Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Guru Madrasah Aliyah SMIP 1946 Banjarmasin
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan mengembangkan kemampuan guru dalam menulis proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK), melakukan penelitian, dan membuat laporan PTK melalui kegiatan workshop. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah presentasi, tanya jawab, dan penugasan. Peserta kegiatan berjumlah 13 orang guru Madrasah Aliyah SMIP 1946 Banjarmasin. Kegiatan workshop terselenggara secara luring dengan baik dan lancar. Berdasarkan kegiatan yang diselenggarakan diketahui bahwa peserta sangat puas dengan kegiatan ini yang ditandai dengan skor rata-rata kepuasan sebesar 4,53 dengan kategori sangat baik dan guru dapat membuat kerangka proposal PTK dengan baik. Hasil dari kegiatan ini berguna dalam memperdalam pengetahuan guru dan mengembangkan kompetensinya tentang PTK.
Community service aimed to improve insight and develop the competence of teachers to write a Classroom Action Research proposal, conduct research, and make a Classroom Action Research report through a workshop. The methods used in this service were presentation, question, and assignment. The participants were 13 teachers of Madrasah Aliyah SMIP 1946 Banjarmasin. The workshop went offline well and smoothly. Based on this workshop, participants were satisfied with an average satisfaction of 4.53 with very good category, and they could write the Classroom Action Research proposal outline well. The result of this workshop can deepen teachers' knowledge and develop their competence in Classroom Action Research.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adijaya, N. (2017). Peningkatan profesionalisme guru melalui penelitian tindakan kelas. Jurnal Abdimas, 4(1), 51–55.
Ansori, H., Hadi, S., Amalia, R., & Fitri, M. (2020). Bimbingan pembuatan proposal PTK bagi guru peserta MGMP matematika Kota Banjarmasin. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 110–115.
Azizah, A. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22.
Bahar, D., Tinggogoy, D. C., & Tondo, S. (2020). Analisis kualitas pelayanan publik di Polres Halmahera Utara. Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies (JIPAGS), 3(2), 644–655.
Deskoni, D., Rusmin, A. R., Barlian, I., & Firmansyah, F. (2020). Pelatihan menyusun proposal penelitian tindakan kelas (PTL) bagi guru di SMA Negeri 1 Gelumbang. Jurnal PROFIT : Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 7(1), 35–46.
Dihamri, D., H., H., & Srifitriani, A. (2018). Pelatihan penelitian tindakan kelas (ptk) bagi guru sd negeri di kecamatan sukaraja kabupaten seluma. Urnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 2(1), 60–66.
Fajar, F., Kismini, E., Iswari, R., Astuti, T. M. P., Brata, N. T., Prasetyo, K. B., Muzakki, M., & Tohri, A. (2020). Pelatihan penyusunan proposal dan laporan penelitian tindakan kelas bagi guru sosiologi SMA/MA di Kab. Lombok Timur. Jurnal Puruhita, 2(1), 24–31.
Fitriah, L. (2021). Pemberdayaan pendidikan perempuan di asrama rakat mufakat putri kerukunan mahasiswa hulu sungai selatan. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 100–111.
Hidayat, R. (2020). Implementasi servqual dalam meningkatkan mutu layanan pada manajemen pemasaran pendidikan. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 2(1), 41–62.
Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. (2009). Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.
Republik Indonesia (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
Jana, P., & Pamungkas, B. (2018). Pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru sd negeri guwosari, Abdimas Dewantara, 1(1), 39–46.
Jayanta, I. N. L., Rati, N. W., Diputra, K. S., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pelatihan penyusunan proposal penelitian tindakan kelas bagi guru-guru SD. Jurnal Widya Laksana, 6(1), 1–7.
Karim, A., Suhendri, H., & Nurrahmah, A. (2021). Pelatihan penelitian tindakan kelas dan penulisan karya tulis ilmiah SMA Perjuangan Depok. Jurnal Terapan Abdimas, 6(1), 63–69.
Kuwadiono, K. (2018). Upaya meningkatan kemampuan guru melakukan penelitian tindakan kelas melalui bimbingan teknis pada SD Binaan di Kecamatan Ketungau Hilir. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4(1), 141–154.
Mastuang, M., Mahtari, S., Salam, A., Susilowati, E., Miriam, S., Arifuddin, M., Rizki, M., & Ramadhan, R. (2019). Pelatihan penyusunan proposal penelitian tindakan kelas bagi guru-guru fisika di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 61–65.
Mularsih, H., & Ginting, A. (2017). Profil kualitas layanan jasa pendidikan tinggi perguruan tinggi swasta di Jakarta. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 57–67.
Noer, L. R. (2016). Analisis peningkatan kualitas pelayanan mahasiswa magister manajemen teknologi its surabaya dengan metode servqual dan importance performance analysis (ipa). Journal of Research and Technologies, 2(1), 35–43.
Nurgiansah, T. H. (2021). Pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru pendidikan kewarganegaraan di sekolah menengah atas se-kabupaten bantul. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28–33.
Pambudi, S. (2018). Upaya meningkatkan profesionalisme guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. ELINVO (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 3(2), 61–64.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multiple-Item Scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.
Prihatni, R., Ati, S., & Tuty, S. W. (2019). Pelatihan penelitian tindakan kelas untuk guru-guru yayasan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 3(1), 112–123.
Purnama, A., & Sailah, I. (2017). Peningkatan tingkat kepuasan dosen terhadap kualitas pelayanan pelatihan jurnal berkualitasmelalui metode servqual. Jurnal Manajemen, 21(3), 418–433.
Rahmawati, T. D., Prasetyo, E., & Nuwa, G. (2021). Workshop penulisan PTK dan publikasi artikel ilmiah untuk guru Di SMA Negeri 1 Nita. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 2(1), 18–23.
Salam, A., Susilowati, E., Miriam, S., Dewantara, D., Haryandi, S., & Rahmatullah, P. (2020). Pelatihan model-model pembelajaran inovatif dan penulisan karya ilmiah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–9.
Sari, T. N., & Prasetya, M. N. (2020). Dapatkah kepemimpinan kepala sekolah, motivasi guru dan kualitas pelayanan pendidikan mempengharuhi kepuasan orang tua siswa. Jurnal EduTech, 6(1), 87–97.
Shabri, I., & Yanti, R. (2020). Analisis kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik Prodi Sastra Inggris Universitas Dharma Andalas Padang. Jurnal Teknologi dan Sistem Infomasi Bisnis, 2(1), 51–56.
Soejoto, A., Fitrayati, D., Ghofur, M. A., Sholikhah, N., & Prakoso, A. F. (2017). Pelatihan penulisan proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jurnal ABDI, 2(2), 51–59.
Suharta, T. (2017). Pengembangan instrumen pengukur tingkat kepuasan siswa terhadap kualitas pelayanan pendidikan di sekolah. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(2), 117–125.
Tuny, W. (2020). Kualitas layanan dan implikasinya terhadap kepuasan peserta diklat. Jurnal 12 WAIHERU, 6(1), 55–79.
Wibisono, D. (2018). Analisis kualitas layanan pendidikan dengan menggunakan integrasi metode servqual dan QFD. Sosio E-Kons, 10(1), 57–74.
Widoyoko, E. . (2019). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i3.3619
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |