Bimbingan Teknis Penyusunan Bahan Ajar Biologi Berbasis Potensi Lokal Pada MGMP IPA-Biologi Kabupaten Hulu Sungai Tengah
Abstract
Keberadaan potensi lokal perlu digali sebagai bahan ajar agar proses pembelajaran lebih kontekstual dan bermakna. Keterbatasan pengetahuan guru yang tergabung dalam MGMP guru biologi SMA dan SMP se-Kabupaten Hulu Sungai Tengah memerlukan bimbingan teknis penyusunan bahan ajar biologi berbasis potensi lokal. Kegiatan ini bertujuan memberi bekal dan bimbingan kepada guru-guru biologi sekolah menengah dalam menyusun bahan ajar berbasis potensi lokal. Kegiatan ini dilaksanakan melalui metode ceramah, diskusi, workshop dan konsultasi daring serta penugasan mandiri. Berdasarkan kegiatan yang telah diselenggarakan, diketahui bahwa guru menunjukan antusiasme yang tinggi, sebagaimana terlihat dari proses tanya jawab dan diskusi yang berlangsung sangat dinamis. Banyak guru yang menyampaikan potensi lokal daerah, serta meminta saran dan masukan terkait bahan ajar apa yang dapat dikembangkan. Berdasarkan data yang masuk, terdapat 14 orang guru dari 20 peserta yang sudah mengajukan format pengembangan bahan ajarnya. Dari data 70% peserta yang telah mengajukan format pengembangan bahan ajar ini, menunjukkan peserta telah mendapatkan bekal pengetahuan dan memiliki motivasi tinggi untuk menyusun bahan ajar berbasis potensi lokal sebagai perangkat pembelajaran. Di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah memiliki berbagai jenis flora dan fauna, baik yang terdapat di perairan (sungai dan rawa) maupun di daratan. Potensi lokal ini dapat dikembangkan untuk penyusunan bahan ajar Biologi.
The existence of local potential needs to be explored as teaching materials so that the learning process is more contextual and meaningful. The limited knowledge of teachers who are members of the MGMP for biology teachers in SMA and SMP in Hulu Sungai Tengah Regency requires technical guidance in preparing biology teaching materials based on local potential. This activity aims to provide provision and guidance to high school biology teachers in preparing teaching materials based on local potential. This activity is carried out through lectures, discussions, workshops, online consultations, and independent assignments. Based on the activities that have been held, it is known that the teacher shows high enthusiasm, as can be seen from the very dynamic question and answer process and discussion. Many teachers convey the local potential of the area and ask for suggestions and input regarding what teaching materials can be developed. Based on the incoming data, 14 teachers from 20 participants have submitted the format for developing their teaching materials. The data of 70% of participants who have proposed this format for developing teaching materials shows that participants have gained knowledge and have high motivation to develop teaching materials based on local potential as learning tools. The Hulu Sungai Tengah Regency has flora and fauna, both found in waters (rivers and swamps) and on land. This local potential can be developed for the preparation of Biology teaching materials.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fitriah, L. (2021). I-CLORE Teaching Material Based on Katupat Kandangan Local Wisdom on the Topic of Heat and Temperature. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 9(1), 28-38.
Fitriah, L., Ma’rifah, E., Misbah, M., Ma’rifah, E., & Misbah, M. (2021). Developing a physics textbook based on the local wisdom of Hulu Sungai Selatan regency to train rakat mufakat characters. Journal of Physics: Conference series, 1796, 012001. Retrieved from https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1796/1/012001/meta
Hartini, S., Firdausi, S., Misbah, & Sulaeman, N. F. (2018). The development of physics teaching materials based on local wisdom to train Saraba Kawa characters. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 130–137. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14249
Harun, H. (2008). Pengertian pendekatan dan metode. Direktori File UPI.
Johnson, E. B. (2010). Contextual teaching and learning: What it is and why it’s here to stay. California: Corwin Press,Inc.
Kariem, A. F., Elvyanti, S., Gunawan, T., & Mulyana, E. (2013). Pengembangan bahan ajar pelajaran TIK SMP berbasis proyek. INVOTEC, 9(2), 87–96.
Misbah, M., Dewantara, D., & Mahtari, S. (2018). Physics learning based on wetlands and banjar culture. International Journal of Applied and Physical Sciences, 4(1), 21–28. https://doi.org/10.20469/ijaps.4.50004-1
Misbah, M., Hirani, M., Annur, S., Sulaeman, N. F., & Ibrahim, M. A. (2020). The development and validation of a local wisdom-integrated physics module to grow the students’ character of sanggup bagawi gasan masyarakat. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 5(1), 1. https://doi.org/10.26737/jipf.v5i1.1280
Nurdyansyah, & Mutala’liah, N. (2015). Pengembangan bahan ajar modul ilmu pengetahuan alambagi siswa kelas iv sekolah dasar. Program Studi Pendidikan Guru Madrasa Ibtida’iyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Oktaviana, D., Hartini, S., & Misbah, M. (2017). Pengembangan modul fisika berintegrasi kearifan lokal membuat minyak lala untuk melatih karakter sanggam. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 272. https://doi.org/10.20527/bipf.v5i3.3894
Situmorang, R. P. (2018). Analisis potensi lokal untuk mengembangkan bahan ajar Biologi di SMA negeri 2 wonosari. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 4(1), 51–57.
Sudjana, & Rifai, A. (2002). Sumber belajar dan alat pelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. (2010). Mendesain pembelajaran kontekstual (Contextual teaching and learning) di kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.
Wati, M, Putri, M. R., Misbah, M., Hartini, S., & Mahtari, S. (2020). The development of physics modules based on madihin culture to train kayuh baimbai character. Journal of Physics: Conference Series, 1422(1).
https://doi.org/10.1088/17426596/1422/1/012008
Wati, Mustika, Hartini, S., Lestari, N., Annur, S., & Misbah, M. (2019). Developing a physics module integrated with the local wisdom of baayun maulid to build wasaka character. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE), 7(6S5), 720–724.
Wati, Mustika, Hartini, S., Misbah, M., & Resy, R. (2017). Pengembangan modul fisika berintegrasi kearifan lokal hulu sungai selatan. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 157–162.
Widowati, A. (2012). Optimalisasi potensi lokal sekolah dalam pembelajaran biologi berbasis konstruktivisme. Majalah Ilmiah Pendidikan. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNY.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i4.3802
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |