Pelatihan Pembuatan E-Modul Menggunakan eXe-Learning di Lingkungan Lahan Basah

Rusmansyah Rusmansyah, Abdul Hamid, Misbah Misbah, Lili Rahmawati, Rima Sugianti, Ahmad Baihaqi, Eka Parida, Mahda Mahda, Galuh Fitri Ari Kirana

Abstract


Masih banyak guru yang belum memahami tentang pembuatan e-modul. Selain itu juga belum banyak yang mengetahui mengenai aplikasi yang dapat digunakan dalam pembuatan e-modul. Hal ini melatarbelakangi dilakukan pelatihan pembuatan e-modul menggunakan eXe-learning di lingkungan lahan basah. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para guru dalam membuat e-modul menggunakan eXe-learning di lingkungan lahan basah. Selain itu juga untuk mengetahui respon guru dalam mengikuti pelatihan. Peserta pelatihan ini ialah 23 orang guru kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kimia di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). Kegiatan pelatihan dilaksanakan melalui metode ceramah, diskusi dan praktik secara langsung dalam membuat e-modul dengan menggunakan eXe-learning. Berdasarkan hasil pelatihan diperoleh bahwa terjadi peningkatan pemahaman guru tentang pembuatan e-modul menggunakan eXe-learnig dan respon guru terhadap kegiatan pelatihan minimal memiiki kategori baik. Pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman guru tentang pembuatan e-modul menggunakan eXe-learning. Produk e-modul yang dihasilkan dapat digunakan dalam membantu proses pembelajaran.

  

There are still many teachers who do not understand about making e-modules. In addition, not many people know about applications that can be used in making e-modules. So that training on making e-modules using eXe-learning is carried out in a wetland environment. This training activity aims to improve teachers' understanding of making e-modules using eXe-learning in a wetland environment. In addition, to find out the teacher's response in participating in the training. The training participants were 23 teachers of the Chemistry Subject Teacher Consultation Group (MGMP) in Hulu Sungai Utara (HSU) District. Training activities are carried out through lectures, discussions and direct practice in e-modules using eXe-learning. Based on the training results, it was found that there was an increase in teachers' understanding of making e-modules using eXe-learning, and the teacher's response to training activities had at least a good category. This training can improve teachers' understanding of making e-modules using eXe-learning. The resulting e-module product can be used to assist the learning process. 


Keywords


E-Modul; eXe-Learning; Lahan Basah

Full Text:

PDF

References


Akdemir, Ö., Kunt, K., & Tekin, İ. (2012). The Effects of Interactive Exercises on Students’ Achievement: Using the Open Source Authoring Application. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 55, 1009–1013.

Asrial, A., Syahrial, S., Maison, M., Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2020). Ethnoconstructivism E-Module To Improve Perception, Interest, and Motivation of Students in Class V Elementary School. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 30.

Fauziah, F. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Menggunakan EXE (E-Learning XHTML Editor) Pokok Bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas VIII SMPN 3 Kuningan. Skripsi. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 306–315.

Manulang, E., Linda, R., Noer, A. M., Studi, P., Kimia, P., Keguruan, F., Universitas, P., & Km, K. B. (2020). Pengembangan E-Module Kimia Berbasis Exe-Learning Pada. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau. 5(2), 70–77.

Muliaman, A. (2021). Efektivitas Model Project Based Learning Berorientasi eXe Learning dan Motivasi terhadap Hasil Belajar pada Materi Laju Reaksi. 51–57.

Muzijah, R., Wati, M., & Mahtari, S. (2020). Pengembangan E-modul Menggunakan Aplikasi Exe-Learning untuk Melatih Literasi Sains. 4(2), 89–98.

Pinontoan, K., Walean, M., & Lengkong, A. (2021). Pembelajaran Daring Menggunakan E-Modul pada Flipped Classroom Statistika untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar dan Intensi Berwirausaha. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(1), 1–10.

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17.

Silalahi, M. V., Purba, N., Pasaribu, S., Tambunan, J., Biologi, P., & Kristen, P. A. (2021). Jurnal abdidas. 2(4), 954–963.

Sofyan. (2015). Panduan Exe-learning sebagai Aplikasi Pembuatan Modul E-Learnig. Jakarta: Pusdiklat Kehutanan.

Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 2(3), 193.

Suryadie, D. (2014). Pengembangan E-modul IPA Terpadu Tipe Shared untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTS. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kali Jaga.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i4.4334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats