Pelatihan Implementasi Blended Learning di Taman Kanak-kanak pada Guru TK Negeri Pembina Banjarmasin Timur

Maimunah Maimunah, Celia Cinantya

Abstract


Permasalah yang ditemukan di Sekolah mitra adalah motivasi belajar siswa yang menurun akibat terlalu lama belajar dari rumah di tengah kondisi pandemi Covid-19.  Selain itu pembelajaran daring yang diberikan juga kurang bervariasi. Untuk itu, Pengabdian Kepada Masyarakat ini betujuan untuk memberikan informasi kepada Guru-Guru TK tentang metode pembelajaran Blended Learning dan pelatihan menggunakan aplikasi educandy sebagai alternatif media membuat pembelajaran berbasis permainan yang menarik bagi peserta didik dalam pembelajaran daring. Pelatihan ini dilaksanakan di TK Pembina Kecamatan Banjarmasin Timur, Banjarmasin pada tanggal 18 November 2020, dan diikuiti oleh 16 peserta. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, tanya jawab dan demonstrasi. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan dan praktek langsung oleh peserta. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah peserta memahami konsep dasar Blended Learning sebagai pendekatan pembelajaran yang bisa digunakan saat Pandemi Covid-19, juga Guru-Guru memiliki ketrampilan dalam menggunakan aplikasi educandy sebagai media membuat materi pembelajaran berbasis permainan.

  

The problem found in partner schools is that students' learning motivation has decreased due to taking too long to study from home during the Covid-19 pandemic. In addition, the online learning provided is also less varied. For this reason, this Community Service aims to provide kindergarten teachers with information about the Blended Learning learning method and training using the Educandy application as an alternative media to create interesting game-based learning for students in online learning. This training was held at the Pembina Kindergarten in East Banjarmasin District, Banjarmasin, on November 18, 2020, and was attended by 16 participants. The methods used in this activity are lectures, questions and answers and demonstrations. They were then continued with training, and hands-on practise by the participants. The result of this community service activity is that participants understand the basic concepts of Blended Learning as a learning approach that can be used during the Covid-19 pandemic, and teachers have skills in using Educandy applications as a medium for making game-based learning materials.

 


Keywords


Blended learning; Covid-19; Educandy; Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Anjani, K. D., Fatchan, A., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh pembelajaran berbasis turnamen dan games terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1787–1790.

Coffey. (2009). E-Bussiness and e-commerce managemen. United Kingdom: Prentice Hall.

Dewantara, D., Misbah, M., & Wati, M. (2020). The implementation of blended learning in analog electronic learning. In Journal of Physics: Conference Series, 1422(1), 012002. IOP Publishing.

Husamah. (2014). Pembelajaran bauran (blended learning). Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. Al Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 69–80.

Koohang, A. (2009). A learner-centered model for blended learning design. International Journal of Innovation and Learning, 6(1).

Pratiwi, A. S., & Musfiroh, T. (2014). Pengembangan media game digital edukatif untuk pembelajaran menulis laporan perjalanan siswa sekolah menengah pertama. LingTera, 1(2), 123–135.

Prasetya, D, D., Sakti, W., Patmanthara, S. (2013). Digital game-based learning untuk anak usia dini. Tekno, 2 (20), 45-50.

Prensky, M. (2001). Digital game based learning. USA: McGraw Hill.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1).

Putra, R., & Irwansyah, I. (2020). Media komunikasi digital, efektif namun tidak efisien studi media richness theory dalam pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi di masa pandemi. Ilmu Sosial Dan Politik, 3(2), 1–13.

Redaksi. (2020). Corona dan ancaman bencana motivasi belajar siswa. Retrieved from www.tintahijau.com

Sari, D. P., Rusmin, & Deskoni. (2018). Pengaruh iklim kelas terhadap motivasi belajar peserta didik di sman 3 tanjung raja. Jurnal Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 5(1).

Ulya, M. (2021). penggunaan educandy dalam evaluasi pembelajaran bahasa indonesia. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1).




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i3.2722

Refbacks



Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats