1542/peds.2006-2099
Mufarizuddin, M. (2017). Peningkatan Kecerdasaan Logika Matematika anak melalui bermain kartu angka kelompok b di tk pembina bangkinang kota. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 62. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.32
Mufliharsi, R. (2017). Pemanfaatan busy book pada kosakata anak usia dini di PAUD Swadaya PKK. Metamorfosa Journal, 5(2), 146–155. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Nuraeni, N. (2014). Strategi pembelajaran untuk anak usia dini. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 2(2), 143–153.
Pinyoanuntapong, S. (2013). The development of thai early childhood education curriculum to promote desirable characteristics of preschool children. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 88, 321–327. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.08.512
Safitri, D., Afifulloh, M., & Anggraheni, I. (2019). Penggunaan media busy book untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok b1 di ra panglima sudirman sumbersekar dau malang. Dewantara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, I(2). Retrieved from https://www.mendeley.com/catalogue/thufuli-jurnal-pendidikan-islam-anak-usia-dini-volume-i-nomor-1-tahun-2019-eissn/
Yulianto, T. (2018). Efektifitas media pembelajaran busy book terhadap kemampuan motorik halus anak dengan hambatan majemuk kelas x di SLB Negeri 1 Bantul. Jurnal Widia Ortodidaktika, 7, 748–763.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v2i2.2109
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |