Pelatihan Penggunaan Google Classroom dan Edmodo di Lingkungan Lahan Basah Pada Guru MGMP IPA Kabupaten Barito Kuala
Abstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk menganalisis respon peserta PkM dalam mengikuti pelatihan penggunaan e-learning melalui Google Classroom dan Edmodo di lingkungan lahan basah. Pelatihan dilaksanakan secara daring yang diikuti 23 orang peserta, yakni guru-guru anggota MGMP IPA Kabupaten Batola. Pelaksanaan pelatihan melalui media daring dilaksanakan sebanyak dua pertemuan, masing-masing untuk pelatihan menggunakan Google Classroom dan Edmodo. Adapun hasil kegiatan pengabdian ini adalah: 1) dihasilkannya bahan ajar yang diintegrasikan melalui Google Classroom dan Edmodo di lingkungan lahan basah, dan 2) kegiatan ini mendapatkan respon yang sangat baik pada aspek bagian keahlian dan kesiapan, kegunaan materi, dan kesesuaian pelaksanaan pelatihan (pertemuan pertama). Sedangkan pada aspek kesesuaian pelaksanaan pelatihan (pertemuan kedua), materi yang disampaikan, dan fasilitas yang diberikan mendapatkan respon yang baik dari peserta. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini mendapatkan respon yang baik dari peserta kegiatan. Melalui PkM ini dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru MGMP IPA Kabupaten Barito Kula dalam hal penggunaan e-learning melalui Google Classroom dan Edmodo di lingkungan lahan basah.
This Community Service activity aims to analyze the response of the community service participants in participating in training on the use of e-learning through Google Classroom and Edmodo in a wetland environment. The training was conducted online by 23 participants, namely teachers from the IPA MGMP in Batola Regency. The training through online media was held in two meetings, one each for training using Google Classroom and Edmodo. The results of this service activity are 1) the production of teaching materials that are integrated through Google Classroom and Edmodo in a wetland environment, and 2) This activity received a very good response on the aspects of the expertise and readiness section, the usefulness of the material, and the suitability of the training implementation (first meeting). Meanwhile, in the suitability of the training implementation (second meeting), the material presented and the facilities provided received a good response from the participants. Thus it can be concluded that this activity received a good response from the activity participants. Through this community service, it is possible to improve the pedagogic competence of MGMP IPA teachers in Barito Kula Regency in terms of using e-learning through Google Classroom and Edmodo in a wetland environment.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, P., & Febrian, F. (2019). Blended learning: Studi efektivitas pengembangan konten e-learning di perguruan tinggi. Jurnal Tatsqif, 17(1), 104–119.
Azhar, K. A., & Iqbal, N. (2018). Effectiveness of google classroom: teachers’ perceptions. Prizren Social Science Journal, 2(2), 1–16.
Azis, F. A. R. M., Butar, B. B. B., & Hariyanto, M. (2021). Analisis pengaruh penggunaan google classroom terhadap efektivitas pembelajaran siswa sman 95 jakarta barat. Jurnal Inovasi Informatika, 6(1), 205–211.
Dewantara, D., Wati, M., Mahtari, S., & Haryandi, S. (2020). Blended learning to improve learning outcomes in digital electronics courses. 1st South Borneo International Conference on Sport Science and Education (SBICSSE 2019), 188–190. Atlantis Press. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.200219.054
Dewantara, D., Wati, M., Misbah, M., Mahtari, S., & Haryandi, S. (2020). The effectiveness of game based learning on the logic gate topics. Journal of Physics: Conference Series, 1491(1), 12045.
Gunawan, F. I., & Sunarman, S. G. (2018). Pengembangan kelas virtual dengan google classroom dalam keterampilan pemecahan masalah (problem solving) topik vektor pada siswa SMK untuk mendukung pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 340–348.
Hartini, S., Misbah, M., Dewantara, D., Oktovian, R. A., & Aisyah, N. (2017). Developing learning media using online prezi into materials about optical equipments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 313–317. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10102
Iftakhar, S. (2016). Google classroom: what works and how. Journal of Education and Social Sciences, 3(1), 12–18.
Kurniawan, B., & Purnomo, A. (2020). Penggunaan aplikasi google classroom sebagai upaya peningkatan pembelajaran online bagi guru matapelajaran ips. International Journal of Community Service Learning, 4(1), 1–9.
Kurniawan, B., Purnomo, A., & Wiradimadja, A. (2019). Using Broadcasting learning design to enhance student’s experiential skill. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(16).
Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019). Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem komputer. PENDIPA Journal of Science Education, 3(3), 167–173.
Mahyuddin, R. S., Wati, M., & Misbah, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis zoomable presentation berbantuan software prezi pada pokok bahasan listrik dinamis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2).
Maimunah, M., An’nur, S., & Misbah, M. (2016). Perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan media slide dan vieo edukasi pada pokok bahasan listrik dinamis di smp negeri 10 banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 82–90.
Misbah, M., Aji Pratama, W., Hartini, S., & Dewi Dewantara, D. (2018). Pengembangan e-learning berbasis schoology pada materi impuls dan momentum untuk melatihkan literasi digital e-learning development based on schoology on impulse material and momentum to exercise digital literacy. In Pancasakti Science Education Journal (Vol. 3). Retrieved from http://e-journal.ups.ac.id/index.php/psej
Muhajir, M., Musfikar, R., & Hazrullah, H. (2019). Efektivitas penggunaan e-learning berbasis edmodo terhadap minat dan hasil belajar (studi kasus di SMK Negeri AL Mubarkeya. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(1), 50–56.
Muzyanah, S., Asmaningrum, H. P., & Buyang, Y. (2018). Efektivitas penggunaan media edmodo sebagai penunjang pembelajaran kimia. Musamus Journal of Science Education, 1(1), 033–045.
Nu’man, A. Z. (2014). Efektifitas penerapan e-learning model edmodo dalam pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap hasil belajar siswa (Studi kasus: SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. DutaCom Journal, 7(1).
Putranti, N. (2016). Cara membuat media pembelajaran online menggunakan edmodo. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 2(2), 139–147.
Sholeh, M., Murtono, M., & Masfuah, S. (2021). Efektivitas pembelajaran google classroom dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 134–140.
Wahyuni, S., Ronald, J., Eprillison, V., Amelia, M., & Fernando, D. (2019). Asistensi penggunaan pendekatan konstruktivisme dengan media pendamping edmodo untuk guru sma/ma mgmp ekonomi se-kota padang. Rangkiang: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 35–40.
Wati, M., Zainuddin, Z., Misbah, M., Salam, A., Hartini, S., & Dewantara, D. (2019). Pelatihan pembuatan media interaktif white board animation untuk guru fisika. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 21–28.
Yani, A. D., Wati, M., & Misbah, M. (2021). Direct Current electric teaching materials through google classroom for for 16-17 years old students: teacher perception. Online Learning in Educational Research, 1(1), 25–36.
Zainuddin, Z., Hasanah, A. R., Salam, M. A., Misbah, M., & Mahtari, S. (2019). Developing the interactive multimedia in physics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1171(1).
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i3.3368
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |