Membangkitkan Ekonomi Rakyat Secara Berjamaah Melalui Koperasi
Abstract
Program Kemitraan Masyarakat (PKM) kewirausahaan berupa sosialisasi koperasi syariah 212 di Kota Banjarbaru. 212 Mart adalah merek minimarket Koperasi Syariah 212. Tujuan dari sosialisasi ini ialah untuk menambah anggota koperasi Syariah 212. Berdasarkan hasil sosialisasi, diperoleh bahwa anggota Koperasi Syariah 212 Amanah Idaman Banjarbaru bertambah 90 orang, semula anggotanya hanya 44 orang pada bulan Februari 2019 hingga 7 Juli 2020 sudah mencapai 134 orang. Dengan total simpanan mencapai 300 juta lebih. Hal ini menunjukkan hanya sebagian masyarakat yang tahu bahwa koperasi adalah usaha berjamaah dengan modal kecil untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.
Entrepreneurship Community Partnership Program in the form of socialization of 212 sharia cooperatives in Banjarbaru City. 212 Mart is a brand of Koperasi Syariah 212 minimarket. The purpose of this outreach is to increase members of the Koperasi Syariah 212. Based on the socialisation results, it was found that the members of the Koperasi Syariah 212 Amanah Idaman Banjarbaru increased by 90, initially 44 members in February 2019 to 7 July 2020 reached 134 people. With a total savings of more than 300 million. This shows that only a part of the community knows that a cooperative is a joint venture with small capital to improve its economy.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Destarini, F., & Prambudi, B. (2020). Pengaruh produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada konsumen 212 mart condet batu ampar. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(1), 58–66.
Gunawarman, I. P., & Ratnasari, R. T. (2020). Faktor yang mempengaruhi konsumen untuk memilih 212 mart surabaya sebagai tempat untuk berbelanja. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 7(1), 50.
Hadi, M. P. (2008). Analisis manajemen strategi dan sistem tanggung renteng dalam meningkatkan sistem pengendalian intern dan kinerja koperasi di provinsi jawa timur. DIE ± Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen, 5(1), 1–74. Hafizah, Y. (2020). Gerakan ekonomi islam kontemporer: studi terhadap perkembangan mitra koperasi syariah 212 di kalimantan selatan. At-Taradhi: Jurnal Studi Ekonomi, XI(01), 1–17.
Koperasi Syari’ah 212. (2017). Retrieved from koperasisyariah212.co.id/koperasi-syariah-212
Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis pengaruh harga, promosi, kepercayaan dan karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen pada 212 mart di kota medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199.
Ningsih, N., Isnaini, F., Handayani, N., & Neneng, N. (2017). Pengembangan sistem perhitungan shu (sisa hasil usaha) untuk meningkatkan penghasilan anggota pada koperasi manunggal karya. Jurnal Tekno Kompak, 11(1), 10–13.
Ramdhani, R., Rodiyah, R., & Mardiyansyah, M. (2020). Brand Image 212 mart dalam meningkatkan penjualan produk perspektif manajemen dakwah. DAWUH : Islamic Communication Journal, 1(2), 40–48. R
Sasongko, A. T., Purnamadewi, Y. L., & Mulatsih, S. (2014). Analisis keunggulan komparatif dan faktor yang mempengaruhi Kinerja Koperasi Di Pulau Jawa. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Pembangunan, 6(2), 90–106.
Sullivan, A. O., & Sheffrin, S. M. (2003). Economic principles, applications and tools. Human Behaviour,Seventh Ed. Retrieved from http://www.gbv.de/dms/zbw/640430643.pdf
Sutar. (2012). Membangun kewirausahaan koperasi melalui manajemen koperasi. EKOBIS, Ekonomi Bisnis Dan Manajemen, 1(6).
Widiastuti. (2009). Tanggung jawab pengurus koperasi simpan pinjam berbadan hukum terhadap penyimpan dana. VIII(2), 79–92.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i1.2159
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |