Pelatihan Penulisan Buku Antologi Non-Fiksi Pengalaman Belajar Fisika pada Mahasiswa Calon Guru Fisika

Lutfiyanti Fitriah

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk melatih mahasiswa menulis buku antologi non-fiksi tentang pengalaman hidup sehingga dihasilkan sebuah buku antologi yang dapat diterbitkan secara nasional. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, penugasan, dan corrective feedback (umpan balik korektif) dari dosen selaku mentor kepada mahasiswa. Instrumen penilaian yang digunakan pada kegiatan ini adalah lembar penilaian artikel antologi yang diadaptasi dari Badan Standar Nasional Pendidikan. Peserta kegiatan berjumlah 22 orang mahasiswa calon guru fisika di Program Studi Tadris Fisika FTK UIN Antasari Banjarmasin. Kegiatan workshop terselenggara secara daring dengan baik dan lancar pada tanggal 24 Juni sampai 10 Agustus 2021. Berdasarkan kegiatan yang diselenggarakan diketahui bahwa mahasiswa telah mampu menulis dengan baik. Hasil dari kegiatan ini adalah diterbitkannya sebuah buku antologi non-fiksi dengan judul “Aku dan Fisika: Penggalan Pengalaman Seru Saat Belajar Fisika” secara nasional. Selain itu, mahasiswa menjadi termotivasi untuk menghasilkan buku lainnya.

 

This activity aimed to train students to write non-fiction anthology books about life experiences to produce an anthology book that can be published nationally. The methods used were lecture, question, assignment, and corrective feedback from the lecturer as a mentor to students. The assessment instrument used in this activity was an anthology article assessment sheet adapted from the Badan Standar Nasional Pendidikan. The activity participants were 22 prospective physics teacher students at Physics Education Department, FTK UIN Antasari Banjarmasin, from June 24 to August 10, 2021. Workshop activities were held online well and smoothly. Based on the activities held, it was known that students were able to write well. The result of this activity was the publication of a non-fiction anthology book with the title "Aku dan Fisika: Penggalan Pengalaman Seru Saat Belajar Fisika" nationally. In addition, students become motivated to produce other books.


Keywords


Buku Antologi; Non-Fiksi; Penulisan

Full Text:

PDF

References


Aliyyah, R. R., Ramadhan, S. N. P., Nurrosma, I., Subasman, I., & Oktaviany, V. (2021). Training on writing scientific articles based on community service. JCES (Journal of Character Education Society), 4(2), 1–13.

Amar, R. (2018). Meningkatkan budaya menulis bagi penulis muda: Beberapa catatan terhadap sebuah kursus kepenulisan. Shaut Al-Maktabah Jurnal Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi, 10(2), 201–210.

Arodhiskara, Y., Patahuddin, P., Suherman, S., Buhaerah, B., & Jadda, A. A. T. (2020). Pelatihan literasi menulis esai bagi angkatan muda Muhammadiyah Kota Parepare. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat LPIP UMP, 4(1), 69–74.

Aryanto, S., Sumirat, F., Kurnia, D. A., Trivena, T., Fajri, M., Hinayatillah, M., Hartati, T., & Pitria, P. R. (2021). Asistensi pelatihan menulis antologi sastra anak berbasis ecopreneurship ditinjau dari penggunaan media pembelajaran sinkronisasi dan asinkronisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 40–48.

Azzahra, A. (2020). Pengaruh menulis ekspresif terhadap tinggat stres mahasiswa effect of expressive writing on student stress levels. Jurnal Psikologi, 1(1), 1–7.

Bakeri, A., Dahlia, D., Shifa, C., Nurliani, F., Rezka, F. N., Trisnawati, G., Hermawan, H., Malinda, M., Masniah, M., Rahman, M. A., Arsyad, M. M., Abdani, M. R., Amin, M. S., Mumtaza, N., Izzati, N., Isnaniah, N., Rahim, N. F. A., Pertiwi, S. C., Rahmah, S., Maisarah, S., Rahmiatun, U., Wakid, Z., & Fitriah, L. (2021). Aku dan fisika: Penggalan Pengalaman Seru Saat Belajar Fisika. Kabupaten Banjar: Ruang Karya Bersama.

BSNP. (2014). Instrumen penilaian buku teks pelajaran fisika sekolah menengah atas/madrasah aliyah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Caroline, A. (2018). Komunikasi persuasif komunitas kongkow nulis dalam meningkatkan budaya menulis di kalangan mahasiswa Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 5(1), 1–13.

Daswita, D. (2020). Meningkatkan keterampilan menulis siswa dengan menggunakan model project based learning di kelas XII IPA 1 SMAN 7 Padang. Menara Ilmu, 14(1), 15–30.

Dinanta, S., Ginting, B., & Basyir, M. (2021). Pelatihan penulisan dan publikasi artikel ilmiah mahasiswa tingkat IV Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe tahun 2020/2021. BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima, 3(1), 120–128.

Fahyuni, E. F., Arifin, M. B. U. B., Fahmawati, Z. N., Triayudha, A., & Sudjarwatu, S. (2020). Gerakan menulis buku siswa SMP Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Abdimas PHB, 3(2), 29–40.

Farhat, L. (2019). Upaya pencegahan tindakan plagiarisme untuk meningkatkan kualitas penulisan karya tulis ilmiah di dalam pembimbingan tugas akhir (skripsi) bagi mahasiswa STIE Jambi. Jurnal Manajemen Dan Sains, 4(2), 326–333.

Haryanti, A. S., Samosir, A., & Nafilah, I. (2018). Pemberdayaan relawan balaraja melalui pelatihan menulis karya ilmiah dan menulis sastra. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 191–198.

Heriyudanta, M. (2021). Analisis kompetensi menulis karya tulis ilmiah mahasiswa di Indonesia. ASCARYA: Islamic Science, Culture, and Social Studies 61, 1(1), 47–55.

Hermawan, A. (2019). Kebijakan dosen mengurangi plagiarisme pada karya ilmiah mahasiswa. Indonesian Journal of Islamic Psychology, 1(2), 264–284.

Huda, M. (2018). Blended learning: Improvisasi dalam pembelajaran menulis pengalaman. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya, 8(2), 117–130.

Hutasoit, R. M. (2021). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan pemahaman membaca teks non-fiksi. Jurnal Education, 7(3), 960–966.

Ibda, H. (2020). Peningkatan keterampilan menulis resensi buku ilmiah pada mahasiswa melalui program satu semester satu resensi (tuter tensi). Disastra: Jurnal Pendidikan dan Sastra Indonesia, 2(1), 1–13.

Ismail, I., & Elihami, E. (2019). Pelatihan penyusunan artikel publikasi ilmiah bagi mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment, 1(1), 12–20.

Jabri, U., & Ismail, I. (2021). Dampak peer review dan lecturer corrective feedback pada kinerja penulisan artikel ilmiah mahasiswa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 579–592.

Jannah, E. M., Nuraini, L., & Ulum, M. B. (2021). Analisis scientific writing skills mahasiswa pada praktikum fisika kelistrikan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(1), 29–36.

Jumono, S., Handayani, S., Abdurrahman, A., & Mala, C. M. F. (2021). Pelatihan penyusunan artikel publikasi pada mahasiswa perguruan tinggi di Jakarta. In In Seminar Nasional & Call of Papers Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (pp. 129–134).

Lestari, E., & Kamhar, M. Y. (2020). Pelatihan penulisan karya sastra sebagai wujud pengembangan bahasa dan budaya Indonesia. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(1), 381–386.

Lestari, R. F. (2019). Kohesi dan koherensi paragraf dalam karangan narasi mahasiswa teknik angkatan 2017 Universitas PGRI Banyuwangi. Jurnal Kredo, 3(1), 73–82.

Lisnawati, L., Van, L. L., & Musfawati, M. (2021). Pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi mahasiswa tingkat akhir. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 1(1), 7–12.

Lizawati, L., Kusnita, S., Herlina, H., Wulansari, F., Lahir, M., Uli, I., Sulastriana, E., Yuniarti, N., & Hariadi, T. (2021). Pendampingan menulis resensi novel sebagai upaya gerakan literasi cerdas di SMPN 6 Sungai Raya. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 293–300.

Lizawati, L., Sulastriana, E., & Ramaniyar, E. (2020). Pendampingan menulis cerita rakyat untuk meningkatkan apresiasi sastra di SMP Negeri 18 Sungai Raya. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 72–81.

Mawlana, A. (2021). Makna komunitas literasi bagi masyarakat kota Sumenep dalam pembangunan SDM. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 5(1), 29–40.

Mujahidin, E. (2019). Model pembelajaran pengembangan kemampuan penulisan karya ilmiah bagi mahasiswa. Jurnal Pendidikan Islam Ta’dibuna, 8(2), 326–336.

Musaljon, M., Rafli, Z., & Attas, S. G. (2019). Peningkatan keterampilan menulis karya ilmiah melalui model pembelajaran workshop dan kolaborasi (Penelitian Tindakan di Program Studi PBSI STKIP Muhammadiyah Bogor). In Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (pp. 32–39).

Nasrul, N., Akbar, V. K., Aryani, A., & Endin, S. (2021). Pelatihan penulisan teks cerita inspiratif di SMP Negeri 21 Tangerang Selatan. Jurnal Abdimas, 2(1), 829–835.

Nur, A. M., Mubarok, Y., Washadi, W., & Risnawati, E. (2020). Pelatihan penulisan cerpen remaja pada siswa SMP Negeri 8 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Cemerlang: Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 148–161.

Nurgiansah, T. H. (2020). Pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi mahasiswa PPKn Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–23.

Nurmina, N., & Hartati, N. (2018). Perilaku plagiat mahasiswa antara niat dan keterampilan menulis. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 8(2), 170–179.

Nuryadin, C., Salim, A., & Awaludin, A. L. (2018). Penulisan artikel ilmiah mahasiswa semester enam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Buton. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri, 2(2), 120–127.

Persadha, D. A. K. (2018). Hubungan kemampuan membaca dan minat baca dengan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa. Ar-Risalah, 16(1), 51–62.

Pramudiyanti, P. (2018). Kemampuan mahasiswa pendidikan biologi menulis makalah: Sebuah refleksi diri. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 6(3), 1–8.

Prihatin, Y. (2021). Efektivitas pendekatan proses dalam meningkatkan keterampilan menulis artikel ilmiah bagi mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2627–2632.

Puger, I. G. N., Yaniasti, N. L., Tjahyanti, L. P. A. S., Setiawan, G. D., Dewi, K. Y. F., Mudarya, N., & Siswanti, D. (2020). Pengembangan keprofesionalan berkelanjutan melalui menulis buku non-fiksi kategori monograf. Jurnal Jnana Karya, 1(1), 47–54.

Rahmawati, L. E., Prayitno, H. J., Ayu, D., Utami, F., & Beauty, M. (2019). Optimalisasi kompetensi menulis ilmiah mahasiswa dengan metode metaanalisis. Paedogogie, 14(2), 53–58.

Rosalia, R., & Fuad, A. J. (2019). Peran dosen dalam meminimalisasi perilaku plagiasi mahasiswa. Indonesian Journal of Islamic Education Studies, 2(1), 61–77.

Ruspa, A. R., & Nirwana, N. (2020). Kemampuan menulis karya tulis ilmiah mahasiswa prodi Informatika Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 6(1), 557–566.

Sahrazad, S., Cleopatra, M., Ibnu, H., & Ati, A. P. (2021). Pelatihan menulis cerpen sebagai penguatan program literasi pada siswa SMP Kanzul Mubaarok Kota Bekasi. Abidumasy, 2(2), 20–25.

Sakti, B. P. (2019). Training writing nonficial stories in students of the PGSD Study Program Widya Dharma Klaten University. Jurnal Berdaya Mandiri, 1(1), 58–65.

Sari, F. N., & Jamil, Z. A. (2020). Peningkatan kemampuan menulis paragraf mahasiswa Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menggunakan media google classroom. Primary Education Journal (PEJ), 1(4), 1–7.

Sari, M. K., Bahren, B., & Zuiyardam, Z. (2020). Upaya peningkatan literasi mahasiswa melalui pelatihan menulis kreatif di Kota Padang Panjang. Buletin Ilmiah Nagari Membangun, 3(2), 107–116.

Sukarto, K. A. (2020). Pemakaian bahasa indonesia karya tulis ilmiah oleh mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Jurnal Pujangga, 6(1), 1–15.

Sundari, F. S., & Rifaldi, R. (2018). Analisis literasi informasi berbasis perpustakaan di sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PGSD-Universitas Pakuan (pp. 88–93).

Syazali, M., Widiade, I. K., Nursaptini, N., Nina, N. L. P., & Hasnawati, H. (2020). Evaluasi keterampilan menulis makalah pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 546–556.

Tussolekha, R. (2019). Kesalahan penggunaan ejaan Bahasa Indonesia pada makalah karya mahasiswa. Aksara: Jurnal Bahasa dan Sastra, 20(1), 35–43.

Yanti, N., Suhartono, S., & Hiasa, F. (2018). Keterampilan menulis akademik mahasiswa S-1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 1(1), 1–16.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i1.4363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats