Bimbingan Teknis Penulisan Bahan Ajar Biologi Berbasis Potensi Lokal Pada MGMP IPA-Biologi SMP di Hulu Sungai Selatan
Abstract
Potensi lokal Kabupaten Hulu Sungai Selatan dapat dijadikan sumber belajar, dan sebagai bahan ajar Biologi sehingga pembelajaran kontekstual menjadi lebih bermakna. Keterbatasan bahan ajar berbasis potensi lokal dan pengetahuan guru yang tergabung dalam MGMP IPA-Biologi se Kabupaten Hulu Sungai Selatan dalam membuatan bahan ajar perlu mendapatkan bimbingan. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberi bekal dan bimbingan kepada guru-guru IPA-Biologi dalam mengembangkan bahan ajar berbasis potensi lokal. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini menggunakan metode ceramah, diskusi, workshop dan konsultasi secara daring, yang diikuti oleh sebanyak 38 orang. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para guru sangat antusias mengikuti kegiatan ini, terlihat dari diskusi dan tanya jawab yang berlangsung sangat dinamis. Banyak peserta yang mengemukakan potensi lokal daerah mereka, dan meminta saran tentang bahan ajar apa yang harus dan baik mereka kembangkan. Berdasarkan data akhir terdapat lebih dari setengah total peserta yaitu 22 orang guru dari 38 orang (58%) yang format pengembangan bahan ajar Biologi, dan masih terus bertambah. Hal ini menunjukkan guru IPA-Biologi mempunyai motivasi yang cukup tinggi untuk membuat bahan ajar Biologi berbasis potensi lokal.
The local potential of Hulu Sungai Selatan Regency can be used as a learning resource and as biology teaching material so that contextual learning becomes more meaningful. The limitations of teaching materials based on local potential and the knowledge of teachers who are members of the IPA-Biology MGMP in Hulu Sungai Selatan District in making teaching materials need guidance. This community service activity aims to provide provisions and guidance to Science-Biology teachers in developing teaching materials based on local potential. The implementation of this Community Service activity used lectures, discussions, workshops and online consultations, which 38 people attended. The activity results showed that the teachers were very enthusiastic about participating in this activity; it was seen from the dynamic discussion and question and answer process. Many participants raised the local potential of their area and asked for suggestions on what teaching materials they should and should develop well. Based on the final data, more than half of the total participants, namely 22 teachers out of 38 people (58%), have the format for developing Biology teaching materials, and it is still growing. This shows that Science-Biology teachers have high enough motivation to make Biology teaching materials based on local potential.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hartini, S., Firdausi, S., Misbah, M., & Sulaeman, N. F. (2018). The development of physics teaching materials based on local wisdom to train saraba kawa character. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 130–137.
Hartini, S., Isnanda, M. F., Wati, M., Misbah, M., An’Nur, S., & Mahtari, S. (2018). Developing a physics module based on the local wisdom of Hulu Sungai Tengah regency to train the murakata character. Journal of Physics: Conference Series, 1088.
Harun. (2008). Pengertian Pendekatan dan Metode. Direktori File UPI.
Johnson, E. B. (2010). Contextual Teaching and Learning: What it is and why it’s here to stay. California: Corwin Press,Inc.
Kariem, A. F., Elvyanti, S., Gunawan, T., & Mulyana, E. (2013). Pengembangan bahan ajar pelajaran TIK SMP berbasis proyek. INVOTEC, 9(2), 87–96.
Misbah, M., Dewantara, D., & Mahtari, S. (2018). Physics Learning Based on Wetlands and Banjar Culture. International Journal of Applied and Physical Sciences, 4(1), 21–28.
Misbah, M., Hirani, M., Annur, S., Sulaeman, N. F., & Ibrahim, M. A. (2020). The Development and Validation of a Local Wisdom-Integrated Physics Module to Grow the Students’ Character of Sanggup Bagawi Gasan Masyarakat. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 5(1). Retrieved from https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF/article/view/1280
Nurdyansyah, & Mutala’liah, N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam bagi Siswa.
Oktaviana, D., Hartini, S., & Misbah, M. (2017). Pengembangan Modul Fisika Berintegrasi Kearifan Lokal Membuat Minyak Lala Untuk Melatih Karakter Sanggam. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 272–285.
Situmorang, R. P. (2016). Analisis Potensi Lokal untuk Mengembangkan Bahan Ajar Biologi di SMA Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Sains.
Sudjana, & Rifai, A. (2002). Sumber Belajar dan Alat Pelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. (2010). Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.
Victorino, D. (2004). Global Responsibility and Local Knowledge System. In Conference held in Egypt.
Wati, M, Hartini, S., Lestari, N., An’nur, S., & Misbah, M. (2019). Developing a physics module integrated with the local wisdom of baayun maulid to build wasaka character. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE), 7, 720–724.
Wati, M, Putri, M. R., Misbah, M., Hartini, S., & Mahtari, S. (2020). The development of physics modules based on madihin culture to train kayuh baimbai character. Journal of Physics: Conference Series, 1422(1).
Wati, M., Hartini, S., Misbah, M., & Resy, R. (2017). Pengembangan Modul Fisika Berintegrasi Kearifan Lokal Hulu Sungai Selatan. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 157–162.
Widowati, A. (2012). Majalah Ilmiah Pendidikan. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Yogyakarta: FIP UNY.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i2.2741
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |