Media Evaluasi Pembelajaran Berbasis Kahoot! Untuk Guru SD di Kabupaten Tanah Bumbu

Mitra Pramita, R Ati Sukmawati, R Ati Sukmawati, Muhammad Hifdzi Adini, Muhammad Hifdzi Adini, Ilahidah Fah Ngestu, Ilahidah Fah Ngestu, Thari Maulida Noorsafitri, Thari Maulida Noorsafitri

Abstract


Permasalahan yang dialami guru-guru di sekolah mitra yaitu kurangnya pengetahuan terhadap teknologi dalam pembelajaran yang dapat membantu pekerjaan guru menjadi lebih mudah dan menarik. Hal ini menjadi catatan untuk guru agar bisa membuat pembelajaran yang menarik dan lebih kreatif. Pada pembelajaran maupun latihan evaluasi guru bisa memberikan pembelajaran yang menarik dan kreatif dengan menggunakan aplikasi. Aplikasi yang memungkinkan untuk guru salah satunya adalah Aplikasi Kahoot!. Penggunaan aplikasi Kahoot! yang memanfaatkan teknologi dirasa akan lebih menarik dan efisien dibandingkan peserta didik harus menuliskan jawabannya dikertas. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang Aplikasi Kahoot! sebagai media evaluasi yang dapat digunakan oleh guru-guru SD di Kabupaten Tanah Bumbu dalam pembelajaran. Pelatihan dilaksanakan pada hari Rabu, 23 Juni 2021 secara tatap muka dengan mematuhi protokol kesehatan dihadiri oleh 29 orang guru SD di Kabupaten Tanah Bumbu. Metode yang digunakan yaitu metode ceramah, metode demonstrasi, diskusi dan tanya jawab. Hasil kegiatan yang telah dilaksanakan untuk guru-guru SD di Kabupaten Tanah Bumbu yaitu pelatihan dapat memberikan manfaat, pemahaman dan kemampuan guru dalam membuat media evalusi menggunakan aplikasi Kahoot! melalui keterlibatan secara aktif dan rata-rata peserta memberikan respon positif terhadap pelatihan yang diberikan.


The problem experienced by teachers in partner schools is the lack of knowledge of technology in learning that can help teachers' work become more accessible and more interesting. This is a record for teachers to be able to make learning exciting and more creative. In learning and evaluation exercises, teachers can provide interesting and creative learning by using applications. The application that allows for teachers of them is the Kahoot! Application. Kahoot Applications that utilize technology are felt to be more attractive and efficient than learners must write the answers on the thread. This devotional activity aims to provide knowledge about Kahoot Application as an evaluation medium that elementary teachers can use in Tanah Bumbu Regency in learning. On Wednesday, June 23, 2021, the training was face-to-face by complying with health protocols attended by 29 elementary school teachers in Tanah Bumbu Regency. The methods used are lecture methods, demonstration methods, discussions and Q&A. The results of activities that have been carried out for elementary school teachers in Tanah Bumbu Regency, namely training, can provide benefits, understanding and ability of teachers in making evalusion media using kahoot application through active involvement and the average participant gives a positive response to the training provided.

 


Keywords


Evaluasi; Kahoot; Media; Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2019). Pemanfaatan media berbasis ict “Kahoot” dalam pembelajaran ppkn untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 6(2), 208–216. https://doi.org/10.36706/jbti.v6i2.10118

Bahar, H., Setiyaningsih, D., Nurmalia, L., & Astriani, L. (2020). Efektifitas kahoot bagi guru dalam pembelajaran di sekolah dasar. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 155–162. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v3i2.677

Correia, M., & Santos, R. (2017). Game-based learning: The use of kahoot in teacher education. 2017 International Symposium on Computers in Education, SIIE 2017, 2018-Janua, 1–4. https://doi.org/10.1109/SIIE.2017.8259670

Fazriyah, N., Saraswati, A., Permana, J., & Indriani, R. (2020). Penggunaan aplikasi kahoot pada pembelajaran media dan sumber pembelajaran sd. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 139–147. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.119

Idrus. (2019). Evaluasi dalam proses pembelajaran. ADAARA, (2), 920–935.

Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2019). Pengaruh media kahoot dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Journal Information Engineering and Educational Tecnology, 03(01), 46–50. https://doi.org/10.26740/jieet.v3n1.p46-50

Licorish, S. A., Owen, H. E., Daniel, B., & George, J. L. (2018). Student perception Kahoot. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 13(9), 1–24.

Lutfi, L., Kusumawardani, S., Imawati, S., & Misriandi, M. (2020). Evaluasi penggunaan aplikasi kahoot pada pembelajaran di sekolah dasar (sd) pada guru. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 186–191. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.27999

Muhd Al-Aarifin, I., Anisa, A., Jamilah, A.-M. M., Nik Mohd Rizal, M. F., Mohd Zarawi, M. N., & Mohamad Najib, M. P. (2019). Using Kahoot! as a formative assessment tool in medical education: A phenomenological study. BMC Medical Education, 19(1), 1–8.

Murciano-Calles, J. (2020). Use of kahoot for assessment in chemistry education: a comparative study. Journal of Chemical Education, 97(11), 4209–4213. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.0c00348

Olesova, L., & Johnston, J. (2013). Effectiveness of audio feedback in distance education. Innovations in Teaching & Learning Conference Proceedings, 5. https://doi.org/10.13021/g8060p

P. Munthe, A. (2015). Pentingya evaluasi program di institusi pendidikan: Sebuah pengantar, pengertian, tujuan dan manfaat. Scholaria, 5(2), 1–14.

Plump, C. M., & LaRosa, J. (2017). Using Kahoot! in the classroom to create engagement and active learning: A game-based technology solution for elearning novices. Management Teaching Review, 2(2), 151–158. https://doi.org/10.1177/2379298116689783

Prieto, M. C., Palma, L. O., Tobías, P. J. B., & León, F. J. M. (2019). Student assessment of the use of kahoot in the learning process of science and mathematics. Education Sciences, 9(1). https://doi.org/10.3390/educsci9010055

Supriatini, Refson, & Mustofa. (2020). Pengembangan alat evaluasi menggunakan kahoot pada pembelajaran bahasa indonesia untuk siswa kelas vii. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 48–62.

Sutirna dan Suntoko. (2018). Persepsi guru terhadap inovasi media (Penelitian survey di lingkungan guru se komisariat telukjambe karawang). Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(7), 85–90.

Suyidno, S., Zainuddin, Z., Misbah, M., Salam, A., Mastuang, M., Sasmita, F. D., … Ramadhan, R. (2019). Pelatihan media berbasis e-learning menggunakan Kahoot! untuk guru fisika. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 9. https://doi.org/10.20527/btjpm.v1i1.1779

Wang, A. I., & Tahir, R. (2020). The effect of using Kahoot! for learning – A literature review. Computers and Education, 149(January), 103818. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103818




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i4.3854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats