Pemberdayaan Pendidikan Perempuan di Asrama Rakat Mufakat Putri Kerukunan Mahasiswa Hulu Sungai Selatan
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan pendidikan perempuan di Asrama Rakat Mufakat Putri KMHSS (Kerukunan Mahasiswa Hulu Sungai Selatan) melalui program-program pembinaan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Peserta pengabdian adalah seluruh anggota asrama yang berjumlah 17 orang. Kegiatan pemberdayaan pendidikan perempuan berjalan lancar. Berdasarkan kegiatan yang dilaksanakan menunjukkan peserta puas dengan kegiatan ini yang ditandai dengan skor rata-rata kepuasan sebesar 4,02. Kepuasan peserta pada aspek reliability (keandalan) sebesar 3,70 berkategori baik, aspek assurance (jaminan) sebesar 4,04 berkategori baik, aspek tangibles (tampilan) sebesar 4.20 berkategori baik, aspek emphaty (empati) sebesar 4,33 berkategori sangat baik, dan aspek responsiveness (daya tanggap) sebesar 4,22 berkategori sangat baik. Hasil dari kegiatan ini dapat mendorong peserta untuk mengembangkan kompetensinya.
Community service aims to improve and develop woman education at Asrama Rakat Mufakat Putri KMHSS with coaching programs. The methods used in this service were lectures, discussion, and question. The service participant were all 17 female dormitory members. Women’s education empowerment programs went successful and smoothly. Based on those activities participants were satisfied with this programs with average satisfaction of 4.02. The average satisfaction of participants in reliability aspect was 3.70 (good category); assurance aspect was 4.04 (good category); tangibles aspect was 4.20 (good category); emphaty aspect was 4.33 (very good category); and responsiveness was 4.22 (very good category). The result of this service can encourage participants to develop their competence.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmad, S. (2019). Membangun pendidikan berwawasan gender. Yinyang: Jurnal Studi Islam, Gender dan Anak, 14(1), 70–91.
Ahdiah, I. (2013). Peran-peran perempuan dalam masyarakat. Jurnal Academica, 5(2), 1085–1092.
Ainiyah, Q. (2017). Urgensi pendidikan perempuan dalam menghadapi masyarakat modern. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 97–109.
Ar, M. Q. H. (2015). Rethinking peran perempuan dalam keluarga. Karsa, 23(1), 17–35.
Buhungo, R. A. (2017). Wanita dan kepemimpinan dalam pendidikan Islam di era kehidupan modern. Tabdir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 53–60.
Hindriana, A. F., Suryani, Y., & Lismaya, L. (2019). Aktualisasi wanita berpendidikan pada era globalisasi dalam menjaga etika dan moral lingkungan. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 109–115.
Indarti, S. H. (2019). Peran perempuan dalam pembangunan masyarakat. IJPA-The Indonesian Journal of Public Administration, 5(1), 1–12.
Liana, N. A., Benty, D. D. N., & Supriyanto, A. (2016). Analisis faktor yang mempengaruhi kepuasan orang tua peserta didik terhadap layanan pendidikan. Manajemen Pendidikan, 25(1), 39–46.
Luciana, L. (2019). Pendidikan wanita dalam persfektif filsafat pendidikan Islam. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 1(2), 92–104.
Magdalena, R. (2017). Kedudukan perempuan dalam perjalanan sejarah (studi tentang kedudukan perempuan dalam masyarakat Islam). Harkat An-Nisa, 2(1), 13–36.
Nasir, L. (2017). Persamaan hak: partisipasi wanita dalam pendidikan. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 36–46.
Noer, L. R. (2016). Analisis peningkatan kualitas pelayanan mahasiswa Magister Manajemen Teknologi ITS Surabaya dengan metode servqual dan importance performance analysis (IPA). Journal of Research and Technologies, 2(1), 35–43.
Nurlina, N. (2017). Peran wanita dalam pendidikan anak perspektif Islam. An Nisa, 10(1), 82–91.
Nursyam, N. (2018). Peranan perempuan dalam membina kesadaran beragama anak. Musawa, 10(1), 83–104.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multiple-Item Scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.
Prantiasih, A. (2014). Reposisi peran dan fungsi perempuan. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 27(1), 1–6.
Purnama, A., & Sailah, I. (2017). Peningkatan tingkat kepuasan dosen terhadap kualitas pelayanan pelatihan jurnal berkualitasmelalui metode servqual. Jurnal Manajemen, 21(3), 418–433.
Rahim, A. (2016). Peran kepemimpinan perempuan dalam perspektif gender. Jurnal Al-Maiyyah, 9(2), 269–295.
Sari, T. N., & Prasetya, M. N. (2020). Dapatkah kepemimpinan kepala sekolah, motivasi guru dan kualitas pelayanan pendidikan mempengharuhi kepuasan orang tua siswa. Jurnal EduTech, 6(1), 87–97.
Shabri, I., & Yanti, R. (2020). Analisis kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik Prodi Sastra Inggris Universitas Dharma Andalas Padang. Jurnal Teknologi dan Sistem Infomasi Bisnis, 2(1), 51–56.
Suharta, T. (2017). Pengembangan instrumen pengukur tingkat kepuasan siswa terhadap kualitas pelayanan pendidikan di sekolah. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(2), 117–125.
Supriyadi, T. (2018). Perempuan dalam timbangan Al-Quran dan Sunnah: wacana perempuan dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Sosioreligi, 16(1), 14–21.
Sutartiah, F. (2017). Evaluasi kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan pendidikan Lembaga Pendidikan Tinggi ABC di Cikarang. Jurnal Formatif, 7(1), 56–65.
Udin, M. (2018). Interpretasi hadist tentang peranan wanita dalam dinamika sosial. Sophist: Jurnal Sosial, Politik, Kajian Islam dan Tafsir, 1(2), 169–187.
Wibisono, D. (2018). Analisis kualitas layanan pendidikan dengan menggunakan integrasi metode servqual dan QFD. Sosio E-Kons, 10(1), 57–74.
Widoyoko, E. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i2.2840
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |