Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Sebagai Upaya Peningkatan Budaya Literasi di Kalangan Guru Matematika SMP Kabupaten Banjar
Abstract
Budaya Literasi di kalangan guru cenderung masih rendah. Hal ini terlihat dari rendahnya jumlah publikasi artikel ilmiah guru pada jurnal. Kendala utama yang dihadapi guru dalam menulis artikel adalah kurangnya wawasan dan keterampilan guru dalam mengungkapkan ide-ide yang merka miliki ke dalam bentuk artikel. Hal yang sama juga terjadi pada guru matematika SMP Kabupaten Banjar. Tujuan kegitan pengabdian ini adalah membantu para guru matematika SMP di Kabupaten Banjar untuk dapat menghasilkan artikel ilmiah yang dipublikasi di jurnal. Metode pengabdian yang digunakan adalah workshop dan pendampingan. Workshop dan pendampingan dilakukan mulai dari menulis artikel ilmiah, mensubmit artikel ke jurnal, merevisi artikel berdasalkan haril review dan mempubikasikannya di jurnal. Jumlah peserta kegiatan sebanyak 13 orang. Bersadarkan hasil kegiatan, diperoleh adanya peningkatan persentase kemampuan pemahaman penulisan artikel ilmiah guru sebesar 16,2%, yaitu dari 52% menjadi 68,2%. Selain itu 82% guru merespon positif kegiatan. Produk yang dihasilkan yaitu 3 (tiga) artikel yang dihasilkan para guru yang dapat dipublikasi pada jurnal nasioanal terakreditasi Sinta 3 dan Sinta 5, maupun yang tidak terakreditasi.
Teacher’s literacy culture is still low. There is a lack number of the article produced by teachers. The main obstacle for teachers in writing articles is the lack of knowledge and skill in writing articles in a journal. Teachers have a research result, but they have difficulties expressing their idea in an article. It also happens to the mathematics teacher of Junior High School of Banjar Regency. This activity aimed to help junior high school teachers of Banjar Regency write an article and publish it in a journal. The methods of this activity were workshop and guidance. Workshop and guidance are given to the teacher from writing the article, submitting it to the journal, revising it based on the reviewer result, and publishing it to the journal. There were 13 participants. Based on activity results, there was an enhancement of the percentage of teacher’s understanding about writing articles in a journal as much 16,2% from 52% to 68,2%. Besides that, there is a good response of teachers to activity as much 82%. Several teacher’s articles were published in accredited national journals Sinta 3 and Sinta 5 and non-accredited journals.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arta, K. S. (2018). Pelatihan penulisan artikel publikasi di jurnal ilmiah untuk meningkatkan profesionalisme bagi guru-guru di Kecamatan Kubutambahan Kaputen Buleleng. In Prosiding Seminar Nasional Hukum dan Ilmu Sosial (pp. 146–159).
Bando, M. S. (2021, May 22). Tingkat literasi Indonesia di dunia rendah, ranking 62 dari 70 negara. Tribunnews. Retrieved from https://www.tribunnews.com/nasional/2021/03/22/tingkat-literasi-indonesia-di-dunia-rendah-ranking-62-dari-70-negara
Hafid, A., Mukhtar, H., Hayami, R., Fatma, Y., Unik, M., Hasanuddin, H., & Rizki, Y. (2018). Peningkatan kualitas publikasi ilmiah dan penelitian bagi guru slta dengan pemanfaatan software referensi. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(2), 77–82.
Hariyanti, & Trini. (2014). Membangun budaya literasi dalam pendekatan kultural dan komunikasi adat. Retrieved from http://www.triniharyanti.id/
Hayuhantika, D. (2017). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah sebagai upaya pengembangan profesionalisme guru SMPN 3 Ngunut. J-ABDIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 13–17.
Hutabarat, I. M., Palit, E. I., & Gultom, M. (2019). Pelatihan dan pendampingan penulisan karya ilmiah bagi guru guru SMP di Sentani. Jurnal Pengabdian Papua, 3(2), 61–64.
Jayanta, I. N. L. (2020). Pelatihan publikasi karya ilmiah menggunakan open journal system untuk guru sekolah dasar. In Prosiding Senadimas Undiksha 2020.
Mansyur, U., & Akidah, I. (2018). Peningkatan kompetensi profesional guru Mts DDI Padanglampe Kabupaten Pangkep melalui pelatihan penulisan karya ilmiah 2(2), . Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 273–278.
Marwoto, P., Sopyan, A., Linuwih, S., Subali, B., & Ellianawati, E. (2013). Peningkatan kemampuan menulis artikel ilmiah sains guru sekolah dasar melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Jurnal Abdimas, 17(2), 111–116.
Muhali, M., Asy’ari, M., Prayogi, S., Samsuri, T., Karmana, I. W., Sukarma, I. K., & Hunaepi, H. (2019). Pelatihan kegiatan penelitian dan penulisan karya ilmiah bagi Guru Madrasah Aliyah Negeri 3 Lombok Tengah. Ian Pada Masyarakat, 1(1), 28–36.
Rahman, T. (2016, November 1). Kemampuan guru dalam menulis masih rendah. Antara Kalsel.
Shofa, M. F., & Setyawan, M. H. Y. (2018). Literacy culture strengthening programs to stimulate reading interest for children at early age. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 1(1), 8-20.
Suryoputro, S. (2012). Menulis artikel untuk jurnal ilmiah. Jakarta: UHAMKA Press.
Sutikno, S. (2013, June 12). Budaya menulis di kalangan guru, cermin sebuah keprihatinan. Kompasiana.
Suyitno, S. (2011). Karya tulis ilmiah (kti), panduan, teori, pelatihan dan contoh. Bandung: Refika Aditama.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i3.2511
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |