Pembinaan Nilai-Nilai Keislaman Bagi Masyarakat Muslim Minoritas di Desa Handiwung Kabupaten Katingan
Abstract
Desa Handiwung terletak di daerah pelosok yang baru berkembang dengan pengetahuan masyarakat yang minim tentang pelaksanaan ibadah yang sesuai dengan syariat agama Islam. Sesuai dengan observasi awal, permasalahan umum yang seringkali dihadapi oleh masyarakat muslim di Desa Handiwung diantaranya tidak terlalu lancar membaca Al-Qur’an, oleh karena itu kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melakukan pembinaan kepada masyarakat muslim minoritas di Desa Handiwung sehingga dapat lebih memahami tata cara pelaksanaan ibadah menurut syariat agama Islam. Kegiatan pembinaan nilai-nilai Islam bagi masyarakat di Desa Handiwung dilaksanakan selama 4 bulan yaitu dari bulan Agustus hingga November 2021, dengan menggunakan metode ceramah, diskusi dan demonstrasi. Hasil kegiatan yang dilaksanakan yaitu pemahaman peserta kegiatan mengalami peningkatan baik tentang membaca Al-Quran, thaharoh, dan pelaksanaan mengurus jenazah.
Handiwung Village is located in a remote area that is just developing with minimal public knowledge about implementing worship following Islamic law. Following initial observations, common problems that are often faced by the Muslim community in Handiwung Village include not being too fluent in reading the Qur'an. Therefore, this community service activity is carried out to guide the minority Muslim community in Handiwung Village to be more understand the procedures for carrying out worship according to Islamic religious law. The activity of fostering Islamic values for the community in Handiwung Village was carried out for four months, from August to November 2021, using lecture, discussion and demonstration methods. The results of the activities carried out were that the participant's understanding of the activities had increased both in reading the Koran, thaharoh, and the implementation of taking care of the corpse.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Damanhuri, D. (2012). Kaum minoritas muslim di barat: Tantangan dan masa depan. Analisis, XII(1), 229–242.
Djamal, S. M. (2017). Pelaksanaan nilai-nilai ajaran islam dalam kehidupan masyarakat di desa garuntungan kecamatan kindang kabupaten bulukumba. Jurnal Adabiyah, 17(2), 161–179. https:// doi.org/10.24252/jad.v17i1i2a5
Iryani, E. (2017). Hukum islam, demokrasi dan hak asasi manusia. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(2), 24–31. http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/357
Ma’mur, F. (2012). Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penyebab benda bergerak di kelas i sd kecil pangi kecamatan parigi utara kabupaten parigi moutong. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 1(2), 1–22. http://jurnal.untad.ac.id/ jurnal/index.php/ESE/article/view/1847/1169
Mubasirun, M. (2015). Persoalan dilematis muslim minoritas dan solusinya. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 10(1). https://doi.org/10.21274/ epis.2015.10.1.99-122
Muzakkir, M. (2016). Peranan nilai-nilai dasar keagamaan terhadap pembinaan karakter peserta didik di smk negeri 2 kota parepare. Al Ishlah: Jurnal Studi Pendidikan, i4(2), 178–199.
Muzakkir, M. (2015). Keutamaan belajar dan mengajarkan al-qur’an: metode maudhu’i dalam perspektif hadis. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 18(1), 107–121. https://doi.org/10. 24252/lp.2015v18n1a9
Nofiana, M. (2016). Efektivitas penerapan metode diskusi simulasi terhadap keterampilan mengajar mahasiswa calon guru biologi. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 4(2), 85–95.
Nurhabibah, N. (2018). Penanaman nilai-nilai keislaman dalam keluarga di lingkungan lokalisasi pasar kembang yogyakarta. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2). https://doi.org/10.19105/ tjpi.v13i2.1708
Omer, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Nopan Omeri, 9 (manager pendidikan), 464–468.
Sunanih, S. (2017). Kemampuan membaca al-qur’an bagi anak usia dini bagian dari perkembangan bahasa. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–12.
Umamah, R., Shalihatun, H., Purnomo, S., Nur`aini, S., & Ramadhasari, R. (2019). Strategi pembelajaran inovatif dalam pembelajaran thaharah. Jurnal Penelitian, 13(1), 1. https://doi.org/10.21043/jp. v13i1.4645
Yusuf, M. (2020). Pemahaman nilai-nilai ajaran islam di kampung samate kepulauan raja ampat. POROS ONIM: Jurnal Sosial Keagamaan, 1(1), 31-48.
Zannah, F. (2020). Integrasi nilai-nilai pendidikan karakter berbasis al-qur’an. Tunas Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 1–8.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i1.4365
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |