Sosialisasi Strategi Pemasaran Berbasis Online pada Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Marliza Noor Hayatie, Muhammad Shapiq Gautama, Widiya Astuti Alam Sur

Abstract


Program pengabdian ini bertujuan agar masyarakat dapat membuka usaha bisnis online secara mandiri sehingga bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Selain itu, program ini memberikan keterampilan kepada masyarakat berupa pelatihan penggunaan internet dan sosial media. Metode yang digunakan dalam kegitatan ini dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang strategi dalam memasarkan produk secara online. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Kayu Abang Kecamatan Tambang Ulang Kabupaten Tanah Laut. Peserta kegiatan ini adalah para remaja usia produktif dengan jumlah sekitar 20 orang. Hasil yang didapatkan dalam program pendampingan ini adalah para remaja memiliki keterampilan memasarkan produk yang dijual secara online melalui media sosial. 

 

This service program aims to enable people to open online business businesses independently to get additional income. Also, this program provides skills to the community in the form of training on the use of the internet and social media. The method used in this activity is by providing outreach to the public about strategies in marketing products online. This activity was carried out in Kayu Abang Village, Re-Mining District, Tanah Laut Regency. Participants of this activity are teenagers of productive age with a total of about 20 people. The results obtained in this mentoring program are that teenagers have the skills to market products that are sold online through social media.

 

 


Keywords


Penjualan Online; Strategi Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Ahmad, N. S., Bakar, S. A., & Musa, R. (2017). Exploring the roles of Social Media Content Marketing (SMCM) towards Return on Investment (ROI): A conceptual paper. Pertanika Journa of Social Sciences and Humanities, 25, 261–268.

Arifah, F. N. (2015). Analisis sosial media sebagai strategi marketing dalam bisnis online. Jurnal Transformasi, 11(2).

Asse, R. A. A. (2018). Strategi pemasaran online (studi kasus facebook marketing warunk bakso mas cingkrank di Makassar. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi.

Dahnil, M. I., Marzuki, K. M., Langgat, J., & Fabeil, N. F. (2014). Factors influencing SMEs adoption of social media marketing. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 148, 119–126.

El-Gohary, H. (2010). E-Marketing-A literature Review from a Small Businesses perspective. International Journal of Business and Social Science, 1(1).

Goh, T. H., & Sunny, H. K. (2005). Khoo, Marketing Wise. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.

Knight, G. (2000). Entrepreneurship and marketing strategy: The SME under globalization. Journal of International Marketing, 8(2), 12–32.

Kotler, P., Armstrong, G., Ang, S. H., Leong, S. M., Tan, C. T., & Ho-Ming, O. (2012). Principles of marketing: an Asian perspective. In Pearson/Prentice-Hall.

Lestari, E. P. (2011). Pemasaran Strategik (Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Maulida, U. (2021). Akselarasi bisnis online berbasis instagram. Madani Syari’ah, 4(1), 53–66.

Mohammed, R. A., Fisher, R. J., Jawroski, B. J., & Paddison, G. (2003). Internet Marketing: Building Advantage in a Networked Economy. New York: McGraw Hil.

Nisa, K., Laili, A., Qolbiyatul, S., & Suyanto, M. (2018). Strategi pemasaran online dan offline. Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 1(1).

Setiawan, B. (2018). Revolusi bisnis berbasis platform sebagai penggerak ekonomi digital di Indonesia. Masyarakat Telematika Dan Informasi: Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(1), 61.

Setiawan, T. F., Suharjo, B., & Syamsun, M. (2018). Strategi pemasaran online UMKM makanan (Studi kasus di kecamatan Cibinong. Manajemen IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(2), 116–126.

Sholahuddin, A., Analita, R. N., Iriani, R., & Suharto, B. (2019). Pemberdayaan perempuan desa: Produksi dan pemasaran nata de coco. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 49–55.

Siswanto, T. (2013). Optimalisasi sosial media sebagai media pemasaran usaha kecil menengah. Liquidity, 2(1), 80–86.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa: Penerapan dan penelitian. Jakarta: Erlangga.

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi pemasaran melalui media sosial instagram (studi deskriptif pada akun@ subur_batik. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271–278.

Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan pemasaran produk homemade melalui sosial media (Vol. 4). JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat.

Yuliana, O. (2000). Penggunaan teknologi internet dalam bisnis. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 2(1), 36–52.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i1.2366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats