Sosialisasi Model Pembelajaran Double Critical Technology Society MGMP IPA SMP dan SMA Rayon III Kabupaten Kapuas Hulu

Handi Darmawan, Ivan Eldes Dafrita, Eka Trisianawaty, Mustika Sari, Henny Sulistiany, Nawawi Nawawi

Abstract


Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru tentang implementasi model Double Critical Technology Society (DCTS) pada pembelajaran IPA. Sasaran kegiatan ini adalah guru-guru IPA SMP dan SMA yang berada pada wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, yang berjumlah 60 orang.  Kegiatan ini dilakukan dengan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab.  Materi sosialisasi terdiri dari pembelajaran IPA, pembelajaran berbasis konstruktivisme, serta pembelajarn IPA menggunakan model DCTS.  Berdasarkan hasil sosialisasi yang dilaksanakan menunjukkan peningkatan pengetahuan dan pemahaman peserta tentang implementasi pembelajarn IPA berbasis Konstruktivisme menggunakan model DCTS. Selain itu kegiatan berjalan lancar dan besarnya antusias peserta terhadap kegiatan ini. Melalui kegiatan sosialisasi ini peserta dapat menggunakan model DCTS sebagai sebuah strategi pembelajaran IPA di kelas.

This community service activity aims to increase teachers' understanding of the implementation of the Double Critical Technology Society (DCTS) model in science learning. The target of this activity is the science teachers of SMP and SMA in the Kapuas Hulu district, totalling 60 people. This activity is carried out through lectures, discussions, and questions and answers. The socialization materials consisted of science learning, constructivism-based learning, and science learning using the DCTS model. Based on the results of the socialization carried out, it showed an increase in participants' knowledge and understanding of the implementation of constructivism-based science learning using the DCTS model. Also, the activity ran smoothly, and the participants were enthusiastic about this activity. Through this socialization activity, participants can use the DCTS model as a science learning strategy in the classroom.


Keywords


sosialisasi; konstruktivisme; Double Critical Technology Society

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A., & Elisah, T. (2012). Strategi pembelajaran sekolah terpadu. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Dafrita, I. E., & Fuzita, M. (2020). Analisis Kelayakan Model Double Critical Technology Society (DCTS) Pada Mata Pelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA Dan TEKNOLOGI II, 1(1), 380–388.

Darmawan, H. (2016). Pengaruh pembelajaran berbasis teknologi informasi menggunakan media sobotta anatomy learning terhadap hasil belajar biologi mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 5(1), 40–50.

Depdiknas. (2007). Kajian kebijakan kurikulum mata pelajaran IPA. Jakarta: Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional.

Dimyati, D., & Mudjiono, M. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mumpuni, K. E. (2013). Potensi pendidikan keunggulan lokal berbasis karakter dalam pembelajaran biologi di indonesia. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 10(2), 73–79.

Nawawi, N., Dafrita, I. E., Trisianawati, E., Sari, M., & Sulistiany, H. D. (2019). Pelatihan dan pendampingan pembuatan media berbasis macromedia flash bagi guru AGSI PGRI Kalbar dan MGMP IPA Kabupaten Bengkayang. Buletin Al-Ribaath, 17(1), 1–5.

Putra, P. (2018). Penerapan pendekatan inkuiri pada mata pelajaran IPA untuk mengembangkan karakter siswa di SDN 01 Kota Bangun. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 28–47.

Rohida, L. (2018). Pengaruh era revolusi industri 4.0 terhadap kompetensi sumber daya manusia. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 6, 114–136.

Rustaman, N., Dirdjosoemarto, S., Yudianto, S. A., Achmad, Y., Subekti, R., Rochintaniawati, D., & Nurjhani, M. (2005). Strategi belajar mengajar biologi. Malang: UM Press.

Syah, M. (2011). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2011). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wardoyo, S. M. (2013). Pembelajaran konstruktivisme. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, R. (2012). Pengaruh pembelajaran berbasis inkuiri dalam kegiatan laboratorium terhadap motivasi belajar dan ketrampilan berpikir peserta didik SMP (Tesis tidak dipublikasikan. Yogyakarta: Program Pascasarjana UNY.

Zulkarnain, I., Suryaningsih, Y., Noorbaiti, R., & Rahadian, L. N. N. R. (2020). Bimbingan penyusunan perangkat pembelajaran 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, And Creativity) bagi guru peserta MGMP Matematika SMA Kota Banjarmasin. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 37–44.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v2i2.2134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats