Pelatihan Teknik Menulis Best practice Bagi Kepala Sekolah di PKG Banjarmasin Tengah
Abstract
Tujuan kegiatan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan kepala sekolah dalam menulis Best Practice. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini meliputi ceramah, tanya jawab dan diskusi. Peserta pengabdian adalah kepala sekolah TK di lingkungan PKG Banjarmasin Tengah yang berjumlah 37 peserta. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan pada bulan November tahun 2020 selama dua hari. Kegiatan pelatihan berjalan lancar, peserta mendapatkan pengetahuan tentang penulisan Best practice mengenai orisinalitas, inovatif, elaborative, inspiratif, empirik dan aplikatif. Hasil Best practice dapat direflikasi, dimanfaatkan dan atau dikembangkan baik di sekolah sendiri maupun di sekolah lain. Kegiatan pengabdian seperti ini dapat dilakukan secara rutin baik di gugus yang sama maupun di gugus yang berbeda dengan sasaran Kepala sekolah yang benar-benar membutuhkan pelatihan penulisan Best Practice.
The purpose of the workshop activities is to increase the principal's knowledge in writing Best Practice. The methods used in this workshop include lectures, question and answer and discussion. The community service participants were the kindergarten headmaster in the PKG Banjarmasin Tengah, totalling 37 participants. This community service activity was carried out in November 2020 for two days. The workshop activities run smoothly, and participants get knowledge about writing best practices regarding originality, innovation, elaborative, inspirational, empirical and applicative. Best practice results can be replicated, utilized, or developed in their schools and other schools. Community service activities like this can be carried out routinely in the same cluster or different clusters with the target of the principal who needs a best-practice writing workshop.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anci, R. (2014). Menuju Kepala Sekolah yang Profesional. Jurnal Ekspose, 1.
Ansori, H., Hadi, S., Amalia, R., & Fitri, M. (2020). Bimbingan Pembuatan Proposal PTK Bagi Guru Peserta MGMP Matematika Kota Banjarmasin. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 110. https://doi.org/10.20527/btjpm.v2i2.1791
Apandi, I. (2018). Teknik Menulis “Best Practice” bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Retrieved from https://www.kompasiana.com/idrisapandi/5ac5c1eacbe5230e1d5c0132/teknik-menulis-best-practice-bagi-pendidik-dan-tenaga-kependidikan?page=all
Astuti, S. (2016). Penerapan supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun administrasi penilaian di sd laboratorium uksw. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 117–126.
Badan PSDMPK dan PMP. (2012). Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Bakirci, H., Turkdogan, A., & Guler, M. (2012). Is my school an effective school? Headmaster and teacher views. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 46, 3471–3476.
Basri, S., Ardiansyah, M., & Irmawati, I. (2020). Best Practice Penelitian Tindakan Sekolah. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (pp. 369–372).
Imron, A. (2015). Peningkatan Keprofesionalan Guru Oleh Kepala Sekolah Melalui Penelitian Tindakan Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Malang, 1–9.
Irhami, P. I. U. (2018). Strategi kepala sekolah dalam pencapaian prestasi terbaik pada lomba kepala sekolah berprestasi (studi multi kasus di Kota Malang) /Paxia Izzatul Umam Irhami. Universitas Negeri Malang.
Kemdikbud. (2012). Pedoman Lomba Penulisan Best Practicebagi Pengawassekolah/Madrasah. Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Dikdasmen, Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan 2016.
Komariah, A. (2009). Melaksanakan Supervisi Akademis Melalui Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research). Jurnal Administrasi Pendidikan, 10(2).
Kuntoro, S. A. (2010). Kemitraan Sekolah. Workshop Strategi Pengembangan Mutu Sekolah Bagi Kepala Sekolah Dan Pengawas. Jurnal Nasional, 1–5.
Makawimbang, J. H. (2012). Kepemimpinan Pendidikan yang Bermutu. Bandung: Alfabeta.
Mulya, H. A., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan antara motivasi berprestasi dengan stres akademik pada mahasiswa tingkat pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 5(2), 296–302.
Niam, S., Yuliejantiningsih, Y., & Miyono, N. (2021). Pengaruh Peran Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru Sd Di Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jmp.v9i
Rohanah. (2019). Publikasi Ilmiah Pengembangan Profesi Guru. Banjar Rangdu: CV. Media Educations.
Salam, A., Zainuddin, Z., Susilowati, E., Miriam, S., Mastuang, M., Dewantara, D., … Rahmatullah, P. (2020). Pelatihan Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Penulisan Karya Ilmiah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1).
Santoso, B. W. J., Nugroho, Y., & Parapat, D. O. A. (2020). Pendidikan dan Pelatihan Penulisan Best practice untuk Meraih Predikat Guru Berprestasi bagi Guru SMA Negeri 1 Semarang dengan Metode Special Projects Assignments. JURNAL PANJAR: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 2(2), 52–60.
Susilo, H. (2012). Pemanfaatan kemampuan melaksanakan penelitian tindakan kelas/ penelitian tindakan sekolah untuk menunjang proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 3(2), 81–102.
Tjahjadarmawan, E. (2017). Best practice guru dalam tugas pembelajaran di sekolah. Yogyakarta: Deepublish.
Windayana, H. (2012). Penelitian Tindakan Sekolah. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(1).
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i2.2739
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |