Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powtoon Bagi Guru Madrasyah Aliyah Amuntai
Abstract
: Pandemi Covid-19 menyebabkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi pilihan yang harus diambil oleh para guru. Kekurangan pada PJJ ini salah satunya adalah terbatasnya cara penyampaian materi yang menarik kepada siswa oleh guru. Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu dikembangan media pembelajaran yang menarik. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah Powtoon. Powtoon adalah aplikasi berbasis web yang dapat menghasilkan media pembelajaran berbentuk video animasi. Tujuan dari pengabdian ini yaitu memberikan pelatihan pengembangan media pembelajaran yang menarik menggunakan Powtoon. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini, antara lain (1) penyusunan modul panduan dan pelatihan penggunaan Powtoon, (2) memberikan pelatihan pengetahuan mendasar mengenai penggunaan Powtoon, (3) memberikan gambaran cara menerbitkan media pembelajaran yang dihasilkan Powtoon, dan (4) diskusi dan tanya jawab. Sasaran kegiatan ini adalah para guru pengampu mata pelajaran yang berbeda-beda dan tersebar di 4 sekolah Madrasyah Aliyah di Amuntai berjumlah 27 orang. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan, sebagian besar peserta menyatakan pelatihan ini sangat bermanfaat dan berkontribusi meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi Powtoon. Powtoon dinilai mampu digunakan sebagai alat untuk mengembangkan media pembelakaran yang menarik dan menyenangkan.
The Covid-19 pandemic has made Distance Learning a choice that teachers must take. One of the shortcomings of this distance learning is the teacher's limited way of delivering interesting material to students. To overcome this, it is necessary to develop interesting learning media. One application that can be used is Powtoon. Powtoon is a web-based application that can produce learning media in the form of animated videos. The purpose of this service is to provide training in the development of interesting learning media using Powtoon. The methods used in this activity include (1) preparation of guide modules and training on the use of Powtoon, (2) providing training in basic knowledge on the use of Powtoon, (3) providing an overview of how to publish learning media produced by Powtoon, and (4) discussion and question and answer. This activity targets teachers who support different subjects and are spread across 4 Madrasah Aliyah schools in Amuntai, totalling 27 people. Based on the survey results, most of the participants stated that this training was very useful and contributed to improving the knowledge and skills of teachers in using the Powtoon application. Powtoon is considered capable of being used as a tool to develop interesting and fun learning media.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggita, Z. (2020). Penggunaan powtoon sebagai solusi media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Konfiks: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 7(2), 44–52.
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan media pembelajaran animasi powtoon pada mata pelajaran matematika di kelas iv sd. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534
Deliviana, E. (2017). Aplikasi powtoon sebagai media pembelajaran : manfaat dan problematikanya. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Ke 56 Universitas Negeri Makassar, 1–6.
Hardiyanti, W. E., Ilham, M., Ekadayanti, W., & Jafarudin, J. (2020). Pelatihan pembuatan video animasi gambar “powtoon” bagi guru paud. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 78–86.
kalsel.prokal.co. (2021). PTM di Zona Oranye Ditunda, Satu SD dan 6 SMP di Banjarmasin Batal Dibuka | Radar Banjarmasin.
kawalcovid19.id. (2021). Informasi terkini covid-19 di indonesia | KawalCOVID19.
Kharisma, N. N., Roesminingsih, M. V., & Suhanadji, S. (2020). Gambaran kebutuhan pembelajaran daring pkbm budi utama surabaya pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan NonFormal, 15(1).
Kompas.com. (2021). Nasib sekolah tatap muka di tengah lonjakan covid-19: Tangerang batal, depok masih pantau Data Halaman all- Kompas.com.
Munir. (2012). Multimedia konsep & aplikasi dalam pendidikan. In Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14
Pais, M. H. R., Nogués, F. P., & Muñoz, B. R. (2017). Incorporating powtoon as a learning activity into a course on technological innovations as didactic resources for pedagogy programs. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 12(6), 120–131. https://doi.org/10.3991/ijet.v12i06.7025
Pratiwi, M. S., Zulherman, & Amirullah, G. (2021). The use of the powtoon application in learning videos for elementary school students. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012115
Puspitarini, Y. D., Akhyar, M., & Djono. (2019). Development of video media based on powtoon in social sciences. International Journal of Educational Research Review, 198–205. https://doi.org/10.24331/ijere.518054
Sutisna, E., Vonti, L. H., & Tresnady, S. A. (2019). The use of powtoon software program in teaching and learning process: The students’ perception and challenges. Jhss (Journal of Humanities and Social Studies), 3(2), 81–85. https://doi.org/10.33751/jhss.v3i2.1461
Syafitri, A., Asib, A., & Sumardi, S. (2018). An application of powtoon as a digital medium: Enhancing students’ pronunciation in speaking. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(2), 295. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v5i2.359
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i4.3907
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |