Pendampingan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Masa Pandemi Covid 19 Pada Guru-Guru Bahasa Inggris SMA di Kota Banjarbaru
Abstract
Kurangnya pemahaman mengenai penyusunan proposal dan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di masa pandemi Covid 19 ini membuat pelaksanaan PTK berbeda dengan kondisi sebelum Pandemi. Hal ini dikarenakan proses belajar mengajar biasanya dilakukan secara tatap muka langsung namun adanya situasi pandemi maka pembelajaran dilakukan secara daring. Kondisi ini membuat para guru masih bingung dalam hal pembuatan PTK yang pas di masa Pandemi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pendampingan tentang penulisan proposal PTK di Masa Pandemi Covid 19 untuk guru-guru Bahasa Inggris agar para guru dapat menghasilkan proposal PTK pada saat Pandemi Covid 19. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan di SMAN 1 Banjarbaru dengan 25 peserta pada tanggal 31 Mei – 4 Juni 2021 selama 5 hari. Adapun hasil yang bisa didapatkan oleh para guru dari pelatihan ini adalah membantu para guru dalam menentukan komponen-komponen yang tepat dalam penelitian, membantu para guru untuk dapat merumuskan masalah yang sesuai dengan situasi dan kondisi di kelas, mensosialisasikan kepada guru beberapa tools untuk membantu dalam penulisan proposal PTK seperti: Mendeley, Turnit-In, Grammar Checker, dan Google Docs, meningkatkan kemampuan para guru untuk membuat referensi penelitian yang bagus dan terbaru serta bagaimana mensitasi referensi terbaru dalam penulisan proposal PTK, membuat para guru memahami pedoman dan format penulisan PTK yang benar sehingga para guru lebih termotivasi dalam menyusun proposal PTK. Pelatihan PTK pada masa pandemi membuat pengetahuan para guru tentang penelitian tindakan kelas (PTK) bertambah sehingga para guru lebih berinovasi untuk membuat topik-topik yang menarik untuk penelitian mereka di masing-masing kelas.
The lack of information and understanding regarding preparing proposals and Class Action Research reports during the COVID-19 pandemic makes the implementation very different from CAR in face-to-face/offline situations, as usual. This is because the teaching and learning process is usually carried out face-to-face, but learning is done online due to the pandemic situation. In addition, when carrying out CAR, the teachers are still confused in terms of implementation. The purpose of this community service for give accompaniment on how to write CAR proposals in the Covid-19 pandemic to the English teachers; thus, they can write CAR proposals in Covid 19 situation. This community service was conducted in SMAN 1 Banjarbaru with 25 participants for five days from May 31- to June 4, 2021. The results that teachers from this training can obtain are helping teachers in determining the correct components in research, helping teachers to be able to formulate problems that are following the situation and conditions in the classroom, socializing with the teacher's several tools to assist in CAR proposal writing such as Mendeley, Turnit-In, Grammar Checker, and Google Docs, also improving the ability of teachers to make good citations and cite the latest references in CAR proposal writing, In addition, this community service also makes the teachers understand the guidelines and good CAR writing formats so that the teachers more motivated in preparing CAR proposals. This training makes the teachers know more information about how to start classroom action research in Pandemic situations. In addition, the teachers are also more creative and innovative to make exciting research topics in every class.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adijaya, N., Prayogo, H., & S. (2013). The evaluation of classroom action research articles written by indonesian academics: A corpus-based study. In The 60thTeflin: Achieving International Standards in Teacher Education, 620–624.
Dharmayasa, I. P. A., & Diota, P. W. (2020). Penulisan penelitian tindakan kelas (ptk) untuk meningkatkan profesionalisme guru sd. Proceeding Senadimas Undiksha 2020, 990–997.
Hindi, A. N. A., Syukriani, A., Elpisah, & Fatwa, I. (2021). Pelatihan karya ilmiah penelitian tindakan kelas (ptk) bagi guru sman 3 takalar. Panrannuangku Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 24–28. https://doi.org/10.35877/panrannuangku472
Irvan, I., Kasmadi, M. R., & Sufitriyono, S. (2020). Sosialisai penelitian tindakan kelas dalam proses persiapan. PENGANDI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(1), 51–56.
Laksana, D. N. L., & Rawa, N. R. (2014). Tingkat penguasaan kompetensi pedagogik guru SD di kecamatan Bajawa kabupaten Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 1 (1), 70-77.
Laksana, D. N. L., Lawe, Y. U., & Ita, E. (2021). Pendampingan guru tk dan sd dalam melaksanakan penelitian tindakan di masa pandemi covid-19. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 2(1), 24–32.
Listia, R & Elyani. E.P (2020). Mencari hubungan positif antara peningkatan kesejahteraan guru bahasa inggris bagi yang bersertifikasi terhadap peningkatan mutu pembelajaran dalam kelas se-kota banjarbaru. (Unpublished Research, Lambung Mangkurat University, 2020)
Mahayanti, N. W. S., & Utami, I. M. I. (2017). Pelatihan dan pendampingan penelitian tindakan kelas bagi guru bahasa inggris smp di kecamatan sukasada. Widya Laksana, 6(2), 145–155.
Mangesa, R. T., & Mappaloteng, A. M. (2019). Mengoptimalkan kualitas proses pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif dengan Penelitian Tindakan Kelas. Seminar Nasional Pengabdian …, 107–109.
Muijs, D., & David, R. (2008). Effective teaching. Pustaka Belajar.
Muldayanti, N. D., & Kurniawan, A. D. (2019). Pelatihan pembuatan proposal dan coaching clinic penelitian tindakan kelas guru ipa biologi se-kabupaten kubu raya. Buletin Al-Ribaath, 16(1), 36–40. https://doi.org/http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/AL-R/article/view/1857
Nurgiansah, T. H. (2021). Pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru pendidikan kewarganegaraan di sekolah menengah atas se-kabupaten bantul. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28–33. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.566
Soejoto, A., Fitrayati, D., Ghofur, M. A., Sholikhah, N., & Prakoso, A. F. (2017). Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (Ptk). Jurnal ABDI, 2(2), 51. https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p51-59
Soesatyo, Y., Tjipto Subroto, W., Canda Sakti, N., Edwar, M., & Trisnawati, N. (2017). Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Ekonomi Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 162–178. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.2.02
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i1.4325
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |