Pelatihan Manajemen Laboratorium Fisika untuk Guru Fisika di MGMP Fisika Kabupaten Ogan Komering Ulu
Abstract
Perlu adanya Pelatihan Manajemen Laboratorium Fisika dalam proses pembelajaran pada Guru-guru MGMP Fisika Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dikarenakan guru-guru Fisika di Kabupaten Ogan Komering Ulu masih minim memiliki pengetahuan mengenai administrasi Manajemen Laboratorium dan keterbatasan pengetahuan dalam mengatur, mendesain dan merencanakan administrasi dan kegiatan yang ada di Laboratorium fisika. Tujuan Kegiatan PkM adalah meningkatkan keterampilan guru-guru MGMP Fisika Kabupaten Ogan Komering Ulu dalam mengelola laboratorium Fisika di Sekolah. Metode pelaksanaan, kegiatan ini berupa pelatihan dan pendampingan guru-guru dalam mendesain dan merencanakan kegiatan administrasi dalam Manajemen laboratorium fisika. Model pendampingan dengan metode presentasi, workshop, diskusi dan simulasi. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 26 September 2021 dengan Jumlah peserta kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) adalah 34 orang. Alat ukur yang digunakan untuk melihat keberhasilan kegiatan PkM ini adalah dengan memberikan soal pretest dan posttest. Hasil evaluasi ini akan dianalisis nilai peningkatannya dengan menganalisis nilai n-gain. Luaran yang telah dicapai pada kegiatan PkM ini adalah meningkatnya kemampuan guru-guru Fisika di Kabupaten OKU dalam merancang, merencanakan, mendesain dan menggunakan KIT Fisika SMA di Laboratorium Fisika dalam proses pembelajaran. Peningkatan ini dilihat dari nilai n-gain berdasarkan nilai Pretest dan Posttest dari peserta kegiatan PkM. Sebanyak 3 (tiga) Video dari Peserta PkM yang berisi Kegiatan Guru dalam memanajemen Kegiatan di Laboratorium Fisika di Sekolah masing-masing peserta PkM, mulai dari merencanakan, mendesain dan menggunakan alat dalam melaksanakan kegiatan praktikum di Laboratorium Fisika. Video-video ini diupload di akun Youtube Program Studi Pendidikan Fisika sebagai video pembelajaran pada mata kuliah Manajemen Laboratorium.
There is a need for Physics Laboratory Management Training in the learning process for Physics MGMP teachers in Ogan Komering Ulu Regency (OKU) because Physics teachers in Ogan Komering Ulu Regency still lack knowledge of Laboratory Management administration and have limited knowledge in organizing, designing and planning administration and activities in the physics laboratory. In its implementation, this activity uses a mentoring model to improve the ability of teachers to design and plan administrative activities in physics laboratory Management. Mentoring model with the presentation, workshop, discussion and simulation methods. The output targets to be achieved in this service activity are: 1) The results of this community service program will be disseminated in the form of scientific articles published in the Community Service journal, namely the Bubungan Tinggi Journal of Lambung Mangkurat University and making banners/posters. 2) Improve Physics teachers' ability in OKU Regency to design, plan, design and use the High School Physics KIT in the Physics Laboratory in the learning process. 3) Produced at least three videos from the community service participants containing Teacher Activities in managing Activities at the Physics Laboratory in their respective schools starting from planning, designing and using tools in carrying out practical activities in the Physics Laboratory, 4) The implementing team and training participants obtained activity certificates.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anies, A., Emilia, E., Subiki, S., & Prihandono, T. (2017). Pengelolaan laboratorium fisika dasar dalam menunjang kinerja dan kepuasan pengguna laboratorium fisika fkip universitas jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 75–82.
Anwar, E. D. (2014). Pelatihan pembuatan alat-alat praktikum IPA fisika bagi guru IPA SMP/MTS swasta se- kecamatan winong kab pati. Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 14(1), 44-49.
Islamisi, I., Astalini, A., & Pathoni, H. (2021). Manajemen laboratorium dalam pembelajaran fisika di sma negeri 1 kota jambi. 44-49.
Kurniawan, J. A., Subiki, S., & Lesmono, A. D. (2021). Model pembelajaran kooperatif think pair share berbasis virtual laboratory pada pembelajaran fisika di sma. Jurnal Pembelajaran, 3(2), 204–8.
Lestari, N. A., Jauhariah, M. N. R., & Deta, U. A. (2017). Pelatihan Manajemen Laboratorium Untuk Pengelola Laboratorium Ipa Tingkat Sma Di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 17-21..
Manlea, H. (2017). Evaluasi pengelolaan laboratorium IPA SMP dan SMA di Kabupaten Belu, TTU, TTS dan Malaka. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 3-5.
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan pendidikan Indonesia di masa pandemi COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456-462.
Nurhayati, N., Zuhra, F., & Septiani, S. (2020). Peningkatan kompetensi calon guru ipa melalui pelatihan pengelolaan laboratorium. JCES (Journal Of Character Education Society), 3(3), 679-687.
Pujani, N. M., & Selamet, K. (2020). Pengelolaan laboratorium ilmu pengetahuan alam (IPA) smp negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 118-129.
Riinawati, R. (2021). Hubungan penggunaan model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(6), 3794–3801.
Rohmah, M., Ibnu, S., & Budiasih, E. (2019). Pengaruh real laboratory dan virtual laboratory terhadap kualitas proses pada materi kesetimbangan kimia. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 3(1), 1-14.
Suseno, N., & Riswanto, R. (2017). Sistem pengelolaan laboratorium fisika untuk mewujudkan pelaksanaan praktikum yang efisien. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 76-86.
Yunita, H., Sesunan, F., Maulina, H., & Suana, W. (2021). Pembelajaran blended learning dengan metode praktikum untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa SMK. Physics Education Research Journal, 3(2), 133-140.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.4244
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |