Bimbingan Teknis Penyusunan Bahan Ajar Biologi Berbasis Potensi Lokal pada MGMP Biologi SMA/MA Kabupaten Barito Kuala

Noorhidayati Noorhidayati, Aminuddin Prahatama Putra, Hardiansyah Hardiansyah, Mahrudin Mahrudin

Abstract


Kegiatan bimbingan teknis ini bertujuan memberi bekal dan bimbingan kepada guru-guru biologi sekolah menengah dalam menyusun bahan ajar berbasis potensi lokal.  Pelaksanaan kegiatan menggunakan metode ceramah, diskusi, workshop, konsultasi daring, dan penugasan mandiri.  Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta menunjukkan antusiasme yang tinggi, sebagaimana terlihat dari proses tanya jawab dan diskusi yang berlangsung sangat dinamis. Banyak peserta yang menyampaikan potensi lokal daerah, serta meminta saran dan masukan terkait bahan ajar apa yang dapat dikembangkan. Berdasarkan data yang masuk, terdapat 33 orang guru (82,25%) dari 40 peserta yang sudah mengirimkan format yang berbentuk draft pengembangan bahan ajar. Hal ini menunjukkan peserta telah mendapatkan bekal pengetahuan dan memiliki motivasi sangat tinggi untuk mengembangkan bahan ajar berbasis potensi lokal. Untuk kegiatan serupa ke depannya agar dapat menjadi lebih baik lagi sebaiknya dilaksanakan bimbingan berkelanjutan.

 

This technical guidance activity aims to provide provision and guidance to high school biology teachers in preparing teaching materials based on local potential. Implementation of activities using lecture methods, discussions, workshops, online consultations, and independent assignments. The activity results showed that the participants showed high enthusiasm, as seen from the very dynamic question and answer process and discussion. Many participants conveyed the local potential of the region and asked for suggestions and input regarding what teaching materials could be developed. Based on the incoming data, there are 33 teachers (82.25%) of the 40 participants who have sent a format in the form of a draft of the development of teaching materials. This shows that the participants have acquired knowledge and have very high motivation to develop teaching materials based on local potential. For similar activities in the future to be even better, continuous guidance should be carried out.

 


Keywords


Bahan Ajar; Bimbingan Teknis; Potensi lokal

Full Text:

PDF

References


Fitriah, L., Ma’rifah, E., Misbah, M., Ma’rifah, E., & Misbah, M. (2021). Developing a physics textbook based on the local wisdom of Hulu Sungai Selatan regency to train rakat mufakat characters. Journal of Physics: Conference …, 1796, 012001. Retrieved from https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1796/1/012001/meta

Fuad, Z., Misbah, M., Hartini, S., & Zainuddin, Z. (2018). Identifikasi kearifan lokal kalimantan selatan sebagai sumber belajar fisika kelas x. Seminar Nasional Pendidikan, 158–169.

Hardiansyah, H., Noorhidayati, N., & Mahrudin, M. (2018). Keragaman jenis vegetasi di kawasan rawa tanpa pohon desa bati-bati kabupaten tanah laut sebagai bahan pengayaan materi mata kuliah ekologi lahan basah. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah (pp. 170–175).

Hardiansyah, H., Noorhidayati, N., Mahrudin, M., & Iriyanti, R. (2021). Bimbingan teknis penulisan bahan ajar biologi berbasis potensi lokal pada mgmp ipa-biologi di hulu sungai selatan. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 144–151.

Hartini, S., Firdausi, S., Misbah, & Sulaeman, N. F. (2018). The development of physics teaching materials based on local wisdom to train Saraba Kawa characters. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 130–137. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14249

Hartini, S., Isnanda, M. F., Wati, M., Misbah, M., S, A., & S, M. (2018). Developing a physics module based on the local wisdom of Hulu Sungai Tengah regency to train the murakata character. Journal of Physics: Conference Series, 1088.

Harun. (2008). Pengertian pendekatan dan metode. Direktori File UPI.

Johnson, E. B. (2010). Contextual teaching and learning: What it is and why it’s here to stay. California: Corwin Press,Inc.

Kariem, A. F., Elvyanti, S., Gunawan, T., & Mulyana, E. (2013). Pengembangan bahan ajar pelajaran TIK SMP berbasis proyek. INVOTEC, 9(2), 87–96.

Misbah, M, & Fuad, Z. (2019). Pengintegrasian Kearifan Lokal Kalimantan Selatan dalam Pembelajaran Fisika. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA" MOTOGPE".

Misbah, Misbah, Dewantara, D., & Mahtari, S. (2018). Physics Learning Based on Wetlands and Banjar Culture. International Journal of Applied and Physical Sciences, 4(1), 21–28. https://doi.org/10.20469/ijaps.4.50004-1

Misbah, Misbah, Hirani, M., Annur, S., Sulaeman, N. F., & Ibrahim, M. A. (2020). The Development and Validation of a Local Wisdom-Integrated Physics Module to Grow the Students’ Character of Sanggup Bagawi Gasan Masyarakat. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 5(1), 1. https://doi.org/10.26737/jipf.v5i1.1280

Mumpuni, K. E., Herawati, S., & Fatchur, R. (2014). The potential of local plants as a source of learning biology. In Makalah Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajarannya. Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Noorhidayati, N., Hardiansyah, H., Mahrudin, M., & Irianti, R. (2021). Bimbingan teknis penyusunan bahan ajar biologi berbasis potensi lokal pada mgmp ipa-biologi kabupaten hulu sungai tengah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 407–414.

Nurdyansyah, & Mutala’liah, N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Madrasa Ibtida’iyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Oktaviana, D., Hartini, S., & Misbah, M. (2017). Pengembangan Modul Fisika Berintegrasi Kearifan Lokal Membuat Minyak Lala Untuk Melatih Karakter Sanggam. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 272. https://doi.org/10.20527/bipf.v5i3.3894

Pratama, M. R., Zainuddin, Z., & Misbah, M. (2021). Penggunaan Materi Ajar Berorientasi Iptek dan Kearifan Lokal: Studi Empirik Pada Materi Tekanan di Lingkungan Lahan Basah. Papua Journal of Physics Education, 2(1).

Resy, R., Wati, M., & Misbah, M. (2021). The Analysis of Students ’ Rakat Mufakat Character Through the Application of Local Wisdom-Integrated Module on Heat and Temperature Topic. Journal of Mathematics, Science, and Computer Eductaion, 1(1), 28–35.

Situmorang, R. P. (2018). Analisis potensi lokal untuk mengembangkan bahan ajar Biologi di SMA negeri 2 wonosari. JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS), 4(1), 51–57.

Trianto. (2010). Mendesain pembelajaran kontekstual (Contextual teaching and learning) di kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.

Wati, M, Apriani, R., Misbah, M., Miriam, S., & Mahtari, S. (2020). Pengembangan e-modul suhu dan kalor bermuatan kearifan lokal melalui aplikasi sigil. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 8(1), 112–121.

Wati, M, Putri, M. R., Misbah, M., Hartini, S., Mahtari, S., & ... (2020). The development of physics modules based on madihin culture to train kayuh baimbai character. Journal of Physics …. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1422/1/012008

Wati, Mustika, Hartini, S., Lestari, N., Annur, S., & Misbah, M. (2019). Developing a physics module integrated with the local wisdom of baayun maulid to build wasaka character. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE), 7(6S5), 720–724.

Wati, Mustika, Hartini, S., Misbah, M., & Resy, R. (2017). Pengembangan Modul Fisika Berintegrasi Kearifan Lokal Hulu Sungai Selatan. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 157–162.

Widowati, A. (2012). Optimalisasi potensi lokal sekolah dalam pembelajaran biologi berbasis konstruktivisme. Majalah Ilmiah Pendidikan. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNY.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i1.4439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats