Optimalisasi Penggunaan Facebook untuk Pengelolaan Kelas Dalam Jaringan (Daring) pada Masa Pandemi Covid 19
Abstract
Teknologi informasi dan komunikasi memiliki peranan penting pada kehidupan masa ini dan masa yang akan datang, salah satunya yaitu pada bidang pendidikan. Kurangnya pengetahuan masyarakat dalam memanfaatkan media sosial untuk membantu proses pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Kelas daring melalui Facebook merupakan solusi pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh guru maupun pemerhati pendidikan lewat kegiatan pengenalan dan pembekalan dalam penggunaan Facebook untuk pengelolaan kelas daring. Tujuan kegiatan pelatihan pada pengabdian ini yaitu untuk memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara membuat dan menerapkan pengelolaan kelas daring menggunakan Facebook dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Pelatihan dilaksanakan secara daring menggunakan zoom meeting dan live youtube Pilkom pada tanggal 5 September 2020 dihadiri oleh guru dan pemerhati pendidikan berjumlah sebanyak 252 orang. Kegiatan pelatihan ini mendapat respon sebesar 61,11% atau 154 peserta memberikan respon sangat positif dan sebesar 38,89% atau 48 peserta memberikan respon positif terhadap kegiatan pengabdian ini. Analisis lebih mendalam terhadap butir–butir instrumen diperoleh gambaran sebagai berikut. Sebesar 56% Peserta pelatihan penyatakan bahwa materi yang dibawakan sesuai dengan pekerjaan sehari-hari/permasalahan yang dihadapi saat ini sehingga sangat membantu dalam proses pembelajaran sedangkan sebesar 44% menyatakan penyampaian materi sangat baik dan mudah dipahami sehingga sangat terbantu dan proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif.
Information and communication technology has an important role in life today and in the future, one of which is education—lack of public knowledge in using social media to help the learning process during the Covid-19 pandemic today. Online classes through Facebook are a learning solution that teachers and education observers can utilize through introduction and debriefing activities on Facebook for online classroom management. This service training activity aims to provide knowledge about how to create and implement online classroom management using Facebook in learning during the COVID-19 pandemic. The training was held online using a zoom meeting and Pilkom's live youtube on September 5, 2020, attended by 252 teachers and education observers. This training activity received 61.11% or 154 participants, who gave a very positive response, and 38.89% or 48 participants responded positively. More in-depth analysis of the items of the instrument obtained the following picture. 56% of the training participants stated that the material presented was following their daily work/problems faced at this time so that it was very helpful in the learning process, while 44% stated that the delivery of the material was very good and easy to understand so it was very helpful and the learning process could run effectively.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhe, R. (2018). Model pembelajaran daring matakuliah kajian paud di jurusan pg paud fakultas ilmu pendidikan universitas negeri surabaya. Journal of Early Childhood Care & Education, 1(1), 26–31.
Dewantara, D., Misbah, M., & Wati, M. (2020). The implementation of blended learning in analog electronic learning. In Journal of Physics: Conference Series, 1422(1), 012002. IOP Publishing.
Divayana, D. G. H. (2017). Evaluasi pelaksanaan blended learning di smk ti udayana menggunakan model CSE-UCLA. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(1), 64–77.
Fadilah, Y. N. (2015). pemanfaatan media sosial facebook sebagai penunjang kegiatan pembelajaran siswa SMK Negeri 4 Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Guritno, G. A. (2014). Panduan optimalisasi media sosial untuk Kementerian Perdagangan RI. Jakarta: Pusat Humas Kementerian Perdangan RI.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.
Hendroyono, T. (2004). Facebook. Yogy: Bentang Pustaka.
Islam, S., Baharun, H., Muali, C., & Ghufron, M. I. (2018). To boost students ’ motivation and achievement through blended learning. Journal of Physics: Conference Series, 1114(01), 1.
Khan, G. F. (2017). Social media for government. Singapore: Springer.
Parker, S. P. (2003). McGraw-Hill Dictionary of Scientific and Technical Terms. McGraw-Hill Education.
Purwanti, E., & Krisnadi, I. (2020). Implementasi sistem perkuliahan daring berbasis ict dalam masa pandemi wabah covid-19. Pascasarjana Program Magister Teknik Elektro Universitas Mercu Buana, 1(1), 1–12.
Rachmah, A. J. A. (2012). Pemanfaatan situs jejaring sosial facebook sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (tik) bagi siswa kelas xi SMA N 1 Depok Sleman Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Skrpsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Rachmat, A., & Krisnadi, I. (2020). Analisis efektifitas pembelajaran daring (online) untuk siswa SMK Negeri 8 Kota Tangerang pada saat pandemi covid 19. Magister Teknik Elektro Universitas Mercu Buana, 1–7.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19 (online learning in the middle of the covid-19 pandemic). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224.
Saputra, A. (2019). Survei penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa kota padang menggunakan teori uses and gratifications. Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 40(2), 207–216.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian & pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., & Listiawati, M. (2020). Pembelajaran daring berbasis Google Classroom mahasiswa pendidikan biologi pada masa wabah Covid-19. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati, 1–10.
Suyitno, A. (2012). Facebook Sebagai media kreatif e-learning untuk distancelearning di era global. In BPU DINAMIK7 UPI.
We are Social. (2018). Digital in 2018: Global overview. Retrieved January 17, 2020, from https://wearesocial.com/special- reports/digital-in-2017-global-overview
Yani, A. D., Wati, M., Misbah, M. (2021). Direct current electric teaching materials through google classroom for 16-17 years old students: Teacher perception. Online Learning in Educational Research. 1(1), 25-36.
Zahra, A. S., & Wijayanti, S. (2020). Efektivitas pembelajaran basis online di iain tulungagung dengan adanya kebijakan psychal distancing era pandemi covid 19. Geram, 8(1), 83–89.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i3.2475
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |