Edukasi dan Pendampingan Anak Usia Sekolah Dasar dan Menengah di Tengah Pandemi Covid-19

Laxmi Zahara, Kertanah Kertanah, Khaerus Syahidi, Baiq Aryani Novianti, Fartina Fartina

Abstract


Pandemi COVID-19 sangat berdampak pada kehidupan masyarakat dunia khususnya dalam hal kesehatan dan pendidikan. Kurangnya kesadaran tentang pentingnya kesehatan oleh masyarakat di desa serta kurang optimalnya pembelajaran di sekolah membuat anak–anak usia sekolah dasar dan menengah menghabiskan waktu liburnya dengan banyak bermain tanpa menjaga jarak di masa pandemi. Kegiatan PKM ini bertujuan untuk mengurangi kebebasan berinteraksi dan mengoptimalkan pembelajaran anak usia sekolah dasar dan menengah di tengah masa pandemi dengan mengedukasi serta pendampingan pada masyarakat dusun Ketapang desa Menceh. Peserta pada kegiatan ini adalah peserta didik dari tingkat TK (30 orang), SD (50 orang) dan SMP (75 orang). Edukasi kesehatan dilakukan melalui program Posyandu, cuci tangan dan penyuluhan protokol kesehatan sedangkan pendampingan proses belajar–mengajar dilakukan dengan memberikan bimbingan belajar, mengajar TPQ dan pelatihan seperti pembuatan bros dan menggambar. Edukasi tentang kesehatan memberikan pengetahuan arti pentingnya menjaga jarak, kebersihan khususnya di saat pandemi. Bagaimanapun, kegiatan pendampingan pembelajaran dapat memberikan motivasi pentingnya pendidikan saat ini dan masa yang akan datang. Dengan memberikan edukasi tentang kesehatan dan pendampingan dalam pembelajaran kepada masyarakat bisa memahami tentang menjaga kebersihan, menjaga jarak dan juga dapat dijadikan motivasi untuk terus belajar meskipun terkendala khususnya di era pandemi ini.

  

COVID-19 influences the life of the population worldwide, especially in health and education aspects. Lack of awareness of the meaning of health and the importance of education makes primary and secondary school ages of children spend their time playing without keeping social distancing in this pandemic era. This community service aims to minimize social interaction and optimize their learning during this pandemic by providing education and accompaniment at Ketapang, Menceh village. Education of health was carried out through Posyandu, hand washing and health education programs, while accompaniment program was done by tutoring, teaching TPQ and skill training like drawing, make a brooch. Educating them about health gave them the knowledge of social distancing and hygiene crucial during the pandemic. However, the Accompaniment of education is also essential to motivate motivation that education is essential today, but it is also for the future. By giving education in health and accompaniment in a lesson, they understood that keeping hygiene and social distancing motivated them to continue learning although constrained, especially for this pandemic situation.


Keywords


Covid-19; Edukasi dan Pendampingan; Usia sekolah Dasar dan Menengah

Full Text:

PDF

References


Fadhilah, R. N. dan A. (2019). PkM Pemula UMI “Program Kembali Mengaji dengan Menggunakan Metode Kamaly”–Fakultas Agama Islam. Fai.Umi.Ac.Id.

Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi pendidik anak usia dini era covid-19 dalam menumbuhkan kemampuan berfikir logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/ obsesi.v5i1.530

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik covid-19 pada calon guru : hambatan, solusi dan proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10.

Jayanti, A. D., Utami, D., Anggraeni, S., Izzudin, A., & Hadiarto, R. (2021). Pencegahan dan edukasi covid-19 di wilayah puskesmas pasar ambon. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 4(1), 188–194. https:// doi.org/10.33024/JKPM.V4I1.3680

Kolili, I. (2021). PKM Mahasiswa, tema “Penerapan Protokol Kesehatan Di Era Pandemi Covid – 19” – Prodi Manajemen. Http://Manajemen. Unpam.Ac.Id.

Mastura, M., & Santaria, R. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap proses pengajaran bagi guru dan siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 634.

Pane, C. D. . (2020). Virus Corona (COVID-19). 18 April.

Pane, M. D. C. (2020). Virus Corona (COVID-19)-Gejala, penyebab dan mengobati-Alodokter. Aladokter.

Rofiasari, L., Noprianty, R., Yusita, I., Mulyani, Y., & Suryanah, A. (2020). Jurnal Peduli Masyarakat. Jurnal Peduli Masyarakat, 2(4), 197–204.

Syahidi, K., Zahara, L., & Ariandani, N. (2019). Pendekatan scientific approach dalam mengembangkan alat praktikum ipa terintegrasi lingkungan untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas guru ipa. Kappa Journal, 3(2), 148–155. https://doi.org/10.29408/kpj. v3i2.1638

Wilhalminah A., Rahman, U. dan M. (2017). Pengaruh keterampilan komunikasi terhadap perkembangan moral siswa pada mata pelajaran. Biotek, 5(2), 37–52.

Yuhanna, W. L., & Mumtahanah, M. (2019). Upaya meningkatkan kebiasaan mencuci tangan melalui hand washing dance pada siswa paud al abror desa bulakrejo kabupaten madiun. BAKTIMAS : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 13. https:// doi.org/10.32672/btm.v1i1.1178




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i1.3172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats