Pendampingan Penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Kurikulum 2021 Bagi Guru Bahasa Indonesia di MTs Negeri Se-Kabupaten Cirebon
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru Bahasa Indonesia di MTs se-Kabupaten Cirebon. Kegiatan ini dilaksanakan pada 20 November 2021 dengan 30 peserta. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dan pendampingan. Pada pertemuan awal, para guru diberi penjelasan dan tanya jawab terkait HOTS, TPACK, Pembelajaran Abad 21, dan Pelajar Pancasila. Setelah dirasa cukup, para peserta dibagi menjadi tiga kelompok, yakni kelompok kelas 7, 8, dan 9. Masing-masing kelompok berjumlah 10 guru. Setiap kelompok menyusun RPP sesuai yang diampu. Hasil pendampingan menunjukkan bahwa belum semua peserta mengetahui tentang HOTS, TPACK, Pembelajaran Abad 21, dan Pelajar Pancasila. Peserta tidak yakin sudah menggunaan teknologi informasi secara efektif dalam pembelajaran. Peserta belum maksimal dalam menyusun RPP. Hal ini terkait keterbatasan waktu. Bahkan sebagian besar peserta tidak membawa laptop sebagai sarana untuk menyusun RPP. Kegiatan ini dirasa belum maksimal. Oleh karena itu, para peserta meminta agar kegiatan seperti ini dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan sesuai kesepakatan yang tertuang dalam Nota Kesepahaman antara Jurusan Tadris Bahasa Indonesia FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan MGMP Bahasa Indonesia MTs Kabupaten Cirebon.
This community service aims to improve the competence of Indonesian language teachers in MTs throughout the Cirebon Regency. This activity was on 19 November 2021, with 30 participants. The method used is counseling and mentoring. At the initial meeting, the teachers were explained and asked questions related to HOTS, TPACK, 21st Century Learning, and Pancasila Students. After it was deemed sufficient, the participants were divided into the 7th, 8th, and 9th-grade groups. Each group consisted of 10 teachers. Each group prepares lesson plans according to what they are taught. The results of the mentoring show that not all participants know about HOTS, TPACK, 21st Century Learning, and Pancasila Students. Participants were not sure that they had used information technology effectively in learning. Participants have not been maximal in compiling the RPP. This is related to time constraints. Most of the participants did not bring a laptop to prepare lesson plans. This activity is not optimal. Therefore, the participants requested that actions like this be carried out regularly and continuously according to the agreement in the Memorandum of Understanding between Tadris Bahasa Indonesia Department FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon and the Indonesian Language MGMP MTs Cirebon Regency.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Absari, N., Priyanto, P., & Muslikhin, M. (2020). The effectiveness of technology, pedagogy and content knowledge (tpack) in learning. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 26(1), 43–51. https://doi.org/10.21831/jptk.v26i1.24012
Andrian, Y., & Rusman, R. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14–23. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116
Ariandy, M. (2019). Kebijakan kurikulum dan dinamika penguatan pendidikan karakter di indonesia. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(2), 137–168. https://doi.org/10.32533/03201.2019
Aulina, C. N., Rezania, V., & Destiana, E. (2018). Pengabdian kepada masyarakat melalui pendampingan bagi guru pos paud. Jurnal Abdi, 3(2), 41–45. https://doi.org/10.26740/ja.v3n2.p41-45
Brouwer, N., Dekker, P. J., & Van Der Pol, J. (2013). Tpack in professional development in higher education. Amsterdam: SURF Foundation.
Chatib, M. (2016). Sekolahnya manusia. Bandung: Kaifa.
Hamid, S. (2011). Metode edutaiment. Jogjakarta: Diva Press.
Hayati, D. K., Sutrisno, & Lukman, A. (2014). Pengembangan kerangka kerja tpack pada materi koloid untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dalam mencapai hots siswa. Edu-Sains, 3(1), 53–61.
Hidayat, A., Migunani, & G.Utomo, V. (2014). Peningkatan mutu pembelajaran melalui pelatihan, workshop dan pendampingan pembuatan e-learning bagi guru sma negeri 1 bringin dan smk negeri 1 pringapus, kabupaten semarang. Dianmas, 3(1), 9–16.
Hidayatullah, A. (2018). Pendampingan relawan matematika asyik (rematika) terhadap siswa di sekolah dan anak-anak nelayan pinggir pantai kenjeran surabaya. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 39–49. https://doi.org/10.30651/aks.v2i1.1240
Istiyono, E., Mardapi, D., & Suparno. (2014). Pengembangan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika (pysthots) peserta didik sma. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/pep.v18i1.2120
Komalasari, M. D., Wibowo, A., & Anggraeni, D. (2018). Pendampingan gerakan literasi sekolah dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.30737/jaim.v2i1.236
Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa smp di kabupaten jember dalam menyelesaikan soal berstandar pisa. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142–155. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.8058
Mahmudah, T. (2016). Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) guru bahasa indonesia di smp negeri 2 bantul. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1–15. https://doi.org/10.1145/3132847.3132886
Mardhiyah, H., Nurul, S., Aldriani, F., Chitta, F., & Zulfikar, R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Marwoto, P., Sopyan, A., Linuwih, S., Subali, B., & Ellianawati. (2013). Peningkatan kemampuan menulis artikel ilmiah sains guru sekolah dasar melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Jurnal Abdimas, 17(2), 111–116. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/abdimas/article/view/10300
Mathis, M., & Johnson, J. (2009). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Salemba Empat.
Mu’awanah, M. (2011). Strategi pembelajaran. Kediri: STAIN Kediri Press.
Muslich, M. (2008). Kurikulum tingkat satuan pendidikan: Dasar pemahaman dan pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara.
Nata, A. (2011). Prespektif islam tentang strategi pembelajaran. Jakarta: Kencana.
OECD. (2015). Programe for international Students Assessment (PISA) Result From PISA 2015. Diakses tanggal 25 Januari 2022, dari https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf.
Quddus, A. (2019). Implementasi technological pedagogical content knowledge (tpack) dalam pendidikan profesi guru (ppg) pai lptk uin mataram. Jurnal Tatsqif, 17(2), 213-230. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i2.1911
Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar melalui kearifan lokal. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 201–214. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2140
Rohim, A. N. (2020). Relevansi nilai dasar bela negara dengan pembayaran zakat dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi. Jurnal Ketahanan Nasional, 26(3), 293–307. https://doi.org/10.22146/jkn.55254
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi profil pelajar pancasila dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249. https://doi.org/10.22146/jkn.67613
Sa’bani, F. (2017). Peningkatan kompetensi guru dalam menyusun rpp melalui kegiatan pelatihan pada mts muhammadiyah wonosari. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(1), 13–22. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/jpm/article/view/1429
Setiti, K. (2011). Pendampingan pengawas sekolah untuk meningkatkan kemampuan guru menyusun silabus. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 15(02), 9–16. https://doi.org/10.21831/jig
Suharto, E. (2005). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Refika Aditama.
Sumaryati, S. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(02), 205–220. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah/article/view/530
Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis kemampuan tpack (technolgical, pedagogical, and content, knowledge) guru biologi sma dalam menyusun perangkat pembelajaran materi sistem peredaran darah. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 46–57. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381
Syarif, A., Supriyatno, A., & Subekti, T. (2017). Pengabdian kepada masyarakat bagi guru sd di kecamatan bandongan melalui pendampingan terhadap pelaksanaan penelitian tindakan kelas berbasis multiple intelligences. The 6th University Research Colloquium 2017 Universitas Muhammadiyah Magelang, 205-208.
Wahyuni, S. & Ibrahim, A. S. (2012). Perencanaan pembelajaran bahasa berkarakter. Malang: Refika Aditama.
Yusuf, A. R., & Mukhadis, A. (2018). Model pengembangan profesionalitas guru sesuai tuntutan revitalisasi pendidikan vokasi di indonesia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 9(2), 130–139. https://doi.org/10.31849/lectura.v9i2.1613.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i1.4736
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |