Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Aplikasi Bandicam
Abstract
Video pembelajaran matematika diperlukan dalam pembelajaran daring untuk mengoptimalkan kemampuan peserta didik. Tujuan diadakannya workshop adalah memotivasi guru matematika membuat video pembelajaran matematika dengan menggunakan aplikasi bandicam. Workshop diadakan secara daring dengan metode sinkronus dan asinkronus dari tanggal 22-30 Oktober 2020. Peserta adalah guru matematika yang tergabung dalam MGMP MTs dan MA se-Kota Banjarmasin sebanyak 29 orang. Guru yang sudah sering membuat video pembelajaran sederhana sangat antusias karena video yang dihasilkan dengan menggunakan aplikasi bandicam menampilkan wajah guru yang berbicara. Kegiatan workshop ini mendapat respon di kriteria sangat baik untuk keempat aspek yang dinilai yaitu materi, narasumber, durasi dan media penyampaian serta guru dapat membuat video pembelajaran matematika. Peserta disarankan menggunakan konteks etnomatematika yaitu dengan memasukkan budaya Banjar pada pembuatan video pembelajaran matematika agar lebih bermakna. Beberapa guru telah berhasil membuat video pembelajaran matematika kemudian menguploadnya ke youtube.
Mathematics learning videos are needed in online learning to optimize students' abilities. The purpose of holding the workshop is to motivate mathematics teachers to make mathematics learning videos using the Bandicam application. The workshop was held online with synchronous and asynchronous methods from 22 to 30 October 2020. Participants were 29 math teachers who are members of the MGMP MTs and MA in Banjarmasin City. Teachers who have often made simple learning videos are very enthusiastic because the videos produced using the Bandicam application show the face of the teacher speaking. This workshop activity received a very good response in the criteria for the four aspects assessed, namely material, resource persons, duration and media of delivery, and the teacher could make mathematics learning videos. Participants are advised to use an ethnomathematics context, namely by including the Banjar Culture in making mathematics learning videos to make them more meaningful. Some teachers have succeeded in making mathematics learning videos and then uploading them to YouTube.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhe, R. . (2018). Model Pembelajaran Daring Matakuliah Kajian PAUD di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Journal of Early Childhood Care & Education, 1(1), 26–31.
Agus Dipa Prayatna, I. P., Sudiarta, I. G. P., & Gita, I. N. (2019). Penerapan Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Tutorial Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viiid Smp Negeri 2 Sawan. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 9(2), 40. https://doi.org/10.23887/jjpm.v9i2.19894
Arif, M. Z., Riski, A., & Anggraeni, D. (2018). Pengembangan Kualitas Guru-Guru Sma Dan Ma Berbasis Pondok Pesantren Kota Jember Melalui Pelatihan Pembuatan Video Tutorial Pembelajaran. Jurnal Abdimas, 22(1), 27–34.
Ekawati, R., Manuharawati, M., Palupi, E. L. W., & Fardah, D. K. (2016). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Melalui Video-Based Stud. Jurnal ABDI, 1(2), 130. https://doi.org/10.26740/ja.v1n2.p130-134
Fairuz, F. R., Fajriah, N., & Danaryanti, A. (2020). Pengembangan Lkpd Materi Pola Bilangan Berbasis Etnomatematika Sasirangan Di Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 29–38. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.8343
Gavarrete, M. E. (2014). Elementos del conocimiento matemático cultural en la tradición indígena de Costa Rica. Journal of Mathematics and Culture, 8(1), 25–27.
Hamzah, A., & Muhlisrarini, M. (2014). Perencanan dan strategi pembelajaran matematik. Raja Grafindo Prasada.
Herayanti, L., & Safitri, B. R. A. (2019). Pembelajaran Mendesain Rumah Menggunakan Media Audio Visual dengan memanfaatkan Bandicam. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 305–309.
Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2017). Pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(2), 97–102.
Husein, Umar. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Johari, A., Hasan, S., & Rakhman, M. (2016). Penerapan Media Video Dan Animasi Pada Materi Memvakum Dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 8. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i1.3731
Nursyifa, A., Rahmadi, I. F., & Hayati, E. (2020). TPACK Capability Preservice Teachers Civic Education in the Era of Industrial Revolution 4.0. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 15. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.17982
Octaviana, S., & Setiawan, Y. (2019). Meningkatkan minat belajar kelas IV sekolah dasar menggunakan media powerpoint berdasarkan kerangka kerja TPACK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3, 1150–1159.
Prayatna, I. P. A. D., Sudiarta, I. G. P., & Gita, I. N. (2019). Penerapan Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Tutorial untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIIID SMP Negeri 2 Sawan. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 9(2), 40-51.
Restiana, N., & Pujiastuti, H. (2019). Pengukuran Technological Pedagogical Content Knowledge untuk Guru Matematika SMA di Daerah Tertinggal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 83–94. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.407
Sabandi, A. (2013). Supervisi Pendidikan Untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(2), 1–9.
Saman, S., Ma’rufi, M., & Tiro, A. (2013). Pengembangan video pembelajarann matematika dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada materi persamaan linier dua variabel. Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 4, 1–5.
Suwarno, M. (2017). Potensi Youtube Sebagai Sumber Belajar Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.1989
Suweken, G. (2019). Prosiding SENADIMAS. MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MATEMATIKA SMP, 478–487.
Utami, Y. P., Alan, D., & Cahyono, D. (2020). Studi at Home : Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pemjbelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(1), 20–26.
Valtonen, T., Sointu, E., Kukkonen, J., Kontkanen, S., Lambert, M. C., & Mäkitalo-Siegl, K. (2017). TPACK updated to measure pre-service teachers’ twenty-first century skills. Australasian Journal of Educational Technology, 33(3), 15–31. https://doi.org/10.14742/ajet.3518
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i1.2510
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |