Kerja Sama Guru dan Dosen Sebagai Upaya Persiapan Mengikuti Kompetisi Sains Nasional Bidang Fisika di Kota Prabumulih

Ismet Ismet, Ketang Wiyono, Nely Andriani, Supardi Supardi, Murniati Murniati, Abidin Pasaribu, Saparini Saparini

Abstract


Pemberian pendampingan Kompetisi Sains Nasional (KSN) diharapkan mampu memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kapabilitas guru MGMP Fisika kota Prabumulih untuk membuat persiapan, pelaksanaan dan pendampingan dalam Olimpiade Sains Nasional khususnya bidang fisika sehingga secara langsung dapat meningkatkan kemampuan peserta didik sehingga mampu dan terlatih dalam menyelesaikan soal-soal yang membutuhkan kemampuan critical thinking. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini yaitu melatih guru MGMP fisika kota Prabumulih untuk menyelesaikan soal KSN bidang fisika dan melatih guru MGMP fisika kota Prabumulih untuk membimbing peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal KSN. Model dan metode yang digunakan adalah model pendampingan berupa kegiatan pelatihan dengan metode presentasi, workshop, diskusi dan pendampingan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 9 Oktober sampai 18 Oktober 2021 yang diikuti oleh 28 peserta yang terdiri dari guru fisika dan dosen pendidikan fisika FKIP Universitas Sriwijaya. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kapabilitas Guru MGMP Fisika kota Prabumulih dalam membuat persiapan, pelaksanaan dan pendampingan dalam KSN khususnya bidang fisika di buktikan sebanyak lebih dari 70% guru telah mampu menyusun rencana pembinan Kompetisi Sains Nasional di sekolah masing-masing dan menyelesaikan soal-soal berstandar KSN bidang Fisika.

 

Assistance activities for the National Science Competition are expected to have a significant impact on increasing the capability of the  Physics teachers in Prabumulih to prepare, implement, and assist in KSN, especially in the field of physics. This activity aims to train Prabumulih city physics MGMP teachers to solve KSN questions in the field of physics and to train Prabumulih city physics MGMP teachers to guide students in solving KSN questions. The model and method used is a mentoring model in training activities with the presentation, workshop, discussion, and mentoring methods. This activity was carried out from October 9 to October 18, 2021, attended by 28 participants consisting of physics teachers and physics education lecturers, FKIP Sriwijaya University. The activity results showed an increase in the capability of Physics Teachers in making preparations, implementation, and assistance in the KSN, especially in the physics field. It was proven that more than 70% of teachers had been able to develop plans for fostering the National Science Competition in their respective schools and solving problems. - Standard questions for the National Science Olympiad in Physics.

 


Keywords


Fisika; Guru Fisika; KSN

Full Text:

PDF

References


Erfan, M., Ratu, T., Yahya, F., Walidain, S. N., & Fitriyanto, S. (2019). Pendampingan persiapan olimpiade sains nasional (osn) tingkat kabupaten bagi siswa sma negeri 4 sumbawa. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1).

Ernawati, E., Sari, T. M., Alonemarera, A. S., Asis, F. A., & Nurhayati, D. (2021). Persiapan kompetisi sains nasional (ksn) 2020 melalui bimbingan belajar di sd negeri 1 lamokato kabupaten kolaka. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 598–609. https://doi.org/10.31949/jb.v2i2.838

Kurniawati, M. (2014). Kajian motivasi belajar mandiri siswa melalui pembinaan dan pendampingan olimpiade sains nasional (osn) bidang kimia pada siswa sma. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 4(1), 446–455. eprints.uny.ac.id/12104/%0Aejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/388

Kusuma, D. K., Rosidin, U., Abdurrahman;, & Suyatna, A. (2017). The development of higher order-thinking skills (hots) instrument assessment in physics study. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 7(1), 1–7.

Marisda, D. H., & Riskawati. (2020). Peningkatan kompetensi guru ipa sekolah dasar melaluii pembinaan olimpiade sains nasional(osn). JCES (Journal of Character Education Society), 3(2), 4–7.

Mellyzar, M., Syafrizal, S., & Ginting, F. W. (2021). Penguatan konsep kompetisi sains nasional bagi guru dan siswa unggulan di sman 7 kota lhokseumawe dan sman 2 dewantara aceh utara: bidang kimia, fisika dan kebumian. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat

Berkemajuan, 5(1), 228. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6035

Permendiknas Nomor 34 Tahun 2006. (2006). Peraturan Menteri Nomor 34 Tahun 2006 (pp. 1–35). Kementerian Pendidikan Nasional.

Pranata, O. D. (2021). Kerja sama guru-dosen untuk menghadapi tantangan besar dalam kompetisi sains cabang kebumian. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), 315–321. https://doi.org/10.32699/ppkm.v8i3.1938

Rachmat, A., Wijana, K., Lukito, Y., Santosa, G., Delima Rosa, Siang, J. J., & Santoso, H. B. (2017). Pendampingan persiapan olimpiade sains nasional komputer ( osnk ) bagi siswa sma 7 yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(October), 112–116.

Randjawali, E., Nggaba, M. E., Ngaba, A. L., Nuhamara, Y. T. I., Taunu, E. S. H., Wadu, D. I., Bima, S. A., Ndakularak, I. L., Eko, Y. S., Sanit, I. N., Priyastiti, I., & Wulandari, M. R. (2021). Peningkatan kompetensi siswa sma di kabupaten sumba timur dalam menghadapi kompetisi sains nasional tingkat provinsi. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(1), 29–34. https://doi.org/10.54082/jamsi.150

Siregar, E., & Sinambela, Y. (2021). Pembekalan dan pelatihan siswa sma plus penyabungan mandailing natal untuk menghadapi kompetisi sains nasional (ksn) kimia dengan menggunakan model pembelajaran atm (amati, tiru, modifikasi). Jurnal Pekamas, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.46961/pkm.v1i1.277

Soeprianto, H., Prayitno, S., & ... (2021). desain pembinaan bakat matematika siswa smp untuk persiapan menghadapi kompetisi sains nasional. Sasambo: Jurnal …. https://journal-center.litpam.com/index.php/Sasambo_Abdimas/article/view/391

Soeprianto, H., Prayitno, S., Hamdani, D., & ... (2020). Kelas digital terpadu untuk persiapan menghadapi kompetisi sains nasional bidang matematika bagi siswa smpk kesuma cakranegara. Journal of …. http://jcommdev.unram.ac.id/index.php/pengabdian/article/view/9

Sofiyana, M. S. (2021). Pendampingan materi ipa terpadu untuk kompetisi sains madrasah di mts maarif nu 2 sutojayan. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 7(1). https://doi.org/10.31602/jpaiuniska.v7i1.5350

Sunggarani, T., Euis Nursa’adah;, & Yunita. (2014). Analisis soal-soal olimpiade sains nasional (osn) sma/ma bidang kimia tahun 2012 dan 2013 berdasarkan dimensi proses kognitif dan pengetahuan. Jurnal Pijar Mipa, 9(2), 78–83. https://doi.org/10.29303/jpm.v9i2.49




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i3.4438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats