Workshop Penulisan Skripsi bagi Mahasiswa Calon Sarjana

Lutfiyanti Fitriah

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melatih dan mengembangkan kemampuan mahasiswa calon sarjana dalam menulis skripsi melalui kegiatan workshop. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Peserta pengabdian adalah 82 orang mahasiswa. Kegiatan workshop berjalan dengan berhasil dan lancar. Berdasarkan kegiatan yang dilaksanakan menunjukkan peserta sangat puas dengan kegiatan ini yang ditandai dengan skor rata-rata kepuasan sebesar 4,56 dengan kategori sangat baik.  Hasil dari kegiatan ini dapat memotivasi mahasiswa untuk menyelesaikan skripsi serta melatih dan mengembangkan kemampuan mahasiswa menulis skripsi.

  

Community service aimed to train and develop the competence of undergraduate students to write a thesis through a workshop. The methods used in this service were lectures, questions, and assignments. The service participant were 82 students. The workshop went successful and smoothly. Based on those activities, participants were satisfied with this workshop with an average satisfaction of 4.46 with a very good category. This service can help motivate students to finish their thesis and train and develop their competence to write a thesis.

 


Keywords


Mahasiswa; Skripsi; Workshop

Full Text:

PDF

References


Ansori, H., Hadi, S., Amalia, R., & Fitri, M. (2020). Bimbingan pembuatan proposal PTK bagi guru peserta MGMP matematika Kota Banjarmasin. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 110–115.

Aslinawati, E. N., & Mintarti, S. U. (2017). Keterlambatan penyelesaian skripsi mahasiswa angkatan 2012 (studi kasus di Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 23–33.

Asmawan, M. C. (2016). Analisis kesulitan mahasiswa menyelesaikan skripsi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 51–57.

Azis, A. W. (2015). Koherensi paragraf dalam skripsi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. DIALEKTIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Matematika, 1(2), 173–187.

Cahyani, Y. E., & Akmal, S. Z. (2017). Peranan spiritualitas terhadap resiliensi pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Jurnal Psikoislamedia, 2(1), 32–41.

Fauziah, N. (2014). Empati, persahabatan, dan kecerdasan adversitas pada mahasiswa yang sedang skripsi. Jurnal Psikologi Undip, 13(1), 78–92.

Fitriah, L. (2021). Pemberdayaan pendidikan perempuan di Asrama Rakat Mufakat Putri Kerukunan Mahasiswa Hulu Sungai Selatan. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 100–111.

Hernawan, H., Widyaastuti, T., & Nugraha, H. S. (2017). Model writing workshop dalam penulisan proposal skripsi mahasiswa departemen pendidikan bahasa daerah FPBS UPI. Lokabasa, 8(2), 173–180.

Kurniawan, D. D., & Sigit, K. N. (2020). Pelatihan karya tulis ilmiah bagi mahasiswa universitas selamat sri. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat PAKEM, 1(2), 65–69.

Kusumaningrum, W., & Wiyono, B. D. (2020). Hubungan antara dukungan sosial, kontrol diri dengan motivasi berprestasi dalam penyelesaian skripsi mahasiswa. Jurnal BK UNESA, 11(5), 675–687.

Liana, N. A., Benty, D. D. N., & Supriyanto, A. (2016). Analisis faktor yang mempengaruhi kepuasan orang tua peserta didik terhadap layanan pendidikan. Manajemen Pendidikan, 25(1), 39–46.

Mawardi, K. (2019). Tingkat prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa aktivis. Insania, 1(1), 120–130.

Menteri Riset, Teknologi, dan P. T. R. I. (2015). Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multiple-Item Scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.

Purnama, A., & Sailah, I. (2017). Peningkatan tingkat kepuasan dosen terhadap kualitas pelayanan pelatihan jurnal berkualitasmelalui metode servqual. Jurnal Manajemen, 21(3), 418–433.

Sahla, W. A., Mukhlisah, N., Julkawait, J., & Irwansyah, I. (2019). IbM-pelatihan teknik penulisan parafrase untuk skripsi mahasiswa sebagai upaya menghindari plagiarisme. Jurnal Impact : Implementation and Action, 1(2), 162–168.

Salam, A., Susilowati, E., Miriam, S., Dewantara, D., Haryandi, S., & Rahmatullah, P. (2020). Pelatihan model-model pembelajaran inovatif dan penulisan karya ilmiah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–9.

Saman, A., & Bakhtiar, M. I. (2018). Karya tulis ilmiah bagi mahasiswa STKIP Andi Matappa Kabupaten Pangkep. Jurnal Terapan Abdimas, 3(1), 3943.

Sari, T. N., & Prasetya, M. N. (2020). Dapatkah kepemimpinan kepala sekolah, motivasi guru dan kualitas pelayanan pendidikan mempengharuhi kepuasan orang tua siswa. Jurnal EduTech, 6(1), 87–97.

Shabri, I., & Yanti, R. (2020). Analisis kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik Prodi Sastra Inggris Universitas Dharma Andalas Padang. Jurnal Teknologi Dan Sistem Infomasi Bisnis, 2(1), 51–56.

Siswanto, I., & Sampurno, Y. G. (2015). Faktor-faktor penghambat pengerjaan tugas akhir skripsi mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY. Jurnal Taman Vokasi, 3(32), 630–642.

Suharta, T. (2017). Pengembangan instrumen pengukur tingkat kepuasan siswa terhadap kualitas pelayanan pendidikan di sekolah. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(2), 117–125.

Sulasteri, S. R. I., Nur, F., & Kusumayanti, A. (2019). Faktor-faktor penyebab keterlambatan mahasiswa UIN Alauddin Makassar menyelesaikan skripsi. Jurnal Idaarah, 3(1), 96–113.

Susetyo, S., & Noermanzah, N. (2020). Kemampuan dan kesulitan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Bengkulu dalam menulis proposal penelitian skripsi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(2), 182–201.

Susetyo, S., & Sarwono, S. (2020). Pelatihan penulisan proposal penelitian skripsi bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 1(1), 45–56.

Sutartiah, F. (2017). Evaluasi kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan pendidikan Lembaga Pendidikan Tinggi ABC di Cikarang. Jurnal Formatif, 7(1), 56–65.

Vikaliana, R., & Irwansyah, I. (2021). Peningkatan pemahaman mahasiswa dalam penulisan karya ilmiah melalui kegiatan “menulis skripsi itu mudah.” Jurnal Abdimas Sosial Dan Humaniora, 1(2), 28–32.

Wibisono, D. (2018). Analisis kualitas layanan pendidikan dengan menggunakan integrasi metode servqual dan QFD. Sosio E-Kons, 10(1), 57–74.

Widoyoko, E. . (2019). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winarto, W. W. A. (2021). Program peningkatan minat menulis karya tulis ilmiah mahasiswa. Jurnal Altifani, 1(1), 22–26.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i4.3594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats