Workshop Pembuatan Soal Matematika Berbantukan Google form serta Teknik Analisis Validitas-Reliabilitasnya bagi Guru Peserta MGMP Matematika MTs dan MA Kota Banjarmasin

Karim Karim, Taufiq Hidayanto, Kamaliyah Kamaliyah, Maulana Fatiehurrizqie Arrasyid

Abstract


Covid-19 telah menjadi pandemi dan melanda di bebagai negara di dunia. Pandemic ini berdampak pada pelaksanaan pendidikan di Indonesia. Menjawab tantangan tersebut, kementerian menerbitkan surat edaran terkait kebijakan pembelajaran dan tentang pedoman pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Salah satu bentuk kebijakan di dunia pendidikan adalah pelaksanaan program belajar dari rumah dengan memangfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Pembelajaran yang memanfaatkan TIK adalah pembelajaran daring. Namun, tidak semua guru mampu melaksanakan evaluasi pembelajaran secara daring dengan memanfaatkan platform yang tersedia. Oleh karena itu, perlu diadakan pelatihan evaluasi Pembelajaran Matematika pada masa Pendemi Covid 19 beserta teknik analisis validitas-reliabilitasnya bagi Guru Peserta MGMP Matematika MTs dan MA di Kota Banjarmasin. Melalui workshop ini, pemahaman peserta terkait google form untuk pembuatan soal evaluasi matematika mengalami kenaikan rata-rata sebesar 0.931 (dengan rentang skor 0 sampai 10). Berdasarkan hasil tersebut, tim menyarankan perlunya kolaborasi antara dosen perguruan tinggi bersama MGMP Matematika untuk terus bersinergi dalam memajukan kualitas pendidikan.

  

Covid-19 has become a pandemic and has hit several countries in the world. This pandemic has had an impact on the implementation of education in Indonesia. Responding to these challenges, the ministry issued a circular regarding learning policies and learning guidelines during the Covid-19 pandemic. One form of policy in education is the implementation of a home learning program using information and communication technology. Learning that uses ICT is online learning. However, not all teachers can carry out online learning evaluations by utilizing the available platforms. Therefore, it is necessary to hold a Mathematics Learning evaluation training during the Covid 19 pandemic and validity-reliability analysis techniques for MTs and MA Mathematics MGMP Participants in Banjarmasin City. Through this workshop, the participants' understanding regarding the google form for making math evaluation questions increased by an average of 0.931 (with the score range of 0 to 10). Based on these results, the team suggested the need for collaboration between college lecturers and the Mathematics MGMP to continue working together to advance the quality of education.

 


Keywords


Google Form; Pembuatan Soal Matematika; Workshop

Full Text:

PDF

References


Adhe, R. (2018). Model pembelajaran daring matakuliah kajian paud di jurusan pg paud fakultas ilmu pendidikan universitas negeri surabaya. Journal of Early Childhood Care & Education, 1(1), 26–31.

Andi, A., Jumardi, J., & Merina, M. (2020). Evaluasi pembelajaran berbasis teknologi informasidan komunikasi. Humanis: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 19(1), 1–5.

Krisnawati, E. (2018). Pemanfaatan google form sebagai kuis online mata kuliah trigonometri. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 4(1), 61–67.

Kuntarto, E., & Asyhar, R. (2017). Pengembangan model pembelajaran blended learning pada aspek learning design dengan platform media sosial online sebagai pendukung perkuliahan mahasiswa. Repository Unja.

Leba, S. M. R., & Habeahan, N. L. S. (2020). Pelatihan model pembelajaran jarak jauh berbasis google form sebagai media pembelajaran. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 42–46.

Marcica, E., & Nurmatin, S. (2020). Pemanfaatan google form sebagai evaluasi pembelajaran jarak jauh. Al-Abhats: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 8 – 12.

Ngafifah, S. (2020). Penggunaan google form dalam meningkatkan efektivitas evaluasi pembelajaran daring siswa pada masa covid19 di sd it baitul muslim way jepara. As-Salam I, 9(1), 123 – 144.

Pramasdyahsari, A. S., Sutrisno, S., Setyawati, R. D., Rahmawati, N. D., & Endawuri, D. (2020). Blended learning: workshop penggunaan google form dan google classroom bagi guru smp negeri 34 semarang. Bakti Cendana, 3(1), 43–49. https://doi.org/10.32938/bc.v3i1.450

Rachmawati, R., & Kurniawati, A. (2020). Pengembangan instrumen penilaian tes berbasis mobile online pada prodi pendidikan matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 46–63. https://doi.org/10.31000/prima.v4i1.1891

Ramadhan, R., Chaeruman, U. A., & Kustandi, C. (2018). Pengembangan pembelajaran bauran (blended learning) di universitas negeri jakarta. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 1(1), 37 – 48.

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran daring kombinasi berbasis whatsapp pada kelas karyawan prodi teknik informatika universitas pgri madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 8(1), 81–86.

Yusron, R. M., Wijayanti, R., & Novitasari, A. T. (2020). Pelatihan pembuatan google formbagi guru sd sebagai media evaluasi pembelajaran jarak jauh (pjj) masa pandemi. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3), 182 – 188.

Yuwono, M. R., Aribowo, E. K., Firmansah, F., & Indrayanto, B. (2020). Pelatihan anbuso, zipgrade, dan google form sebagai alternatif penilaian pembelajaran di era digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 49–61.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i3.2518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats