Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran menggunakan Microsoft PowerPoint bagi Guru di Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan

Chairil Faif Pasani, Asdini Sari, Juhairiah Juhairiah, Rabiatul Adawiah

Abstract


Salah satu hal yang dipertimbangkan untuk mendukung pembelajaran daring adalah penggunaan media pembelajaran salah satunya adalah media berbentuk video pembelajaran. Guru dapat membuat video pembelajaran menggunakan aplikasi yang sudah umum dimiliki dan digunakan yaitu Microsoft PowerPoint. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pelatihan kepada guru tentang cara membuat video pembelajaran dengan menggunakan Microsoft PowerPoint. Peserta kegiatan ini terdiri dari 39 orang guru di Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Pelatihan dilaksanakan secara daring dengan metode sinkronus dan asinkronus. Secara sinkronus berupa pemberian materi oleh narasumber pada 9 Oktober 2020, kemudian dilanjutkan dengan penugasan dan bimbingan secara asinkronus dari 9 – 19 Oktober 2020. Hasil kegiatan ini adalah 29 dari 39 guru yang mengikuti pelatihan, bisa menghasilkan video pembelajaran atau minimal berupa rancangan slide presentasi yang siap diubah menjadi video pembelajaran. Setelah kegiatan ini diharapkan peserta dapat lebih banyak membuat video pembelajaran sendiri sebagai sumber belajar siswa, khususnya pada pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, khususnya yang dilaksanakan secara daring, dapat dilaksanakan secara optimal.

 

The utilization of learning media is one of the determining factors to aid online learning. Learning videos are one of the forms of media. Teachers can develop learning videos employing Microsoft PowerPoint, which is a widely used and owned tool. Therefore, the objective of this community service is to train teachers how to use Microsoft PowerPoint to create learning videos. A total of 39 teachers from the Barito Kuala Regency in South Kalimantan took part in this activity. The training was conducted online, with both synchronous and asynchronous techniques being used. On October 9, 2020, the speakers would provide materials synchronously. Then, from October 9 to October 19, 2020, it was continued asynchronously with tasks and guidance. The results of this activity revealed that 29 of the 39 teachers who attended the training were able to create learning videos, or at the very least, presentation slide designs that could be converted into a learning video. Following this activity, it is envisaged that participants would be able to create more videos of their learning as a source of student learning, notably in the implementation of distance learning, mainly those conducted online, which may be carried out optimally.


Keywords


Microsoft Powerpoint; Pelatihan; Pembelajaran Daring; Video Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Bahauddin, A., Hartoyo, A., & Suratman, D. (2016). Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar materi dimensi tiga kelas x sma. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(4). Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15020

Dewi, A. P. (2019). Pengembangan media video pembelajaran sulaman smock di smk tata busana. Universitas Negeri Yogyakarta.

Gusmania, Y., & Wulandari, T. (2018). Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Pythagoras, 7(1), 61–67.

Heryadi, H., Darmawan, D., & Hernawan, H. (2017). Penggunaan multimedia interaktif berbasis adobe flash untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1). Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekp/article/view/104

Hikmah, S. N., & Maskar, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi microsoft power point pada siswa smp viii dalam pembelajaran koordinat kartesius. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 15–19.

Mulyawan, D. (2013). Jurnal pengaruh penggunaan microsoft powerpoint. Retrieved from http://danimulyawan.38.blogspot.com/2013/01/jurnal-pengaruh-penggunaan-microsoft.html

Navitri, R. Y., & Prihaswati, M. (2020). Analisis tingkat pemahaman konsep siswa melalui video pembelajaran dengan pendekatan discovery learning materi rumus trigonometri sudut pertengahan kelas xi. In Seminar Edusainstech.

Nurlina, L., & Fauzan, A. (2021). Pelatihan video ajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran daring. Jurnal Abdikarya, 3(1). Retrieved from http://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/abdikarya/article/view/1260/789

Salahuddin, H. (2020). Efektifitas video animasi berbasis kinemaster untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa arab siswa kelas viii mts nurul huda ketambul, tuban. Universitas Muhamadiyah Malang.

Yulia, D. (2013). Pengaruh penggunaan media interaktif dan motivasi terhadap hasil belajar sejarah siswa sma negeri i gunung talang. Jurnal Dimensi, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i3.2471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats